Skip to main content

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Terblokir Tanpa Ke Grapari

Apakah ada cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir tanpa ke Grapari? Jawabannya tentu ada, namun sangat tergantung dengan penyebab kartu Telkomsel diblokir.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Terblokir Tanpa Ke Grapari
Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Terblokir Tanpa Ke Grapari

Penyebab kartu Telkomsel diblokir menunjukkan seberapa serius masalah yang dihadapi, apakah kartu terblokir bisa diaktifkan kembali atau tidak. 

Untuk itu, pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang beberapa penyebab kartu Telkomsel terblokir dan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir tanpa ke Grapari.

Penyebab Kartu Telkomsel Terblokir


Berikut ini beberapa penyebab kartu Telkomsel terblokir.

1. Terblokir Atas Permintaan Sendiri

Nomor hp Telkomsel umumnya digunakan sebagai pemulihan akun Gmail, Facebook, dan lain sebagainya, termasuk terhubung dengan akun internet banking untuk transaksi online.

Jika hp kita hilang, maka keamanan akun-akun tersebut sangat berbahaya, terlebih keamanan transaksi dengan SMS Banking dan internet banking.

Untuk itulah, pemilik kartu akan meminta operator untuk memblokir kartu yang hilang tersebut. Untuk Telkomsel, bisa melalui panggilan ke 188 untuk berbicara dengan customer service.

2. Terblokir Karena Lupa PIN

Meskipun mengunci kartu sim sudah jarang dilakukan, namun ini juga menjadi salah satu penyebab kartu terblokir yang paling sering ditemui.

Seperti diketahui, jika mengunci kartu sim, maka jika salah memasukkan PIN 3 kali berturut-turut maka kartu sim akan otomatis diblokir.

Untuk penyebab kartu Telkomsel diblokir yang satu ini bisa diaktifkan kembali tanpa ke Grapari dengan memasukkan kode PUK. Kode PUK sendiri dapat ditemukan pada bungkus kartu SIM perdana.

Jika kemasan untuk melihat kode PUK sudah hilang, Anda bisa membuka kartu Telkomsel yang terblokir dengan menghubungi call center operator di 188.

Sedikit tips untuk kamu yang mengunci kartu SIM agar menghubungi 188 untuk mendapatkan informasi seputar kode PUK yang sangat berguna saat lupa PIN.

3. Terblokir Karena Tidak Registrasi

Kartu terblokir karena tidak registrasi juga sudah jarang ditemui sejak pemberlakuan aturan wajib registrasi ulang kartu prabayar untuk melawan penyalahgunaan layanan telekomunikasi untuk kriminalitas.

Seperti diketahui, saat ini setiap pembelian kartu prabayar Telkomsel perdana wajib registrasi dengan NIK dan No. Kartu Keluarga.

Namun jika kartu kamu terblokir karena tidak registrasi atau karena data registrasi tidak tepat, maka solusi terbaik adalah dengan melakukan registrasi ulang di *444# sesuai dengan data dukcapil (NIK dan No. Kartu Keluarga).

Selengkapnya tentang ara daftar ulang registrasi kartu sim semua operator bisa dilihat di website https://www.sepulsa.com.

4. Terblokir Karena Lupa Bayar Tagihan Kartu Halo

Karena terlena menggunakan kartu pascabayar hingga lupa bayar tagihan, sehingga kartu pascabayar diblokir oleh operator. Yeah, ini salah satu masalah yang sering dialami oleh pelanggan kartu pascabayar Halo.

5. Terblokir Karena Lupa Isi Pulsa

Untuk kartu prabayar Telkomsel, baik Kartu AS, Simpati atau Loop, lupa isi pulsa bisa menyebabkan kartu diblokir.

Seperti diketahui, setelah masa aktif kartu Telkomsel habis, maka kartu akan berada dalam masa tenggang dimana pelanggan diberi kesempatan dalam waktu 30 hari untuk segera mengisi ulang pulsa.

Jika dalam waktu masa tenggang tidak diisi pulsa, maka kartu akan terblokir sementara dalam waktu 15 hari. Kartu yang sudah lewat masa tenggang sudah tidak bisa diisi pulsa dan harus diaktifkan melalui Grapari.

Setelah masa tenggang + 15 hari toleransi, maka kartu Telkomsel akan terblokir total secara permanen. Tidak ada cara mengembalikan kartu sim yang terblokir permanen.

Untuk penjelasan lebih lengkap, silahkan lihat di cara mengatasi kartu Telkomsel terblokir setelah masa tenggang.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Terblokir Tanpa Ke Grapari


Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir karena salah PIN bisa diaktifkan tanpa ke Grapari dengan memasukkan kode PUK atau menelpon ke customer service Telkomsel di 188.

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir karena habis masa tenggang harus dilakukan di Grapari dalam waktu kurang dari 15 hari sejak diblokir. Namun nantinya, kartu prabayar tersebut akan menjadi kartu pascabayar.

Tidak ada cara mengaktifkan kartu yang terblokir total/permanen karena masa aktif habis akibat lupa isi pulsa. 

Terblokir total di sini artinya kartu Telkomsel sudah hangus atau mati karena membiarkan kartu dalam masa tenggang dan tidak segera ke Grapari setelah masa tenggang 15 hari.

Jadi, pastikan Anda tidak lupa isi pulsa agar masa aktif kartu Telkomsel Anda terus diperpanjang. Jika kartu dalam masa tenggang, segera isi pulsa. 

Jika setelah masa tenggang, maka kartu Telkomsel Anda hanya butuh 15 hari untuk hangus dan tidak bisa diaktifkan kembali. Segera ke Grapari jika kartu Anda diblokir karena lupa isi pulsa saat masa tenggang. 

Atau sebelum ke Grapari, ada baiknya Anda menghubungi customer service Telkomsel di 188 terlebih dahulu untuk memastikan masalah yang Anda hadapi terkait kartu terblokir.


Demikianlah penyebab kartu Telkomsel terblokir dan cara mengaktifkan kartu Telkomsel terblokir tanpa ke Grapari. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.