--> Skip to main content

Tofan Ada Sura, Blogger Toraja Pemilik Meme Comic Toraya

Profil dan Biografi Tofan Ada Sura - Pernakah kamu bertanya siapa dibalik fanspage Meme Comic Toraya yang followersnya begitu aktif dan diikuti oleh lebih dari 330 ribu pengguna Facebook tersebut? 

Bagi mahasiswa STAKN Toraja, khususnya alumni 2018 dan sekitarnya, tentu nama Tofan Ada Sura sudah familiar. 

Tofan Ada Sura Bukan hanya dikenal sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri Toraja, tapi juga sebagai Blogger Toraja yang tulisannya banyak menginspirasi anak-anak Toraja milenial, baik di website Indonesiaterpercaya.net maupun di fanspage Meme Comic Toraya. 

Untuk kamu yang ingin mengenal Author di Meme Comic Toraya ini lebih dekat, berikut ini profil singkat dan juga kisahnya mengenal dunia blogging.

Profil Tofan Ada Sura


Tofan Ada Sura, Blogger Toraja Pemilik Meme Comic Toraja
Tofan Ada Sura, Blogger Toraja Pemilik Meme Comic Toraya


Prinsip hidup: Cogito Ergo Sum (Aku berfikir maka aku ada), namun berfikir saja tidak cukup, apa yang harus saya lakukan agar "Menjadi Ada". Jawabannya adalah berkarya (Aku berkarya maka aku ada). - Tofan Ada Sura

Tofan Ada Sura (Bung Tofan), lahir pada 11 Desember 1996, merupakan salah satu alumni STAKN Toraja tahun 2018 dengan nama lengkap Tofan Ada', S.Th.

Lulusan STAKN Toraja Jurusan Teologi Kristen ini adalah salah satu dari sedikit anak Toraja yang tertarik dengan dunia digital marketing. 

Pengalamannya dalam dunia internet marketing dimulai dari 2018 setelah lulus kuliah terinspirasi dari teman sekampusnya yang berhasil mendapatkan uang dari aktivitas blogging.

Blogger Toraja berusia 24 tahun ini dikenal sebagai pemilik dari website Indonesiaterpercaya.net dan juga fanspage Meme Comic Toraya, yang terkenal sebagai media berbagi inspirasi bagi milenial. 

Saat ini, alumni STAKN Toraja (sekarang IAKN Toraja) ini sedang fokus mengelola beberapa website.

Pengalaman Blogging, Konsistensi Ala Tofan Ada Sura


"Banyak jawaban tidak datang dengan sendirinya. Beberapa jawaban bahkan butuh lebih dari sekali bertanya." - Anaktoraja

Sama seperti blogger sukses lainnya, perjalanan Tofan Ada Sura dalam dunia blogging juga tidak selalu mulus. Butuh waktu sekitar 6 bulan untuk bisa menghasilkan dari blog. 

Ada banyak pertanyaan yang muncul saat awal terjun ke dunia blog. Namun konsistensi dan kesabaran membuktikan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terjawab satu per satu.

Dalam dunia blogging, rajin update artikel adalah bentuk dari konsistensi. Itulah konsistensi ala Tofan Ada Sura.

Tofan Ada Sura mengenal dunia blogging saat lulus kuliah pada tahun 2018. Motivasi ngeblog datang dari teman sekampus yang juga seorang blogger yang telah berhasil dalam dunia ngeblog.

"Kenal dunia blogging tahun 2018 waktu lulus kuliah. Awalnya cuma iseng, tapi pas tahu ada juga teman sekampus dulu main blog, orang Toraja juga, terus gajinya di atas 30 juta per bulan akhirnya termotivasi juga saya. Saya juga belajar dari orang itu tentang blog tapi sekarang sudah pensiun dia. Sekarang dia streamer game dan domain Indonesiaterpercaya sama hosting dari dia juga dulu." Ungkap Tofan, saat dihubungi oleh Anaktoraja.com.

Seperti diketahui, Indonesiaterpercaya.net adalah website zona informasi millenial Indonesia yang sering update artikel-artikel menginspirasi kehidupan.

Namun pemilik dari fanspage Meme Comic Toraya ini juga mengungkapkan tantangan sebagai blogger. 

Suka duka jadi blogger itu, sukanya bisa menghasilkan uang dari rumah dengan menulis artikel. Dan duka main blog adalah saat update algoritma Google maupun Facebook yang dapat mengakibatkan traffic bisa anjlok.

Saat disinggung tentang Indonesiaterpercaya.net yang berpeluang menjadi redaksi besar di Toraja, Bung Tofan hanya mengatakan banyak saingan media-media besar di Toraja. Selain itu, saat ini ia lebih enak tiduran di rumah sambil rilis artikel dari pada cari berita.

Selain fokus dalam dunia digital marketing dengan mengelola beberapa website dan fanspage Facebook, ada harapan besar Tofan Ada Sura untuk anak-anak Toraja sebagai generasi penerus. 

"Harapan ke depan yah semoga banyaklah anak-anak Toraja yang menulis sebagai blogger walaupun itu hanya sebatas hobi."


Itulah sedikit profil Tofan Ada Sura, Blogger Toraja pemilik Meme Comic Toraja dan Indonesiaterpercaya.net. Terima kasih telah berbagi :) .
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.