Skip to main content

3 Alasan Penting Kenapa Harus Kuliah

Apakah kuliah itu penting? Alasan Mengapa Anda harus kuliah - Pertanyaan ini bukan hanya ditanyakan oleh siswa yang baru lulus SMA tapi juga mereka yang sementara kuliah. Faktanya, tidak banyak yang bisa memberikan alasan pentingnya kuliah. Ditambah lagi banyaknya sarjana yang masih kesulitan mencari pekerjaan. 

3 Alasan Penting Kenapa Harus Kuliah
3 Alasan Penting Kenapa Harus Kuliah

Apakah kuliah itu wajib?


Sebenarnya kuliah itu wajib tidak wajib. Namun kuliah itu penting. Wajib untuk kamu yang ingin menjadi tenaga profesional di bidang kesehatan, pendidikan, dan profesi lainnya. 

Tidak wajib jika tujuan utama kamu adalah mencari uang. Karena ada banyak cara menghasilkan uang tanpa kuliah. Kecuali jika kamu memang memiliki rencana khusus yang memang ditujukan untuk itu. Misalnya mendapatkan gelar untuk menjadi direktur di perusahaan yang membutuhkan kualifikasi di bidang pendidikan.

Mengapa setelah lulus SMA harus kuliah?


Kerja apa kuliah? 

Kamu harus kuliah setelah lulus SMA jika kamu tidak tahu harus kerja apa.

Alasan memilih kerja daripada kuliah adalah jika kamu sudah tahu harus kerja apa. Bukan hanya itu, kamu tidak perlu kuliah jika kamu sudah tahu masa depan kamu akan seperti apa. Misalnya telah menjalankan usaha yang harus dilakukan saat ini juga sehingga kuliah ditunda dulu. 

Artinya, kuliah bukanlah hal yang prioritas dan urgensi. Namun untuk kamu yang tidak tahu harus apa setelah lulus SMA, maka wajib bagi kamu untuk kuliah. Terlebih jika didukung oleh kemampuan ekonomi yang cukup. Dan juga tidak bisa dipungkiri bahwa kuliah di era ini sudah bisa dikatakan sebuah kebutuhan.

Apa motivasi Anda kuliah?


Beberapa mahasiswa salah memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman, asal kuliah. Bisa dikatakan kuliah tanpa tahu tujuan kuliah.

Tidak sedikit juga yang motivasi kuliahnya salah. Seperti menjadikan ijazah dan gelar sarjana sebagai tujuan utama kuliah.  Motivasi ini seringkali menjadi penghambat mahasiswa menyelesaikan studinya tepat waktu. 

Karena pikirannya hanya ijazah dan gelar sarjana, lupa bahwa ada perjuangan untuk mendapatkan itu semua. Yaitu belajar dengan sungguh. 

Jadi, intinya di sini, kamu harus benar-benar tahu tujuan kuliah. Ijazah dan gelar itu hanya prasyarat saja. Yang penting sebenarnya adalah wawasan dan ilmu pengetahuan yang didapatkan. 

3 Alasan Penting Kenapa Harus Kuliah


Untuk kamu yang masih bingung alasan masuk kuliah, berikut ini 3 contoh pentingnya kuliah yang bisa membuka wawasan kamu.

1. Peluang kerja yang lebih luas

Saat ini banyak sekali industri yang membuka lapangan kerja dengan standar untuk melamar kerja wajib S1. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa peluang kerja untuk lulusan sarjana jauh lebih terbuka. Selain itu, karier dan jenis pekerjaan juga bisa dikatakan lebih terjamin. 

Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa lulusan sarjana juga bukan jaminan untuk mudah mendapatkan pekerjaan.

2. Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan

Kuliah dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. Keterampilan dan pengetahuan bukan hanya berkaitan dengan jurusan kuliah yang dipilih. Namun lebih dari itu, kuliah dapat membuka wawasan dan memberikan pengalaman yang lebih luas. 

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah kuliah bisa menjadi tempat untuk belajar membangun relasi dan berkomunikasi untuk persiapan dunia kerja.

3. Mendapatkan beasiswa dan kuliah di luar negeri

Beasiswa menjadi salah satu daya tarik kuliah. Selain memberikan keringanan biaya kuliah, beberapa beasiswa juga bisa menjadi jalan untuk menginjakkan kaki di luar negeri. Namun bukan itu ya yang utama. Itu hanyalah bonus karena yang utama adalah pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama proses kuliah. 

Untuk kamu yang sementara kuliah, tetap semangat. Jangan berhenti di tengah jalan hanya karena tugas-tugas yang menumpuk dan semakin berat. Percayalah semuanya akan indah pada waktunya.

Untuk kamu yang masih sementara di bangku sekolah menengah, ada baiknya kamu benar-benar mempertimbangkan motivasi kuliah. Jangan sampai salah jurusan sehingga menjadikan pertanyaan pentingnya kuliah sebagai jalan pelarian. 

Karena itu, tanyalah motivasi kuliah pada diri sendiri. Temukan jurusan dan kampus terbaik di dunia yang sesuai dengan tujuan kamu dan harapan kamu di masa depan. Bukan jurusan dan kampus terbaik menurut orang tua dan teman Anda, yang Anda tidak sukai.


Itulah 3 alasan penting kenapa harus kuliah. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.