Skip to main content

Waktu Ideal Jalan Kaki Dan Sejuta Manfaatnya

Waktu Ideal Jalan Kaki Dan Sejuta Manfaatnya - Jalan kaki adalah olahraga paling mudah dilakukan namun jarang yang melakukannya. Salah satu penyebabnya tidak ada waktu yang cukup untuk olahraga. Padahal, jalan kaki bisa dilakukan tanpa perlu mengganggu waktu produktifitas kita.

Waktu Ideal Jalan Kaki Dan Sejuta Manfaatnya
Waktu Ideal Jalan Kaki Dan Sejuta Manfaatnya

Selain itu, yang jauh lebih penting adalah ada banyak manfaat jalan kaki. 

Nah, salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah kapan waktu yang tepat untuk olahraga jalan kaki?

Waktu ideal jalan kaki adalah di pagi hari karena waktu tersebut udara masih segar dan bebas polusi. Karena itu, sebaiknya luangkan waktu kita sekitar 30 menit setelah bangun di pagi hari untuk berjalan kaki. 

Manfaat Jalan Kaki


Namun baik pagi atau sore hari, jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

Beberapa manfaat jalan kaki antara lain:

1. Mengurangi stres

Untuk kamu yang stres dengan pekerjaan, jalan kaki bisa menjadi solusi yang paling murah dan mudah dilakukan. Saat berjalan kaki, tubuh akan melepaskan endorfin sebagai respon saat kita mengalami stres. Hormon ini juga berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh manusia. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Rutin jalan kaki setiap hari dapat menurunkun risiko terkena penyakit kronis. Jalan kaki dapat menurunkan kadar kolestrol dan memperlancar sirkulasi darah yang berperan dalam mencegah serangan jantung. 

3. Menurunkan berat badan

Sama seperti olahraga lari, jalan kaki juga dapat menurunkan berat badan. Aktivitas berjalan kaki setiap hari dapat membakar banyak kalori. Untuk hasil yang lebih signifikan, disarankan untuk rutin berjalan kaki setiap hari selama 30 menit.

4. Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis

Rutin berjalan kaki dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Jangan salah, walaupun penyakit ini lebih banyak dialami oleh orang usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan  dialami oleh orang pada usia produktif. 

Terlebih jika terkena obesitas, rutin jalan kaki bisa menjadi solusi efektif menurunkan berat badan.

5. Mengurangi varises

Rutin berjalan kaki setiap hari dapat memperlancar aliran darah dan menurunkan risiko terkena varises. Terlebih untuk yang memiliki berat badan berlebih, sangat disarankan untuk menjaga aktivitas rutin jalan kaki setiap hari.

Sebenarnya masih banyak manfaat jalan kaki setiap hari. Jalan kaki bagi sebagian orang dapat menjadi salah satu solusi mengatasi insomnia. Selain itu, rutin olahraga akan menjaga kualitas tidur yang lebih efektif.

Jadi, mulai sekarang jadikan jalan kaki sebagai rutinitas, entah itu pagi hari atau pun sore hari. Gunakan waktu Anda dengan tepat dan benar setiap hari. Jangan remehkan aktivitas jalan kaki. 

Keajaiban jalan kaki akan kamu temukan saat rutin dilakukan. Tantangan hari ini, mari mulai kebiasaan baru berjalan kaki 30 menit setiap hari selama 1 bulan.


Demikianlah waktu yang ideal jalan kaki dan manfaat jalan kaki yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat!
Newest Post
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.