Skip to main content

Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Di Android Karena Alasan Keamanan

Cara mengatasi tidak bisa https://www.anaktoraja.com/2020/11/aplikasi-remote-tv-tanpa-infrared.html karena alasan keamanan (App restrict, cannot capture screen on the interface). - Screenshot atau tangkap layar atau jepret layar menjadi fitur penting di hp android. Screenshot sering digunakan untuk mengambil tangkapan layar smartphone sesuatu yang penting.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Di Android Karena Alasan Keamanan
Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Di Android Karena Alasan Keamanan

Misalnya saja screenshot status WA yang tidak bisa didownload, Telegram, bukti transfer mobile banking, atau pun chat dan lain sebagainya. 

Setiap smartphone memiliki cara screenshot yang berbeda. Ada yang screenshot menggunakan kombinasi tombol, menggunakan aplikasi bawaan hp dan juga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Contohnya cara screenshot Samsung menggunakan kombinasi tombol Home dan tombol Volume Atas. 

Untuk Vivo, bisa screenshot menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah. Untuk Vivo Y20 juga bisa screenshot dengan menggunakan 3 jari digeser ke bawah.

Namun beberapa kasus hp android tidak bisa discreenshot. Ada beberapa penyebab hp tidak bisa discreenshot yang tentu solusi mengatasinya juga berbeda. Untuk itu, ikuti panduan berikut ini tentang cara mengatasi tidak bisa screenshot di android karena alasan keamanan.

Penyebab Hp Tidak Bisa Di Screenshot di Android


Beberapa penyabab hp tidak bisa screenshot di hp android antara lain:

1. Tersandung masalah kebijakan

Beberapa hp android dan aplikasi pihak ketiga membatasi pengguna untuk melakukan screenshot. Kebijakan keamanan ini ditujukan untuk melindungi data pengguna atau pun hak cipta.

Beberapa aplikasi yang tidak mengizinkan mengambil screenshot misalnya mobile banking, aplikasi penonton video seperti VIU, aplikasi baca komik dan novel seperti Webtoon, termasuk saat masuk menu Incognito Window pada Google Chrome.

Masalah kebijakan keamanan yang menyebabkan hp android tidak bisa discreenshot ditandai dengan pesan-pesan seperti can't take screenshot due to security policy dan lain sebagainya.

Namun kebijakan ini bisa berbeda tiap vendor hp. Contohnya saja di mode Incognito Window Google Chrome hp Samsung, bisa discreenshot. Namun sebaliknya tidak bisa di hp Vivo.

2. Memori penuh

Penyebab lainnya tentang tidak bisa screenshot di hp android adalah karena memori penyimpanan telah penuh. Ya, mau tidak mau, kita tidak akan bisa menyimpan screenshot.

3. Menggunakan kombinasi tombol screenshot yang salah

Seperti dijelaskan di atas, setiap smartphone memiliki cara screenshot yang berbeda. Ada yang menggunakan tombol Power dan tombol Volume Bawah secara bersamaan untuk melakukan screenshot.  Ada yang menggunakan tombol Home dan tombol Volume Atas, dan lain sebagainya.

4. Tombol hp android yang rusak

Tombol hp android yang rusak juga sering menyebabkan kita tidak bisa melakukan screenshot. Solusinya untuk ini bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. 

Syukur jika hp kamu memiliki fitur screenshot tanpa tombol. Misalnya seperti Vivo Y20, kita bisa melakukan screenshot dengan menggunakan 3 jari pada layar kemudian ditarik dari atas ke bawah.


Cara Mengatasi Tidak Bisa Screenshot Di Android Karena Alasan Keamanan


Setelah mengetahui penyebabnya, berikut ini cara mengatasi tidak bisa screenshot di hp android.

1. Aktifkan fitur screenshot pada hp dan pelajari cara screenshot

Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah sudah mengaktifkan fitur screenshot pada hp. Setiap merk hp memiliki pengaturan tersendiri.

Untuk hp Vivo, bisa masuk ke menu Pengaturan > Aksesbilitas > Tangkap Layar atau Settings > Shortcuts and accessibility > S-Capture (Vivo Y20)

Silahkan lihat panduan cara screenshot di hp Vivo dan pastikan mengaktifkan fitur-fitur screenshot yang dibutuhkan. Misalnya saja kombinasi tombol untuk screenshot, preview dan edit hasil screenshot dan lain sebagainya.

2. Gunakan aplikasi screenshot pihak ketiga

Cara screenshot layar hp yang tidak bisa di screenshot karena alasan keamanan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Misalnya saja Du Recorder, snapshot, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan Google Assistant

Untuk kamu yang tidak bisa screenshot layar hp android, terlebih karena masalah tombol rusak, kamu bisa mencoba Google Assistant untuk melakukan screenshot dengan perintah suara.
  1. Pertama masuk ke aplikasi Google.com
  2. Kedua masuk ke More atau lainnya. Setelah itu masuk ke Google Assistant.
  3. Pilih Assistants dan pada Assistant devices, pilih Phone kemudian setting sesuai kebutuhan.
  4. Terakhir, klik Get Started untuk mulai menggunakan fitur voice pada Google Assistant untuk membantu screenshot.
Sebenarnya masih ada beberapa trik cara screenshot di hp android yang tidak bisa. Termasuk screenshot menggunakan hp teman yang selanjutnya dikirim kembali ke hp kita yang tidak bisa discreenshot.


Demikianlah cara mengatasi tidak bisa screenshot di android karena alasan keamanan. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.