Skip to main content

Cara Aman Menggunakan Pewarna Rambut (Warna Awet dan Tahan Lama)

Cara Aman Menggunakan Pewarna Rambut (Warna Awet dan Tahan Lama) - Apakah aman mewarnai rambut? Sebenarnya kunci aman menggunakan pewarna rambut hanya tiga, yaitu menggunakan produk pewarna rambut berkualitas, pengaplikasian yang baik dan benar serta perawatan rambut berwarna.

Cara Aman Menggunakan Pewarna Rambut (Warna Awet dan Tahan Lama)
Cara Aman Menggunakan Pewarna Rambut (Warna Awet dan Tahan Lama)

Namun tentu tidak semudah itu menerapkannya. Tidak sedikit orang yang ragu menggunakan produk pewarna rambut karena efek sampingnya. Seperti diketahui, mewarnai rambut dapat merusak rambut dan menimbulkan iritasi jika tidak dilakukan dengan tepat.

Untuk itu, hari ini kita akan membahas sedikit tentang cara aman menggunakan pewarna rambut dengan warna tetap awet dan tahan lama. 

Tapi sebelumnya, kita akan menjawab beberapa pertanyaan seputar bahaya mewarnai rambut.

Apakah cat rambut dapat merusak rambut?


Risiko rambut rusak akibat menggunakan cat rambut memang ada. Baik itu menggunakan jasa profesional atau mewarnai rambut sendiri di rumah.

Namun perlu diketahui, tidak selalu menggunakan pewarna rambut dapat merusak rambut. Yang penting untuk diketahui adalah memilih merk produk pewarna rambut yang terbaik dan berkualitas.

Karena penggunaan produk pewarna rambut berkualitas adalah hal pertama yang harus dilakukan. Setelah itu, gunakan produk shampo dan conditioner yang memang khusus untuk perawatan rambut berwarna juga sangat penting untuk mencegah kerusakan rambut akibat diwarnai.

Apakah bisa menggunakan pewarna rambut tanpa bleaching?


Jawabannya bisa. Menggunakan bleaching rambut akan membuat hasil cat terlihat lebih terang. Namun risiko rambut rusak akibat bleaching juga lebih tinggi, terlebih jika sering diaplikasikan dalam jangka waktu yang berdekatan. 

Untuk itu, sebaiknya gunakan produk pewarna rambut tanpa bleaching. Atau kamu bisa konsultasikan dengan jasa profesional untuk hasil yang aman dan memuaskan.

Cara Aman Menggunakan Pewarna Rambut (Warna Awet dan Tahan Lama)


Berikut ini beberapa cara aman menggunakan pewarna rambut agar awet dan tahan lama sekaligus panduan mewarnai rambut.

1. Memilih merk pewarna rambut berkualitas

Tips pertama dan utama dalam mewarnai rambut adalah menentukan merk produk pewarna rambut yang berkualitas dan terbukti aman. 

Ada banyak merk pewarna rambut di pasaran dengan harga dan kualitasnya masing-masing. Setiap merk tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga kamu harus memutuskan pewarna rambut apa yang cocok untukmu.


2. Ikuti panduan mewarnai rambut sesuai dengan petunjuk

Tips kedua agar aman dalam mewarnai rambut adalah mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan produk pewarna rambut. Ikuti langkah-langkah mulai dari persiapan rambut yang akan diwarnai, alatn dan bahan, sampai proses pembilasan rambut yang telah diwarnai.

Berapa lama cat rambut didiamkan?

Jawabannya ikuti panduan penggunaan produk pewarna rambut yang tertera di kemasan. Selain untuk mendapatkan hasil yang maksimal, juga untuk tetap menjaga kesehatan rambut. 

Walaupun terlihat sederhana, namun hindari kesalahan ini. Tidak ada panduan penggunaan yang lebih baik dari pada panduan untuk produk itu sendiri.

3. Jangan mencampur produk pewarna rambut yang berbeda

Satu kemasan produk pewarna rambut pada dasarnya dibuat untuk digunakan sekali. Karena itu, jangan menyimpan pewarna rambut yang telah digunakan, terlebih jika tidak  disimpan di tempat yang benar. 

Hindari juga mencampur produk pewarna rambut, terlebih produk yang berbeda merk. Selain itu, sebisa mungkin untuk tidak menggonta ganti produk pewarna rambut.

4. Jangan terlalu sering mewarnai rambut

Mengganti warna rambut tidak boleh dilakukan setiap hari. Terlalu sering menggunakan pewarna rambut, terlebih produk yang mengandung bahan kimia tinggi dapat mengakibatkan rambut rusak, kaku, kering, rapuh, dan kusam.

Efek samping mewarnai rambut ini dapat selain berbahaya bagi kulit, juga kesehatan rambut jangka panjang. Karena itu, sebaiknya warnai rambut saat dibutuhkan saja dan pengaplikasiannya jangan terlalu sering.

Kesimpulan


Cara aman menggunakan produk pewarna rambut yang pertama dan paling utama adalah menggunakan produk berkualitas yang aman. Untuk itu, kenali merk cat rambut berbahaya untuk dihindari. 

Sebaiknya gunakan produk yang banyak direkomendasikan sebagai merk pewarna rambut terbaik. Sedikit lebih mahal tentu lebih baik dari pada biaya perawatan rambut yang telah rusak.

Yang kedua adalah mengikuti petunjuk penggunaan pewarna rambut. Selain untuk mendapatkan hasil yang maksimal, juga untuk melindungi kepala dari iritasi.

Dan yang terakhir, gunakan pewarna rambut sesuai dengan kebutuhan. Jangan terlalu sering mengganti warna rambut karena bisa mengakibatkan rambut rusak.


Demikianlah cara mewarnai rambut yang aman dan sehat untuk menghindari efek samping. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.