Skip to main content

Cara Import/Memasukkan Jurnal ke Mendeley untuk Daftar Pustaka

Cara import/memasukkan jurnal ke Mendeley untuk daftar pustaka dengan mudah dan cepat - Pokok bahasan kita hari ini adalah belajar memasukkan jurnal ke Mendeley. Pada intinya, sebelum membuat sitasi dan daftar pustaka otomatis di Mendeley, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengistall Mendeley. Setelah terinstall dan login, saatnya untuk memasukkan jurnal PDF ke Mendeley.

Mendeley sebagai software reference manager memiliki sejumlah kelebihan sehingga menjadi pilihan terbaik bagi peneliti dalam menulis laporan karya ilmiah. 

Selain memiliki 2 versi, yaitu Mendeley desktop dan Mendeley web, Mendeley juga bersifat gratis dan bisa digunakan secara offline. Kelebihan lainnya dari Mendeley adalah dapat digunakan untuk menampilkan file PDF. 

Fungsi utama dari Mendeley adalah sebagai software reference manager untuk memudahkan manajemen sumber referensi dalam penelitian, sekaligus memudahkan membuat sitasi dan menulis daftar pustaka.

Cara Import/Memasukkan Jurnal ke Mendeley


Bagaimana cara import jurnal ke Mendeley?

Berikut ini cara import jurnal ke Mendeley dengan cepat dan mudah.

1. Download jurnal dan siapkan semua data referensi penelitian

Pertama download jurnal yang menjadi referensi dalam peneltian, baik itu jurnal untuk kajian pustaka maupun penelitian yang relevan. Sebaiknya awali penelitian dengan mengumpulkan semua data-data dan informasi tentang penelitian yang akan dilakukan dari paper, jurnal, buku dan lain-lain dalam bentuk format PDF.

Hal ini untuk memudahkan penelitian serta menyusun laporan penelitian, termasuk memudahkan dalam membuat sitasi dan juga daftar pustaka.

2. Letakkan semua file referensi yang telah didownload di dalam satu folder

Agar lebih mudah dalam memanajemen file referensi di Mendeley dan menyusun laporan, ada baiknya kamu membuat satu folder khusus. Misalnya untuk kajian pustaka Rancang Bangun, buatlah folder Kajian Pustaka Rancang Bangun dan letakkan semua file pdf yang akan dikutip ke dalam laporan di folder tersebut.

Hal ini akan sangat membantu kamu dalam menyusun laporan karena memudahkan kamu mencari jurnal yang tersimpan di komputer.

3. Import file ke Mendeley sesuai kebutuhan

Maksud saya, kamu tidak perlu memasukkan semua daftar referensi sekaligus ke dalam Mendeley. Hal ini untuk menghindari kesalahan karena tidak semua jurnal yang diupload ke Mendeley Details-nya (Author, judul, penerbit, dll) terdeteksi.

Import satu per satu kajian teori lebih memudahkan kamu dalam mengutip dan membuat daftar pustaka. Selain itu, cara ini juga bisa untuk menghindari daftar pustaka yang terlewat. 


Cara memasukkan data referensi ke Mendeley


Untuk langkah nomor 3 di atas, berikut ini tutorial memasukkan/import data referensi ke Mendeley.
  1. Download, login dan buka aplikasi Mendeley.
  2. Pada jendela Mendeley Desktop yang muncul, lihat panel sebelah kiri My Library. Buat folder khusus untuk project penelitian tersebut agar memudahkan kamu dalam memanajemen sumber data pustaka. 
  3. Drag dan drop file PDF ke aplikasi Mendeley secara langsung. Atau bisa juga klik File > Add > Add Files.
Cara import file pdf ke Mendeley
Cara import file pdf ke Mendeley

Cara Import/Memasukkan Jurnal ke Mendeley
Cara Import/Memasukkan Jurnal ke Mendeley

Hati-hati, tidak semua jurnal yang telah diimport bisa langsung di sitasi atau dibuatkan daftar pustaka. Untuk itu, jurnal yang telah diupload ke Mendeley harus dicek terlebih dahulu untuk memastikan apakah details jurnal sudah tepat atau tidak. 

Jika belum, silahkan klik 2 kali jurnal di Mendeley untuk menampilkan, kemudian sesuaikan Details jurnal tersebut dengan yang sesungguhnya. Seperti mengedit judul, author, tahun dan lain-lain.

Beberapa jurnal yang terdownload tidak memiliki informasi lengkap. Karena itu, tips untuk mengedit informasi jurnal di Mendeley adalah dengan mengecek judul penelitian tersebut di Google dan menyesuaikannya dengan di Mendeley.

Setelah data setiap jurnal telah tepat, maka silahkan buka Microsoft Word dan pada tab References, silahkan Insert Citation dan juga Bibliography. Secara otomatis, bibliography atau daftar pustaka akan mengikuti cara penulisan daftar pustaka sesuai gaya sitasi (citation style) di Mendeley.


Demikianlah cara import/memasukkan jurnal penelitian di Mendeley laptop. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.