Skip to main content

5 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning Dan Kotor

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning Dan Kotor - Meskipun tidak ingin berlama-lama di ruangan yang satu ini, kebersihan kamar mandi adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Baik itu kebersihan lantai, dinding, atau pun kloset. 

5 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning Dan Kotor
5 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning Dan Kotor

Berbeda dengan keramik ruangan lainnya di rumah, permukaan keramik untuk lantai kamar mandi umumnya lebih kasar. Hal ini tentu saja untuk mengantisipasi kamar mandi licin.

Namun permukaan keramik lantai kamar mandi yang kasar juga akan memudahkan kotoran untuk menempel dan sulit untuk dibersihkan. Belum lagi noda kuning pada keramik akibat air yang tidak jernih sering menjadi kendala dalam membersihkan kamar mandi. 

Jika dibiarkan, noda kuning pada lantai dan dinding kamar mandi akan berubah menjadi kerak yang sulit untuk dibersihkan. Tentu ini akan mengganggu pemandangan dan membuat kamar mandi terlihat menjijikkan. 

Mengantisipasi masalah tersebut, membersihkan kamar mandi secara rutin dapat mencegah keramik kamar mandi menjadi kuning. Dan untuk kamu yang lantai keramik kamar mandinya telah kuning dan kotor, berikut ini cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning dan kotor.

1. Menggunakan kaporit


Selain berfungsi sebagai disenfektan air, kaporit juga dapat digunakan untuk membersihkan noda kuning pada keramik lantai kamar mandi. Cara pengaplikasiannya juga simpel, cukup siram lantai dan dinding keramik dengan menggunakan air panas. 

Selanjutnya, taburkan bubuk kaporit di atas permukaan keramik yang akan dibersihkan dan diamkan selama kurang lebih dari 30 menit. Setelah itu, gosok keramik dengan sikat yang tebal dan kuat untuk hasil yang lebih maksimal.

Untuk mendapatkan kaporit sendiri, bisa dibeli di toko-toko bahan kimia.

2. Menggunakan cuka


Cairan cuka bukan hanya berfungsi sebagai bumbu dapur tapi juga dapat digunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kuning. Caranya juga sangat sederhana, cukup semprotkan cuka ke keramik yang ingin dibersihkan dan tunggu sekitar 10 menit. 

Setelah itu, silahkan siram dengan menggunakan air panas untuk mendapatkan hasil maksimal, yaitu kamar mandi menjadi jauh lebih bersih. 

3. Menggunakan garam dapur


Tips membersihkan keramik kamar mandi yang kuning dan berkerak selanjutnya adalah dengan menggunakan garam. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal keramik kamar mandi lebih bersih, gunakan larutan dari campuran garam dan cuka.

Dengan bahan dapur yang satu ini, lumut yang ada di kamar mandi dijamin akan hilang. 

4. Menggunakan air jeruk lemon


Cara menghilangkan noda kuning di lantai kamar mandi yang terbukti ampuh adalah menggunakan air jeruk lemon. Selain itu, noda kuning dan kusam pada dinding tempat kran dapat dengan mudah dibersihkan dengan menggunakan air jeruk lemon. 

5. Menggunakan produk pembersih keramik kamar mandi


Saat ini banyak sekali produk pembersih lantai keramik kamar mandi yang keefektifannya juga telah terbukti. Namun walaupun lebih praktis, beberapa pembersih lantai tersebut tidak benar-benar ampuh menghilangkan noda kuning pada lantai. Terlebih untuk kerak yang telah lama tidak dibersihkan. 

Agar hasilnya terlihat lebih bersih, membersihkan lantai dan dinding kamar mandi harus dilakukan secara rutin, baik itu menggunakan bahan alami ataupun menggunakan produk pembersih lantai yang sudah terpercaya. 

Dengan rutin membersihkan kamar mandi, kita dapat mencegah noda kuning membandel pada keramik yang sulit untuk dibersihkan.

Kebersihan kamar mandi membuat kita merasa lebih nyaman menggunakannya. Selain membersihkan kamar mandi, berikan juga pewangi untuk mengilangkan bau di kamar mandi. 

Selain itu, gunakan cairan disenfektan untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di kamar mandi. Seperti yang kita ketahui, ada banyak jenis bakteri kamar mandi yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sebut saja Escherichia coli (Ecoli), Streptococcus, Staphylococcus aureus, Shigella, Salmonella, dan lain sebagainya. Bakteri dan kuman-kuman tersebut akan lebih cepat berkembang biak jika kita jarang membersihkan kamar mandi.

Oleh sebab itu, selalu jaga kebersihan kamar mandi Anda, bukan hanya untuk membunuh kuman di wc tapi juga untuk menghilangkan noda kuning pada keramik lantai dan dinding kamar mandi yang mengganggu. Selain itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan memilih keramik yang netral, baik motif maupun warna agar kotoran pada kamar mandi lebih tersamarkan. 

Untuk keramik dinding kamar mandi yang kotor dan kuning, Anda bisa membersihkannya menggunakan air jeruk lemon. Adapun untuk mencegah dinding kamar mandi kuning akibat air yang keruh, maka gunakanlah filter air.

Demikianlah cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning dan kotor. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.