Skip to main content

Visi, Misi Dan Program Kerja Calon Kepala Desa Mukti Tama 2021

VISI, MISI DAN PROGRAM KERJA
CALON KEPALA DESA MUKTI TAMA
TAHUN 2021

Visi dan Misi Calon Kepala Desa Mukti Tama
Visi dan Misi Calon Kepala Desa Mukti Tama

"Ramah, Bermasyarakat Dan Amanah
Untuk Mukti Tama"

Visi

"Menuju Desa Mukti Tama yang lebih maju melalui peningkatan sumber daya manusia, pemerintahan yang bermasyarakat, dan pembangunan yang berfokus pada 
kebutuhan masyarakat."

PENDAHULUAN

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua,

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas berkat dan limpahan rahmat-Nya kita semua dapat bertemu kembali dalam rangka Pemaparan Visi Misi Calon Kepala Desa Mukti Tama di tempat ini.

Pada kesempatan yang baik ini, kami akan memaparkan makalah yang berisi Visi, Misi dan Program Kerja Calon Kepala Desa Mukti Tama Tahun 2021 sebagai prasyarat untuk memenuhi persyaratan pencalonan Kepala Desa Mukti Tama Periode Tahun 2021 - 2026. Lebih dari pada itu, kita harapkan Visi, Misi dan Program Kerja ini dapat menjadi dasar dalam menentukan langkah kita ke depannya.

Keberhasilan pembangunan masyarakat tidak dapat diukur dengan janji. Melainkan, pembangunan masyarakat pada dasarnya hanya dapat diukur berdasarkan fakta sejauh mana pembangunan tersebut memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

Dalam tatanan perkembangan pemerintahan, Desa Mukti Tama dituntut untuk terus berbenah agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat yang mudah, cepat dan transparan, dibutuhkan tatanan birokrasi yang baik. Hal ini hanya dapat diwujudkan dengan mengedepankan pemerintahan yang ramah dan bermasyarakat agar lebih memahami kebutuhan masyarakat. 

Sektor pertanian menjadi penunjang utama kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Desa Mukti Tama. Meningkatkan peran masyarakat dalam menggali potensi dan mengembangkan potensi yang ada melalui pemberdayaan masyarakat dan pembangunan dapat menjadi kekuatan ekonomi Desa Mukti Tama. 

Dengan semangat ini, saya SIMON, merasa terpanggil untuk bersama-sama mewujudkan Desa Mukti Tama yang mengedepankan pelayanan masyarakat yang lebih baik dan pembangunan yang lebih terarah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

VISI

"Menuju Desa Mukti Tama yang lebih maju melalui peningkatan sumber daya manusia, pemerintahan yang bermasyarakat, dan pembangunan yang berfokus pada kebutuhan masyarakat."

MISI
  1. Mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan tata kelola keuangan desa yang informatif, akuntabel dan transparan.
  2. Peningkatan kapasitas perangkat desa dan digitalisasi desa dalam melaksanakan pelayanan masyarakat yang maksimal secara lebih mudah, cepat, ramah dan amanah. 
  3. Meningkatkan pembangunan di berbagai bidang di setiap dusun.
  4. Mewujudkan sarana dan prasarana desa dalam bidang pertanian dan lain-lain.
  5. Optimalisasi potensi desa untuk peningkatan sumber pendapatan desa dan untuk masyarakat yang lebih sejahtera.
  6. Mengaktifkan dan meningkatkan kegiatan sosial keagamaan, kepemudaan dan keolahragaan dalam menciptakan desa yang aman, kondusif, ramah, dan berprestasi. 
PROGRAM KERJA

A. Bidang Pemerintahan
  1. Menciptakan suasana pemerintah desa yang lebih bermasyarakat untuk meningkatkan pelayanan yang ramah terhadap masyarakat.
  2. Pembinaan Aparatur Desa dengan melaksanakan kegiatan pelatihan dan bimbingan secara intensif yang diadakan oleh Pemerintah Daerah dan Kecamatan maupun pihak lainnya, termasuk mengadakan kegiatan pembinaan dan bimbingan secara mandiri untuk meningkatkan pelayanan masyarakat secara optimal.
  3. Mewujudkan sistem informasi desa yang lebih cepat dan transparan melalui sosialiasi dan upaya digitalisasi desa.
  4. Meningkatkan sinergitas dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam merencanakan masalah-masalah strategis terhadap pembangunan dengan mengedepankan aspirasi masyarakat.
B. Bidang Pembangunan

