Skip to main content

Cara Usaha Rental Mobil Yang Aman Resiko Dengan Modal Kecil

Cara Usaha Rental Mobil Yang Aman Risiko Modal Kecil - Bagaimana cara memulai usaha rental mobil? Tidak bisa dipungkiri bahwa usaha rental mobil menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan. Terlebih saat ini kendaraan bisa dikatakan telah menjadi kebutuhan pokok saat ini.

Cara Usaha Rental Mobil Yang Aman Resiko Dengan Modal Kecil
Cara Usaha Rental Mobil Yang Aman Resiko Dengan Modal Kecil

Namun seperti jenis usaha lainnya, usaha rental mobil tidak selalu berjalan lancar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi sukses tidaknya bisnis rental mobil. Karena itu, perlu analisa yang mendalam sebelum memutuskan memulai usaha rental mobil.

Tujuannya untuk meminimalkan resiko usaha rental mobil. Seperti yang kita ketahui, bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar yang mana resikonya juga cukup tinggi. 

Berdasarkan hal tersebut, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha rental mobil.

1. Melihat prospek pasar


Apapun jenis usahanya, mengetahui permintaan pasar adalah yang paling penting. Dalam hal usaha rental mobil, tentu pun kita harus melakukan analisa prospek pasar terlebih dahulu. 

Seperti memilih jenis mobil yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan. Jangan sampai kita memilih jenis mobil yang tidak laku di pasaran untuk lokasi usaha tersebut.

Tips memilih jenis mobil yang akan disewakan adalah dengan memahami kondisi pasar. Pertimbangan yang paling penting adalah kebutuhan akan kapasitas mobil, kenyamanan penumpang dalam berkendara, medan yang akan dilalui, dan lain sebagainya. 

2. Kenali kelemahan dan resiko usaha


Tidak ada cara usaha rental mobil yang aman selain dengan mengenali kelemahan bisnis ini. Pertama yang harus dipahami, resiko bisnis rental mobil cukup tinggi.

Beberapa kendala yang sering terjadi saat menjalankan usaha ini adalah mobil rusak akibat kecelakaan, hilang karena dicuri, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi mobil rusak karena kecelakaan, pemilik usaha rental mobil harus menetapkan regulasi yang baik dan menguntungkan sesuai dengan prosedur yang seharusnya. 

Untuk mengantipisasi kehilangan mobil saat disewakan, bisa melengkapi mobil dengan GPS yang bisa dilacak keberadaannya setiap saat. Yang lebih penting dari itu semua adalah mengasuransikan mobil rental. 

Tips lainnya yang juga sangat penting adalah melengkapi mobil dengan kamera. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya seperti kecelakaan.

3. Mulai mengatur regulasi


Setelah mengetahui kelemahan usaha rental mobil, saatnya untuk mulai merancang regulasi bisnis. Kunci dari sebuah bisnis adalah sistem regulasi yang baik. Karena itu, tidak salah jika kita sejak awal merancang regulasi yang sebaiknya diterapkan ketika menjalankan usaha rental mobil. 

Jika analisa sudah dilakukan, saatnya untuk mengetahui syarat mendirikan usaha rental mobil mulai dari izin badan hukum usaha sampai cara kredit mobil yang tepat.

4. Mulai dengan modal kecil


Memulai usaha tidak selalu dengan modal yang besar. Sama seperti usaha rental mobil, modal kecil pun bisa. Salah satunya caranya adalah dengan jalan kredit. 

Selain untuk memulai bisnis modal kecil, kredit juga bermanfaat untuk meminimalkan resiko usaha. Tidak hanya itu, kredit mobil untuk bisnis tentu membuat kita lebih hati-hati mengelola keuangan karena ada cicilan yang harus ditanggung. 

Namun tentu modal usaha ini harus disesuaikan juga dengan prospek pasar dan tingkat persaingan bisnis.

Satu lagi, jumlah unit mobil yang akan disewakan juga harus menjadi pertimbangan yang matang. Sebenarnya, semakin banyak mobil yang kita sewakan, kredit akan semakin ringan dan menguntungkan. 

Namun jumlah unit ini juga harus disesuaikan dengan permintaan pasar. Jangan sampai mobil lebih sering menganggur karena tidak ada yang sewa. Lebih lagi, jangan sampai usaha rental mobil stop karena mobil yang hanya satu-satunya harus masuk ke bengkel. 

5. Promosi yang menarik


Aturan yang kedua setelah menganalisa prospek pasar agar sebuah bisnis berjalan dengan baik adalah dengan menggunakan teknik promosi yang menarik.

Teknik promosi yang baik dan menarik akan mendatangkan pelanggan baru dan menjadikan mereka sebagai pelanggan yang loyal. 

Relasi dan jaringan akan sangat penting saat baru memulai usaha. Untuk itu, jangan ragu menawarkan jasa kita kepada teman terdekat.

Namun relasi tersebut tidak akan bertahan lama jika kita tidak bisa memberikan yang terbaik. Promosi yang menarik harus didukung oleh kualitas sehingga bisa terbentuk sebuah relasi yang kuat.

Terakhir, sekali lagi, sebelum memulai usaha rental mobil, selalu analisa peluang usaha terlebih dahulu. Dari segi lokasi usaha, pahami bahwa mobil adalah kebutuhan. Namun karena harga atau lainnya, lebih banyak yang memilih sewa mobil.


Demikianlah cara usaha rental mobil yang aman resiko dan modal kecil. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.