Skip to main content

Threat Adalah

Threat Adalah - Salah satu komponen dalam analisis SWOT yang sering diabaikan adalah ancaman (threats). Padahal, tidak sedikit perusahaan yang jatuh karena mengabaikan ancaman. Yups! Meskipun ancaman adalah hal yang belum pasti, tapi dampaknya sangatlah besar dan nyata bagi sebuah perusahaan dan pelaku bisnis.

Threat Adalah
Threat Adalah

Karena itu, dalam analisis SWOT, 4 faktor dasar, yaitu Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats benar-benar harus dapat didefinisikan dengan jelas. Karena ancaman adalah hal muncul kemudian yang jika tidak dapat segera diatasi dapat membahayakan jalannya bisnis.

Threats atau ancaman, meskipun sesuatu yang belum pasti muncul, tapi bisa diprediksi. Untuk itu, sebelum memutuskan memulai usaha, sangat disarankan untuk mengetahui ancaman-ancaman yang menjadi resiko di kemudian hari. 

Threat Adalah


Apa itu threat?

Threat adalah ancaman yang berasal dari luar (faktor eksternal) yang tidak dapat dikendalikan dan dapat membahayakan bisnis. Tingkatan sebuah ancaman tergantung resiko yang ditimbulkannya sehingga harus dianalisis lebih mendalam.

Ancaman adalah rintangan-rintangan utama bagi posisi sekarang atau yang diinginkan dari perusahaan yang sewaktu-waktu bisa muncul.

Kabar baiknya, banyak perusahaan yang bisa bertahan dan berkembang sampai hari ini karena mereka dapat mengatasi ancaman dengan baik. Perusahaan yang inovatif tidak hanya fokus pada strengths (kekuatan), kelemahan (weaknesses), dan kesempatan (opportunities), tapi juga threats (ancaman) yang bisa muncul sewaktu-waktu.

Ancaman (threats) tidak dapat dikendalikan karena berasal dari luar (eksternal). Threats bisa menjadi lebih berbahaya jika kita tidak tahu apa yang menjadi weakness (kelemahan) usaha kita. Yups, ancaman juga berasal dari weakness.

Karena itu, sangat penting untuk mengetahui weakness dan sebisa mungkin memiliki rencana untuk mengatasinya.

Untuk memudahkan kamu menganalisis threats (ancaman), bisa dengan menjawab pertanyaan berikut ini.
  1. Siapa saja kompetitor bisnis yang paling berpotensi menguasai pasar?
  2. Bagaimana loyalitas sumberdaya SDM yang perusahaan Anda miliki?
  3. Bagaimana perkembangan teknologi mengancam bisnis Anda?
  4. Apakah perubahan tren pasar bisa mengancam bisnis Anda?
  5. Bagaimana ketersediaan bahan baku untuk produksi?
Percayalah, perusahaan-perusahaan inovatif tidak hanya berfokus pada tren bisnis kekinian begitu saja. Tapi mereka punya strategi untuk menangani ancaman-ancaman yang mungkin muncul di kemudian hari.

Dalam bisnis yang berkaitan dengan dunia teknologi informasi, tentu memberi perhatian penuh pada faktor threats ini, khususnya dari segi kompetitor yang setiap hari berinovasi dan juga dari segi keamanan (security).

Karena itu, mulailah mendefinisikan ancaman-ancaman yang dapat mengganggu jalannya bisnis Anda berdasarkan tingkatan resiko yang mungkin ditimbulkannya. Miliki rencana yang jelas untuk menangani setiap ancaman tersebut.

Lihat juga strength adalah

Sekian dari kami penjelasan tentang "pengertian threat adalah" yang sangat penting dalam analisis SWOT agar perusahaan terus berinovasi dan sebisa mungkin memiliki rencana yang jelas untuk menghadapi setiap ancaman. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.