Skip to main content

Alasan Pentingnya Seragam Bagi Pelaku Bisnis UMKM

Alasan Pentingnya Seragam Bagi Pelaku Bisnis UMKM - Mengapa perusahaan harus memiliki seragam? Don't judge a book by it's cover! Banyak pendapat di luar sana yang mengatakan bahwa penampilan bukanlah hal yang utama. Namun sadar atau tidak, penampilan seringkali menjadi aspek penilaian pertama kali.

Alasan Pentingnya Seragam Bagi Pelaku Bisnis UMKM
Alasan Pentingnya Seragam Bagi Pelaku Bisnis UMKM - American Drill by mitramulia.com

Bagi customer, sadar atau tidak, seragam perusahaan seringkali menjadi daya tarik tersendiri. Karena itulah, dalam dunia bisnis, perusahaan atau pelaku usaha UMKM wajib hukumnya memiliki seragam karyawan

Kekuatan seragam kerja bukan hanya bagi karyawan tapi juga bagi pelanggan. Nah, apa saja manfaat seragam bagi sebuah usaha? 

Alasan Pentingnya Seragam Bagi Pelaku Bisnis UMKM


Berikut ini beberapa alasan pentingnya seragam bagi perusahaan dan pelaku usaha.

1. Meningkatkan kredibilitas

Seragam bagi sebuah usaha adalah kebutuhan. Seragam terbukti telah meningkatkan citra positif perusahaan dan memberikan nilai  kredibilitas tersendiri. Seragam yang dikenakan karyawan dapat mengubah persepsi publik, khususnya calon pembeli.

2. Identitas usaha

Seragam dapat berfungsi sebagai identitas usaha. Tentu ini sangat bermanfaat dalam membangun relasi antara karyawan dan pelanggan sehingga muncul rasa percaya. Karena itulah, seragam sangat penting untuk menunjukkan eksistensi perusahaan. Namun pastikan untuk tetap memilih seragam yang sesuai dengan citra perusahaan.

3. Media promosi

Selain sebagai identitas, seragam juga berfungsi sebagai media promosi. Tentu kita mengenal beberapa perusahaan dengan seragam yang sangat familiar. 

Baru lihat warna seragamnya aja, kita sudah tahu kalau itu perusahaan A. Bahkan beberapa perusahaan berhasil menjadikan warna tertentu sebagai brand andalannya. Baru lihat warnanya aja, kita sudah tahu perusahaannya.

4. Mempererat hubungan antar karyawan

Seragam memberikan rasa kebanggaan tersendiri. Layaknya mahasiswa yang mengagungkan almamater kampusnya, seragam perusahaan juga sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan diri karyawan.

Tidak hanya itu, seragam juga dapat mempererat hubungan antar karyawan dalam perusahaan karena seragam dapat menumbuhkan rasa persaudaraan.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa seragam adalah kebutuhan bagi perusahaan dan pelaku bisnis UMKM.  

Tips memilih seragam karyawan


Ada banyak tips dalam memilih seragam karyawan perusahaan. Tips yang paling penting adalah bagaimana membuat karyawan merasa dihargai saat mengenakan seragam perusahaan. 

Hal ini penting untuk meningkatkan rasa percaya diri karyawan sehingga produktivitas kerja semakin meningkat. 

Berikut ini beberapa tips memilih seragam karyawan yang penting dipertimbangkan oleh pelaku bisnis UMKM.

1. Memilih bahan kain berkualitas

Pilihlah seragam dengan bahan berkualitas sehingga mereka yang mengenakannya merasa terhormat dan dihargai. Seragam dengan bahan kain berkualitas lebih awet dan warnanya tidak cepat pudar. Selain itu, bahan berkualitas yang disesuaikan dengan pekerjaan diharapkan juga dapat membuat karyawan nyaman seperti mudah menyerap keringat dan tidak gerah.

Berbicara tentang pakaian seragam, kain drill menjadi pilihan utama dalam membuat seragam, entah itu untuk seragam lapangan atau pun kantoran. Hal ini karena kain drill memiliki sejumlah kelebihan. Misalnya saja bahan lebih kuat dan awet serta warna tidak cepat pudar.

Kain drill sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti kain American drill, Japan drill, Uninone drill, Ribstop drill, dan lain sebagainya. Setiap jenis kain drill memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tips dalam memilih kain drill yang tepat untuk seragam perusahaan adalah disesuaikan dengan kebutuhan karyawan. Misalnya saja American drill yang terbuat dari bahan katun dan polyester dengan serat yang lebih kecil sehingga lebih lembut digunakan. Atau Japan drill yang terbuat dari katun yang tinggi sehingga lebih nyaman dan tidak gerah saat dipakai karena memiliki serat yang besar untuk menyerap keringat.

Jadi, pastikan memilih bahan pakaian berkualitas untuk seragam karyawan Anda. 

2. Desain seragam menonjolkan brand

Salah satu manfaat utama seragam bagi perusahaan adalah menonjolkan brand. Untuk itu, desainlah seragam sesuai dengan citra perusahaan, terutama dari segi warna seragam dan tata letak logo. Hal ini untuk memastikan agar konsep bisnis sejalan dengan atribut yang digunakan.

3. Memilih tempat membuat seragam terpercaya

Tips dalam merencanakan pembuatan seragam perusahaan lainnya adalah memilih jasa konveksi yang terpercaya dan terjamin. Salah satu caranya adalah dengan bekerjasama dengan mereka yang telah berpengalaman di bidang pembuatan seragam perusahaan. 


Demikianlah alasan pentingnya seragam bagi perusahaan dan pelaku bisnis UMKM serta tips memilih seragam karyawan. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.