Skip to main content

Biaya Pernikahan Toraja

Berapa sih biaya pernikahan orang Toraja? Banyak yang bilang, tergantung kesanggupan calon pengantin dan kesepakatan waktu lamaran. Namun sebenarnya, budget untuk mahar dan pesta pernikahan adat Toraja atau Rampanan Kapa' jauh lebih murah jika dibandingkan upacara Rambu Solo'. Hha.. hha... 

Biaya Pernikahan Toraja
Biaya Pernikahan Toraja

Untuk kamu yang ingin menikah dengan orang Toraja, pasti bertanya-tanya tentang biaya dan harga dekorasi pernikahan Toraja, sewa hotel atau gedung, baju pengantin modern seperti apa yang ingin kamu kenakan di hari berbahagia nantinya dan banyak pertanyaan lainnya.

Dan harus diakui, itu semua tidak lepas dari budget yang harus dipersiapkan. Karena itu, penentuan budget untuk biaya pernikahan memang salah satu tahapan pernikahan yang selalu menjadi pertimbangan bagi setiap pasangan.

Untuk kamu yang ingin menikah dan ingin nuansa pernikahan Toraja, berikut ini beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dari segi biaya.

1. Menggunakan jasa wedding organizer Toraja

Saat ini banyak jasa wedding organizer terbaik di Toraja dengan berbagai paket pernikahan adat Toraja yang menarik.

Dengan menggunakan jasa wedding organizer yang tepat, biaya pernikahan bisa jauh lebih murah karena bisa meminimalisir biaya tambahan tak terduga. 

Namun ada juga yang menggunakan jasa wedding organizer yang pada akhirnya kecewa. Bukan karena kekurangan dari WO, tapi karena kurangnya komunikasi sejak awal.

Untuk itu, pastikan untuk jalin komunikasi dengan baik dengan wedding organizer Anda sedini mungkin dan beritahukan setiap kebutuhan Anda. 

Pastikan untuk meminta wedding organizer memberikan rincian paket pernikahan adat Toraja yang Anda peroleh sesuai dengan budget dan kesepakatan.

Wedding organizer yang profesional tentu memiliki layanan service yang responsif untuk pelanggannya.


2. Sewa hotel, gedung atau di rumah aja?

Pertimbangan biaya pernikahan di rumah, gedung atau hotel juga tidak kalah penting. 

Jika menggelar resepsi di rumah, pasti banyak hal yang harus dipersiapkan. Termasuk panggung untuk dekorasi pernikahan dan juga biaya untuk catering.

Jika wedding venue di gedung atau hotel, umumnya dekorasi pernikahan akan lebih cepat dan biayanya lebih murah. Namun tentu biaya dekorasi di luar dari biaya sewa hotel atau gedung. 

Dan umumnya gedung atau hotel juga telah memiliki paket lengkap dengan catering untuk tamu undangan di resepsi pernikahan Anda sehingga tidak repot dan stress lagi mengurus untuk hal yang satu ini.

Jika tertarik menggelar resepsi di gedung, silahkan cek harga sewa gedung pernikahan di Toraja.

3. Biaya dekorasi Toraja modern

Pernikahan identik dengan dekorasi yang tentunya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Setiap pengantin memiliki keinginan desain dekorasi yang berbeda-beda.

Ada yang ingin dekorasi pernikahan mewah dan elegan. Ada juga yang menginginkan dekorasi pelaminan sederhana dan minimalis. Budget untuk dekorasi pernikahan ini sangat tergantung dengan seberapa meriah pesta ingin digelar.

Umumnya biaya dekorasi Toraja modern lebih murah jika digelar di hotel karena penyedia jasa dekorasi tidak perlu lagi membuat panggung. Berbeda jika resepsi pernikahan diadakan di rumah pengantin, maka biaya dekorasi bisa sedikit lebih mahal karena terdapat biaya pembuatan panggung pelaminan.

Selain itu, persiapan waktu untuk dekorasi di hotel atau gedung juga lebih cepat jika dibandingkan dekorasi di rumah pengantin. Namun pada akhirnya, semua tergantung kesepakatan pengantin dengan penyedia jasa dekorasi.

Berikut ini beberapa contoh dekorasi pernikahan Toraja modern yang bisa menjadi inspirasi untuk pernikahanmu.

4. Jasa salon pengantin dan sewa baju

Selain dekorasi pernikahan, calon pengantin dan keluarga tentu juga butuh salon untuk make up agar terlihat lebih memesona di hari yang berbahagia. 

Silahkan cari jasa salon terbaik di Toraja yang banyak direkomendasikan. Pertimbangan utama yang penting adalah hasil make up yang berkualitas dan harga yang kompetitif.

Beberapa salon juga telah menyediakan sewa baju pengantin Toraja sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari baju pengantin di tempat lain.

5. Biaya catering

Biaya pernikahan juga meliputi biaya catering saat persiapan pernikahan sampai resepsi. Besar biaya tergantung menu dan seberapa banyak tamu undangan yang hadir nantinya.

Pastikan menggunakan jasa catering yang tepat untuk menghandle urusan ini. Selain menggunakan jasa catering, kamu juga bisa mempersiapkan sendiri makanan dan minuman untuk santapan di hari pernikahan agar lebih menghemat biaya pernikahan. 

Tapi sebelumnya pastikan bahwa telah menetapkan panitia pernikahan yang tepat agar semua proses berjalan dengan lancar.

6. Biaya dokumentasi

Momen pernikahan harus diabadikan dengan harapan hanya terjadi sekali seumur hidup. Untuk itu, perlu juga diperhatikan biaya dokumentasi pernikahan, baik gambar atau video.

7. Biaya lain-lain

Dalam sebuah acara termasuk pesta pernikahan, tentu ada saja hal-hal yang di luar dari perhitungan. Salah satunya adalah biaya tak terduga.

Untuk itulah, perlu dipersiapkan biaya lain-lain di luar biaya yang telah diperhitungkan seperti biaya dekorasi, sewa hotel, catering, salon, baju pengantin, prosesi adat, biaya nikah di gereja dan lain-lain.

Jadi, biaya-biaya di atas adalah yang umumnya dipersiapkan saat ingin menikah. Namun besar biaya tergantung kesepakatan calon pengantin dan keluarga. Sebaiknya tidak perlu dipaksakan dan sesuaikan dengan budget yang tidak terlalu memberatkan.

Terakhir, pastikan memilih wedding organizer atau menetapkan panitia pernikahan dengan tepat agar biaya pernikahan bisa diperhitungkan dengan baik dan tidak melebihi dari anggaran yang telah dipersiapkan.

Untuk kamu yang tertarik menggunakan jasa wedding organizer, khususnya dekorasi pernikahan Toraja dan baju pengantin Toraja modern, maka kamu bisa melihat paket dekorasi Toraja Tomepare yang banyak direkomendasikan.

Itulah sedikti tentang biaya pernikahan Toraja. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.