--> Skip to main content

Strength Adalah

Strength Adalah - Dalam metode analisis SWOT untuk perencanaan bisnis, strength adalah hal pertama yang harus diketahui. Arti dari SWOT sendiri adalah Strengths, Weakness, Opportunity, dan Threats, yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman.

Strength Adalah
Strength Adalah

Strengths (kekuatan) adalah faktor internal sama seperti weakness. Sementara opportunity dan threat adalah faktor eksternal. Mengetahui kekuatan adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk organisasi dan perusahaan.

Untuk itu, hari ini kita akan fokus membahas salah satu strategi analisis SWOT, yaitu strength (kekuatan).

Strength Adalah


Apa itu strength?

Strength adalah kekuatan atau kelebihan yang dimiliki oleh pelaku usaha, bisnis, atau perusahaan. Strength sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya kekuatan, tenaga, dan daya. 

Kekuatan atau strength berasal dari dalam (internal) diri Anda atau perusahaan Anda yang dapat dikendalikan. Strength sendiri harus didefinisikan dari awal saat melakukan analisis strategi sebelum memutuskan memulai usaha. 

Apa yang menjadi kekuatan kita? 

Definisikan dengan jelas apa yang menjadi kelebihan kita dibandingkan dengan pelaku usaha di bidang yang sama (baca kompetitor). Karena kekuatan tersebut akan dijadikan standar apakah kita mampu untuk bersaing atau tidak.

Mengapa kamu lebih baik?

Definisikan kekuatan yang menjadi nilai plus bahkan keunggulan dari usaha yang akan kamu jalankan jika dibandingkan dengan kompetitor. 

Beberapa hal yang bisa menjadi acuan kamu dalam mendefinisikan strength atau kekuatan.
  1. Apa saja sumberdaya yang dimiliki perusahaan?
  2. Seberapa solid tim perusahaan?
  3. Apa saja aset berharga perusahaan?
  4. Bagaimana keterampilan manajemen tim?
  5. Bagaimana kecepatan dan akurasi perusahaan dibandingkan kompetitor?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat menjadi dasar dalam mendefinisikan kekuatan untuk mengetahui seberapa kuat kita bersaing dalam sebuah bisnis.

Adapun manfaat dari mendefinisikan kekuatan (strength) adalah
  • Dengan kekuatan kita bisa memanfaatkan peluang.
  • Dengan kekuatan kita bisa mengatasi kelemahan.
  • Dengan kekuatan kita bisa menangani ancaman.

Siapa yang harus melakukan analisis SWOT?


Analisis SWOT bukan hanya untuk perusahaan dan pelaku usaha UMKM. Namun juga untuk pribadi dan perseorangan yang ingin memulai bisnis. 

Dalam dunia marketing, analisis SWOT sangat penting. Memulai sebuah bisnis dan usaha membutuhkan perencanaan yang matang dan strategi yang jelas sejak awal. Dan kekuatan adalah hal pertama yang harus didefinisikan. Mengenal kekuatan (strength) artinya memahami dengan baik kesanggupan kita sebelum memutuskan mengambil peluang (opportunity).

Lihat juga threat adalah

Demikianlah artikel yang berjudul 'pengertian Strength adalah' yang harus didefinisikan sejak awal saat melakukan analisis SWOT. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.