--> Skip to main content

Perbedaan Jaringan WAN dan Internet

Perbedaan Jaringan WAN dan Internet - Setelah kemarin kita membahas tentang pengertian dan perbedaan LAN, MAN, dan WAN, hari ini kita akan membahas lagi tentang WAN dan internet. Jika WAN (Wide Area Network) mencakup area wilayah yang luas seperti negara bahkan benua, apakah WAN termasuk internet?

Perbedaan Jaringan WAN dan Internet
Perbedaan Jaringan WAN dan Internet

Atau apakah internet termasuk WAN? Hari ini kita akan membahas hal tersebut, yaitu perbedaan jaringan WAN dan internet. Namun sebelumnya, ada baiknya kita mulai dari jenis-jenis jaringan komputer, yaitu LAN, MAN, dan WAN.

Jenis-jenis Jaringan komputer


Berikut ini jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan luas area cakupannya.
  1. LAN (Local Area Network), yaitu jaringan komputer lokal yang menghubungkan dua atau lebih komputer dalam satu area yang lebih kecil. Misalnya di suatu gedung di sekolah, warnet, perpustakaan, dan lain sebagainya.
  2. MAN (Metropolitan Area Network), yaitu jaringan komputer yang area cakupannya lebih luas dari LAN dan digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer di gedung-gedung yang luas seperti di kampus, instansi yang memiliki cabang di kota yang sama, dan lain sebagainya.
  3. WAN (Wide Area Network), yaitu jaringan komputer yang merupakan gabungan dari beberapa LAN dan MAN dengan skala wilayah yang lebih luas seperti antar negara dan benua.
Selengkapnya dalam jenis-jenis jaringan komputer

Pengertian WAN


Apa itu WAN?

WAN adalah kepanjangan dari Wide Area Network adalah jaringan komputer yang cakupan areanya jauh lebih luas dari LAN dan MAN. Berbeda dengan LAN, untuk membangun jaringan WAN memerlukan biaya yang sangat besar, seperti operator telekomunikasi yang bekerjasama dengan berbagai elemen dalam suatu negara.

WAN adalah jaringan telekomunikasi pribadi yang terdiri dari beberapa local area network (LAN) yang area cakupannya sangat luas secara geografis. Umumnya WAN digunakan oleh perusahaan untuk menghubungkan kantor pusat dan kantor cabangnya.

Pengertian Internet


Apa itu Internet?

Internet adalah singkatan dari interconnected networking merupakan kumpulan komputer yang saling terhubung dalam jaringan global dengan menggunakan standar TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol.)

Setiap perangkat yang terkoneksi dengan penyedia layanan internet atau ISP (internet service provider) dapat saling terhubung secara global, baik jaringan pribadi, publik, bisnis, dan akademik serta lainnya.

Berdasarkan data dari situs theguardiaan.com dalam what is the internet, sekitar 3,58 miliar orang, atau 48% dari populasi global, sudah online pada akhir 2017. Jumlahnya akan mencapai 3,8 miliar, atau 49,2%, pada akhir 2018, dengan separuh dunia sedang online pada Mei 2019.

Selengkapnya bisa lihat pengertian internet lengkap dengan dampak negatif dan positif internet.

Perbedaan Jaringan Internet dan WAN


Apakah internet termasuk WAN?

Internet bisa dikategorikan sebagai WAN karena sama-sama memiliki cakupan area yang luas, baik antar kota, negara, bahkan benua.

Apakah WAN termasuk internet?

Namun WAN belum tentu internet karena hanya menghubungkan antar jaringan lokal berdasarkan area wilayah.

Perbedaan paling mendasar antara WAN dan internet, yaitu WAN adalah salah satu jenis jaringan komputer berdasarkan cakupan area wilayah (area network) sama seperti LAN dan MAN. Sedangkan internet adalah jaringan komputer global yang menghubungkan komputer-komputer dari seluruh dunia yang terhubung ke dalam jaringan internet.

Kesimpulan Perbedaan WAN dan Internet


Gabungan dari beberapa LAN yang terhubung melalui router dalam lingkup wilayah yang luas disebut WAN. Dan gabungan dari beberapa WAN yang terhubung melalui router adalah internet.

Internet bisa dikategorikan sebagai WAN yang paling luas yang menghubungkan berbagai macam jaringan dan topologinya.

Internet mengacu pada sistem komunikasi global secara publik. Sedangkan WAN lebih mengacu ke jaringan komputer berdasarkan area network.

Persamaan WAN dan internet adalah sama-sama memiliki area cakupan yang luas.

Contoh WAN adalah internet, yaitu jaringan komputer yang mencakup wilayah global. Internet bisa dikategorikan sebagai WAN, namun WAN belum tentu internet karena hanya menghubungkan antar jaringan lokal dalam satu area wilayah. 


Demikianlah perbedaan jaringan WAN dan internet. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.