Skip to main content

Cara Menggunakan Mendeley Untuk Membuat Daftar Pustaka Skripsi

Cara menggunakan Mendeley untuk membuat daftar pustaka skripsi otomatis - Lagi menyusun skripsi atau karya tulis ilmiah lainnya? Salah satu hal yang tidak lepas dari skripsi adalah daftar referensi yang menjadi rujukan. 

Semua referensi tersebut harus dimasukkan ke dalam daftar pustaka di akhir penulisan skripsi. Sayangnya, membuat daftar pustaka manual memerlukan waktu yang lama. Terlebih jika skripsinya setebal buku perjalanan mengelilingi dunia. 

Namun ternyata pekerjaan membosankan tersebut dapat selesai hanya dalam hitungan jam menggunakan bantuan software reference manager. Misalnya saja menggunakan Mendeley, Zotero atau lainnya. 

Kenapa harus menggunakan Mendeley?


Mendeley, sebagai salah satu software reference manager terbaik memiliki sejumlah kelebihan. Selain gratis dan dapat digunakan offline atau pun online, Mendeley juga sangat mudah digunakan, baik untuk memasukkan jurnal maupun melakukan sitasi dan menulis daftar pustaka.

Apa fungsi Mendeley dan bagaimana cara penggunaannya?


Fungsi utama Mendeley adalah sebagai software reference manager, yaitu aplikasi perangkat lunak untuk mengelola data referensi. Mendeley berfungsi untuk memudahkan dan mempercepat memasukkan sitasi dan daftar pustaka. Cara penggunaan Mendeley terbilang mudah.

Langkah-langkah menggunakan Mendeley:


Berikut ini tutorial cara menggunakan Mendeley Desktop lengkap.

1. Download Mendeley

Download Mendeley Desktop di situs resminya di sini.

2. Install Mendeley

Setelah terdownload, install aplikasi Mendeley seperti saat menginstall aplikasi pada umumnya di Windows, Mac atau Linux.

Selengkapnya silahkan lihat cara install Mendeley.

3. Login Mendeley

Setelah terinstall, silahkan buka aplikasi Mendeley. Jika belum punya akun login, silahkan daftar terlebih dahulu dengan klik tombol Sign Up.

4. Aktifkan Microsoft Word Plugin

Untuk menghubungkan Mendeley dengan Microsoft, harus mengaktifkan Ms Word Citation Plugin dari Mendeley. 

5. Siapkan jurnal PDF

Silahkan simpan semua referensi jurnal dalam format PDF yang telah di download dalam satu folder sesuai dengan kategori agar memudahkan proses pengelolaan sitasi dan daftar pusatka nantinya.

Selain mendownload jurnal secara online di Google Scholarship atau lainnya bisa juga mencari jurnal di Mendeley secara online. 

6. Buka Mendeley dan import file PDF 

Buka kembali Mendeley dan import atau masukkan semua file PDF atau referensi ke Mendeley. 

Cara import dokumen PDF ke Mendeley bisa dilakukan melalui menu File > Add Files atau pun drag and drop file-file PDF ke menu kerja Mendeley.

Cara Menggunakan Mendeley Untuk Membuat Daftar Pustaka Skripsi
Cara Menggunakan Mendeley Untuk Membuat Daftar Pustaka Skripsi

Jangan lupa cek satu-satu jurnal yang telah diimport pada panel sebelah kanan, yaitu Details jurnal. Pastikan judul, pengarang, nama jurnal, tahun, volume dan lain-lain yang terdeteksi otomatis sudah tepat.

7. Buka Microsoft Word

Buka Microsoft Word dan tulislah karya ilmiah Anda. Pada tab References, seharusnya sudah terdapat menu Mendeley.

8. Cara Insert Citation

Pertama, Insert Citation dilakukan saat mengutip pendapat orang lain. Untuk Insert Citation, klik tab References pada Microsoft Word. Kemudian klik Insert Citation. 

Pada jendela yang muncul, tulis keyword terkait jurnal yang akan disitasi. Bisa nama pengarang, nama jurnal, judul penelitian atau lain sebagainya.

Cara insert citation di Mendeley dan Microsoft Word 2010
Cara insert citation di Mendeley dan Microsoft Word 2010

Terakhir, klik Ok untuk melakukan sitasi.

9. Cara Insert Bibliography

Selanjutnya untuk membuat daftar pustaka otomatis dari jurnal yang disitasi tadi, silahkan menuju ke halaman Daftar Pustaka dan klik Insert Bibliography. Maka akan muncul Daftar Pustakanya.

Cara Memasukkan Daftar Pustaka Skripsi Lewat Mendeley
Cara Memasukkan Daftar Pustaka Skripsi Lewat Mendeley

Untuk mengubah gaya sitasi, misalnya dari APA ke AMA atau lainnya, masuk ke Mendeley, klik View dan pada Citation Style, pilih model sitasi.

Penting!

Sebenarnya tutorial membuat daftar pustaka otomatis menggunakan Mendeley sangat singkat jika sudah dipraktikkan. Intinya yang penting adalah semua jurnal yang dimasukkan ke Mendeley harus diperhatikan apakah Details-nya sudah sesuai dengan jurnal asli atau tidak. 

Hal ini bisa dilihat dengan mengklik salah satu dari daftar jurnal yang telah dimasukkan ke Mendeley. Pada panel paling kanan, pada menu Details, pastikan judul, nama pengarang, tahun dan lain-lain sudah tepat.


Demikianlah cara menggunakan Mendeley untuk membuat daftar pustaka skripsi secara otomatis dengan cepat. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.