a. Pembangunan SDM
  1. Pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berakhlak mulia melalui LPMD, PKK, Karang Taruna, dan kelembagaan lainnya di Desa Mukti Tama.
  2. Mengaktifkan organisasi karang taruna sebagai sarana menyalurkan dan mengembangkan bakat, minat dan kreatifitas pemuda dalam berbagai kegiatan positif.
b. Pembangunan fisik
  1. Mengadakan pembangunan di bidang pertanian yang menunjang kegiatan perekonomian masyarakat.
  2. Meningkatkan sarana pendidikan non formal di bidang keagamaan dan komunitas sosial di masyarakat.
  3. Pembangunan bidang olahraga melalui karang taruna Desa Mukti Tama dengan tujuan pengembangan potensi pemuda.
C. Bidang Pertanian

Kekuatan utama kesejahteraan masyarakat Desa Mukti Tama terletak di bidang pertanian. Karena itu, dibutuhkan perhatian khusus terhadap masalah-masalah yang menjadi kendala petani desa seperti ketersediaan pupuk, alat pertanian, sistem irigasi yang lebih baik dengan mengedepankan gotong royong. 

Pentingnya peningkatan sarana dan prasarana pertanian harus beriringan dengan kualitas petani. Memaksimalkan peran Kelompok Tani melalui komunikasi yang intensif dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) nantinya diharapkan dapat memaksimalkan hasil pertanian untuk ekonomi masyarakat yang lebih sejahtera.

D. Bidang Sosial Dan Kemasyarakatan
  1. Terwujudnya pemerintahan desa yang bermasyarakat, transparan, jujur, ramah dan amanah. 
  2. Peningkatan BUMDes yang profesional untuk menunjang kegiatan perekonomian masyarakat.
  3. Memfasilitasi komunitas yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pemuda.
6 PROGRAM KERJA STRATEGIS
  1. Mewujudkan fasilitas sistem informasi desa yang lebih informatif dan transparan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. 
  2. Peningkatan mutu petani melalui kegiatan pembangunan dan pelatihan.
  3. Pengadaan mobil ambulance desa.
  4. Pembangunan lapangan futsal sebagai upaya mengaktifkan kegiatan olahraga kepemudaan.
  5. Aktivasi lembaga adat, lembaga kepemudaan, dan membentuk lembaga pemberdayaan perempuan dan lembaga lainnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  6. Pembangunan sentra-sentra ekonomi usaha kecil dan menengah (UMKM) dan pelatihan kewirausahaan Desa melalui BUMDes.
INOVASI

Inovasi di bidang pertanian dengan memadukan pertanian dan bisnis sehingga petani tidak hanya bergantung pada hasil panen padi yang mana hanya 2 kali dalam setahun.

PENUTUP

Demikian pemaparan Visi, Misi dan Program Kerja ini kami sampaikan dengan harapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) selama 6 (enam) Tahun ke depan akan lebih terarah dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat secara adil dan berkesinambungan.

Desa Mukti Tama membutuhkan pemerintahan desa yang ramah, bermasyarakat dan amanah. Bersama-sama kita akan melanjutkan dan meningkatkan program yang berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Dan yang jauh lebih penting, kita juga akan mengembangkan potensi-potensi desa yang menjadi prioritas dan dibutuhkan untuk masyarakat yang lebih sejahtera.

Semua yang baik hanya dapat terlaksana dengan baik dengan adanya peran, dukungan dan kerjasama dari masyarakat untuk masyarakat. Kita sangat optimis "Menuju Desa Mukti Tama yang lebih maju melalui peningkatan sumber daya manusia, pemerintahan yang bermasyarakat, dan pembangunan yang berfokus pada kebutuhan masyarakat".

Akhirnya, kami dengan segala keterbatasan dalam pembahasan dan uraian Visi, Misi dan Program Kerja ini mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kekurangan dan kesalahan. Tiada maksud lain selain harapan kita sama, yaitu untuk Desa Mukti Tama yang lebih maju dan sejahtera. Terima kasih atas doa dan dukungannya.

Mukti Tama, 29 Juni 2021
Calon Kepala Desa Mukti Tama


Simon





Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.