Skip to main content

3 Manfaat ASI Ekslusif Bagi Bayi 0-6 Bulan

Manfaat ASI ekslusif bagi bayi 0-6 bulan tentu penting untuk diketahui oleh pasangan suami istri yang baru saja menikah. Hal ini karena Air Susu Ibu (ASI) memiliki sejumlah manfaat, baik untuk bayi maupun ibu yang menyusui yang sayang jika dilewatkan begitu saja. 

3 Manfaat ASI Ekslusif Bagi Bayi 0-6 Bulan
3 Manfaat ASI Ekslusif Bagi Bayi 0-6 Bulan

Bagi bayi yang baru lahir, ASI adalah sumber nutrisi yang dibutuhkan bayi 6 bulan pertama. ASI telah mencakup semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, baik secara fisik maupun otak. 

Dikutip dari website ASI FOR MORE (#KawalAwal 100%), Lembaga Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian ASI ekslusif hingga bayi berusia 6 bulan dan melanjutkan pemberian ASI hingga 2 tahun.

Menurut WHO, ASI merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Bukan hanya sebagai asupan nutrisi wajib untuk bayi, tapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan seumur hidup.

Manfaat ASI untuk Bayi 0-6 Bulan Pertama


Ingin tahu manfaat ASI untuk bayi yang lebih lengkap?

Simak penjelasan beberapa manfaat ASI untuk bayi berikut ini yang penting orang tua ketahui.

1. Memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi

Memberikan ASI untuk bayi 6 bulan pertama sangat penting. ASI telah memenuhi segala kebutuhan nutrisi bayi yang baru lahir hingga 6 bulan pertama. 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dikutip dari berbagai sumber, ASI meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga dapat mencegah terserang penyakit. Karenanya bayi yang mengomsumsi ASI ekslusif memiliki daya tahan tubuh yang kuat untuk melawan berbagai jenis risiko serangan penyakit dan virus. 

3. Membantu perkembangan dan tumbuh bayi

Manfaat ASI yang juga penting adalah membantu perkembangan otak dan fisik bayi. Hal ini tentu akan berdampak besar untuk masa depan anak selanjutnya. 

Manfaat ASI bagi Ibu Menyusui


Selain bagi bayi yang baru lahir, manfaat ASI juga dirasakan oleh ibu yang menyusui. Berikut ini beberapa manfaat ASI bagi ibu yang menyusui.

1. Menurunkan berat badan

Manfaat ASI bagi ibu yang menyusui dapat menurunkan berat badan berlebih selama kehamilan. Melalui proses menyusui akan membakar kalori dalam tubuh ibu sehingga bisa menurunkan berat badan.

2. Mengurangi risiko kanker

Manfaat ASI bagi ibu juga adalah dapat mengurangi risiko kanker payudara. Seperti dikutip dari website Kemenkes (https://promkes.kemkes.go.id/manfaat-asi-eksklusif-untuk-ibu-dan-bayi), salah satu pemicu penyakit kanker payudara pada ibu menyusui ialah kurangnya pemberian asi ekslusif untuk bayi mereka sendiri.

3. Membentuk ikatan emosional antara ibu dan anak

Manfaat ASI untuk ibu dan bayi yang tidak kalah penting adalah menyusui dapat membentuk ikatan emosional antara ibu dan anak. Hal ini tentu penting untuk tumbuh kembang anak selanjutnya, termasuk kecerdasan anak. 

Sebenarnya masih banyak manfaat ASI untuk ibu dan bayi. Namun tentu yang dijelaskan di atas sudah cukup untuk orang tua memutuskan bahwa ASI adalah yang terbaik untuk bayi. Jangan biarkan anak Anda kurang ASI dan jadikan ASI ekslusif sebagai pilihan terbaik untuk anak Anda.


Demikianlah beberapa manfaat ASI untuk ibu dan bayi 0-6 bulan. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.