Skip to main content

Cara Install Mendeley Desktop + Menggunakan Mendeley

Cara install Mendeley Desktop lengkap dengan cara menggunakan Mendeley - Siapa yang tidak tahu apliasi Mendeley Desktop? Bagi peneliti, software yang satu ini menjadi teman akrab dalam menyusun karya ilmiah. 

Mendeley adalah salah satu software reference manager terbaik dan dapat digunakan secara gratis. Fungsi utama dari Mendeley adalah untuk mensitasi tulisan. Dengan Mendeley, kita lebih mudah dalam menyusun daftar pustaka.

Pengenalan Mendeley


Saya sendiri baru mengenal software reference manager saat akan membuat laporan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Di template panduan laporan, terdapat syarat daftar pustaka harus mengikuti model APA 5th (American Psychological Association), dengan keterangan "untuk memudahkan dalam membuat sitasi, gunakan software reference manager (Mendeley atau Zotero)". 

Jika dulu untuk mencamtumkan referensi karya ilmiah di daftar pustaka harus belajar model/style sitasi dan menuliskannya secara manual, dengan Mendeley, ternyata daftar pustaka bisa dibuat secara otomatis dengan mudah dan cepat. 

Baru tahu ternyata ada software seberguna ini. Kenapa tidak dari dulu sih? Hhe.. hhe...

Kelebihan dari Mendeley adalah software reference manager ini bersifat gratis sehingga bisa digunakan tanpa biaya apapun. Selain itu, Mendeley bisa digunakan berbasis web atau desktop. 

Dan pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang cara install dan menggunakan Mendeley Desktop.

Cara Install Mendeley Desktop


Berikut tutorial install Mendeley di laptop atau PC lengkap dengan gambar.

1. Download aplikasi Mendeley Desktop

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah download software Mendeley Desktop di situs resminya https://www.mendeley.com/download-desktop/

Software ini support untuk Windows, Mac OS, dan Linux. Secara otomatis website Mendeley akan mendeteksi sistem operasi laptop yang kita gunakan sehingga software yang di download pasti compatible dengan laptop tersebut.

Hasilnya, saya mendownload Mendeley-Desktop-1.19.8-win32 yang menjadi versi terbaru dengan ukuran file aplikasi 54,9 MB.

2. Install Mendeley

Setelah terdownload, klik 2 kali file aplikasi exe tersebut untuk diinstall. 

Install Mendeley Desktop
Install Mendeley Desktop

Proses install sama saja dengan menginstall aplikasi lainnya di laptop. Di sini saya sendiri menggunakan laptop Windows 10 64 bit dan sukses menggunakan Mendeley-Desktop-1.19.8-win32 tanpa error sedikit pun.

Pada tampilan Welcome to the Mendeley Desktop Setup Wizard, klik Next.

Cara Install Mendeley di Laptop
Cara Install Mendeley di Laptop

Selanjutnya pada License Agreement, klik I Agree.

Cara Menggunakan Mendeley di Laptop
Cara Menggunakan Mendeley di Laptop

Kemudian kita akan dihadapkan dengan tampilan Choose Install Location untuk memilih tempat menginstall Mendeley. Saya sendiri biarkan default dan klik Next.

Cara Menginstall Mendeley
Lokasi install Mendeley 

Tampilan selanjutnya adalah Choose Start Menu Folder. Klik aja Install untuk mulai menginstall Mendeley.

Pengenalan Mendeley untuk Pemula
Nama Folder Install Mendeley

Tunggu sampai proses intalasi software Mendeley selesai.

Tutorial Mendeley untuk Pemula
Proses Install Mendeley

Terakhir, centang kotak Run Mendeley Desktop dan klik Finish untuk membuka Mendeley.

Langkah-langkah Menggunakan Mendeley
Run Mendeley

Sampai di sini, silahkan tutup dulu dokumen Microsoft Word yang terbuka.

Saat pertama kali membuka Mendeley, kita akan dihadapkan pada tampilan Reference Manager Installed yang menandakan Mendeley telah berhasil diinstall. Pada jendela sebelah kanan, terdapat Citation Plugin for Microsoft Word Not Installed. Klik Install Now untuk mengintegrasikan Mendeley dengan Microsoft Word.

Install Citation Plugin for Microsoft Word
Install Citation Plugin for Microsoft Word

Jika terlewat dengan mengklik tombol Close, tidak masalah, kita bisa mengaktifkan plugin ini dengan mengklik Menu Tools > Install MS Word Plugin.

3. Sign Up dan Login ke Mendeley

Untuk menggunakan Mendeley, kita harus membuat akun di Mendeley terlebih dahulu. Silahkan buat akun baru dengan klik Sign Up. Nantinya kita akan diarahkan ke website Elsevier untuk membuat akun Mendeley baru.

Cara Menggunakan Mendeley


Pada tahap ini, yaitu setelah mengaktifkan Ms Word Citation Plugin, seharusnya Mendeley dan Microsoft Word sudah terintegrasi. Untuk memastikan, buka Microsoft Word 2010 (saya menggunakan 2010, kamu bisa coba di 2007, 2013 dan 2016).

Pada tab References akan terdapat menu baru, yaitu Mendeley Cite-O-Matic.

Cara menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word
Cara menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word

Jika terdapat tampilan seperti di atas, maka Mendeley sudah berhasil diinstall dan terhubung dengan Ms Word.

Buka kembali aplikasi Mendeley Desktop dan ubah citation style sesuai dengan kebutuhamu. Di sini saya mencoba menggunakan style APA 5th (American Psychological Association) sesuai dengan syarat penulisan laporan. 

Klik View > Citation Style > Pilih APA 5th

Sayangnya model APA 5th sudah tidak ada digantikan oleh model APA 7th. Tapi jangan khawatir, kita bisa download model sitasi secara online. Setelah terdownload, silahkan pilih model sitasi tersebut.

Selanjutnya kita tinggal memasukkan data-data referensi dari jurnal, buku, dan lain-lainnya ke Mendeley. Caranya bisa dengan drag and drop aja file PDF ke Mendeley biar lebih cepat. 

Setelah itu, buka lagi Microsoft Word > pilih tab References.

Untuk menggunakan Mendeley, sangat mudah. Klik Insert Citation untuk memasukkan kutipan dan klik Insert Bibliography untuk daftar pustaka, umumnya sih otomatis terdapat daftar pustaka setiap kali insert citation dari jurnal yang berbeda.

Nanti untuk tutorial menggunakan Mendeley yang lebih lengkap akan dibahas di pertemuan selanjutnya.

Terakhir, yang penting untuk diperhatikan adalah tidak semua jurnal, buku, atau sumber referensi lainnya yang dalam bentuk PDF tersebut akan dideteksi secara otomatis oleh Mendeley. 

Untuk itu selalu perhatikan dengan cermat dan teliti tampilan paling kanan untuk melihat apakah file PDF tersebut berhasil menampilkan nama pengarang, tahun, dan lain-lain secara lengkap dan benar.

Itulah sedikit tutorial cara install Mendeley di laptop Windows 10 dan lengkap dengan cara menggunakan Mendeley di Microsoft Word 2010. Semoga bermanfaat!
Newest Post
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.