Skip to main content

Manfaat Cohort Analysis Bagi Pemilik Website

Manfaat Cohort Analysis Bagi Pemilik Website - Bagi kamu pemilik website, entah itu blogger, e-commerce produk atau layanan bisnis lokal, pengunjung merupakan hal yang dinanti-nantikan. Namun banyaknya pengunjung website tidak selalu menjamin target bisnis berhasil.

Manfaat Cohort Analysis Bagi Pemilik Website
Manfaat Cohort Analysis Bagi Pemilik Website

Karena itu, tingkat keberhasilan sebuah website pada dasarnya tidak hanya diukur dari seberapa banyak pengguna yang datang. Melainkan seberapa besar tingkat keterlibatan pengguna (user engagement). Menyadari hal tersebut, sudah saatnya bagi kamu pemilik website untuk mempertimbangkan cohort analysis.

Apa itu Cohort Analysis? 


Cohort Analysis (Kohort Analisis) merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai analisis kelompok atau unit. Pengertian cohort analysis adalah sebuah upaya untuk menganalisa perilaku user atau customer saat mengunjungi platform digital untuk mengetahui tingkat keterlibatan pengguna.

Sementara cohort analysis website adalah analisis perilaku pengunjung website berdasarkan data-data tertentu saat mengakses sebuah website yang berfokus pada tingkat user engagement. 

Pada intinya, cohort analysis berfungsi untuk menganalisis tingkat pertumbuhan website dari segi keterlibatan pengguna (user engagement), bukan karena adanya faktor pertumbuhan pasar. 

Manfaat Cohort Analysis Bagi Pemilik Website


Tujuan dari cohort analysis adalah untuk mengidentifikasi tingkat keterlibatan user saat mengunjungi website. Mulai dari tingkat perkembangan pengunjung baru pada website, pengguna lama yang mengunjungi website kembali, dan lain sebagainya. 

Manfaat dari monitoring dengan analysis cohort adalah pemilik website dapat mengambil tindakan terkait dengan perilaku pengguna. Bukan hanya untuk meningkatkan pengunjung website dan menjadikan mereka pelanggan tetap namun juga untuk mengatasi penyebab pengunjung website tidak betah berlama-lama di dalam website. 

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat cohort analysis bagi pemilik website.
  1. Mengindeitifkasi pola perilaku pengunjung website, khususnya user engagement.
  2. Mengetahui tingkat pertumbuhan website dalam jangka waktu tertentu. Apakah sudah sesuai target atau belum.
  3. Menemukan solusi atas tantangan-tanganan seperti bounce rate yang tinggi akibat pengunjung website yang langsung keluar dari website, perbandingan jumlah pengunjung dan jumlah closing yang jauh, dan lain sebagainya.
  4. Mengevaluasi keefektifan informasi yang ditampilkan pada halaman website.
  5. Data dari hasil cohort analysis ini dapat digunakan untuk meningkatkan keberhasilan target, entah itu dari segi jumlah pengunjung atau pun dari segi jumlah pelanggan.
Untuk website yang menyediakan layanan jasa atau menjual produk, tentu jumlah pesanan menjadi tolak ukur yang utama. Hal ini dapat didapatkan dari perbandingan jumlah pengunjung website dan tingkat penjualan produk atau jasa yang berhasil dikonversi. 

Cohort analysis akan membantu pemilik website mengembangkan layanan dan memastikan keefektifan informasi yang tersedia pada website. Hasil dari cohort analysis pada intinya adalah membuat pengunjung baru menjadi pelanggan dan menjadikan pelanggan menjadi pelanggan tetap. Selain itu, 

Untuk melakukan analysis cohort pada website, kita dapat menggunakan tool-tool yang tersedia yang dapat menjaring data pengunjung website. Data yang dimaksud dalam hal ini adalah retensi pengunjung pengguna pada website dari waktu ke waktu. 

Misalnya saja Google Analytics untuk menganalisis perilaku pengunjung website sehubungan dengan jumlah pengguna, lama kunjungan, dan lain sebagainya. Grafik yang menunjukkan data-data perilaku user tersebut dapat digunakan sebagai tolak ukur pengembangan website.


Demikianlah manfaat cohort analysis bagi pemilik website. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.