Skip to main content

Perbedaan Jaringan LAN, MAN, dan WAN

Perbedaan Jaringan LAN, MAN, dan WAN - Jaringan komputer adalah koneksi antara dua atau lebih komputer yang memungkinkan terjadinya transfer data. Berdasarkan area cakupannya, dikenal 3 jenis jaringan komputer, yaitu LAN, MAN dan WAN.

perbedaan jaringan LAN, MAN, dan WAN
Perbedaan Jaringan LAN, MAN, dan WAN

Tapi apa itu LAN, MAN dan WAN serta perbedaannya? Berikut ini akan dijelaskan secara singkat pengertian, persamaan, dan perbedaan LAN, MAN dan WAN. 

Pengertian Jaringan LAN, MAN dan WAN



1. Pengertian LAN


LAN adalah singkatan dari Local Area Network, yaitu dua atau lebih komputer yang saling terhubung dalam satu jaringan lokal. LAN diterapkan dalam ruang lingkup yang lebih kecil dari pada MAN dan WAN, seperti dalam satu ruangan, gedung atau kawasan yang lebih sempit.

Contoh LAN bisa ditemukan di sekolah, gedung di kampus, warnet, rumah sakit, perpustakaan, dan lain sebagainya.

Adapun perangkat jaringan LAN seperti Router, Switch, Hub, Bridge, Repeater, NIC, Kabel Ethernet, konektor RJ-45, dan lain-lain sebagainya. 

Selain menggunakan teknologi Ethernet, LAN juga populer diimplementasikan dengan teknologi nirkabel seperti Wi-Fi untuk hotspot yang dapat terkoneksi dengan smartphone dan laptop.

Beberapa kelebihan dari LAN adalah perangkat jaringan yang dibutuhkan relatif lebih murah dan memiliki kecepatan transfer data paling tinggi. Namun kekurangannya adalah penggunaan LAN terbatas dalam area yang lebih sempit hanya sekitar 5 - 10 km.

Keuntungan lainnya dari LAN adalah resiko kemacetan dalam transfer data lebih kecil karena memang mencakup area yang kecil.

Dalam dunia pendidikan komputer dan jaringan, Local Area Network adalah salah satu materi wajib yang harus dipahami, termasuk topologi jaringan yang harus digunakan pada sebuah instansi yang membutuhkan jaringan komputer.

Selengkapnya dalam jenis topologi jaringan.

2. Pengertian MAN


MAN adalah singkatan dari Metropolitan Area Network merupakan jenis jaringan komputer yang memiliki luas cakupan lebih besar dari LAN dan lebih kecil dari WAN. Bisa dikatakan, Metropolitan Area Network (MAN) adalah gabungan dari beberapa jaringan lokal LAN.

Sesuai dengan namanya, MAN biasanya digunakan oleh instansi atau perusahaan yang memiliki cabang dan masih dalam area wilayah kota yang sama ataupun tetangga kota dengan luas cakupan sekitar 10 - 50 km. Namun beberapa sumber juga menyebutkan area cakupan MAN sekitar 100 km.

Contoh MAN seperti pada perusahaan telepon penyedia saluran DSL. Selain itu, MAN juga diterapkan dalam jaringan bank untuk menghubungkan beberapa kantor cabang dalam suatu wilayah, baik kota yang sama maupun berbeda. 

Contoh MAN lainnya juga diterapkan di kampus untuk menghubungkan antar gedung dalam suatu universitas.

3. Pengertian WAN


WAN adalah singkatan dari Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang dapat mencakup wilayah geografis yang lebih luas seperti antar kota, provinsi dan negara, termasuk benua. 

WAN adalah kumpulan dari beberapa LAN yang terhubung melalui router dalam cakupan area yang lebih luas.

Adapun perangkat WAN (Wide Area Network) seperti Router, Switch, Modem, Multiflexer, dan Communication Server. Karena area cakupannya yang sangat luas, merancang dan memelihara jaringan WAN jauh lebih sulit dari pada LAN.

Selain itu, jaringan WAN juga lebih mahal dan membutuhkan kabel serat optic (fiber optic), kabel telepon, atau pun satelit sebagai media transmisinya.

Apakah internet termasuk WAN?

Contoh WAN adalah internet, yaitu jaringan komputer yang mencakup wilayah global. Internet bisa dikategorikan sebagai WAN, namun WAN belum tentu internet karena hanya menghubungkan antar jaringan lokal dalam satu wilayah. 

Selengkapnya dalam perbedaan internet dan MAN.

Perbedaan LAN, MAN dan WAN


Perbedaan LAN, MAN dan WAN secara umum terletak pada luas area wilayah cakupannya. Karena itu, baik jaringan LAN, MAN, maupun WAN diimplementasikan berdasarkan kebutuhan akan jaringan komputer.

Hal ini juga menyebabkan cara membangun jaringan serta perangkat yang digunakan dalam LAN, MAN, dan WAN juga ikut berbeda, termasuk biaya yang dibutuhkan. 

Singkatan LAN, MAN, dan WAN
  • LAN adalah singkatan dari Local Area Network.
  • MAN adalah singkatan dari Metropolitan Area Network.
  • WAN adalah singkatan dari Wide Area Network.
Luas area cakupan jaringan
  • LAN adalah jaringan komputer lokal yang memiliki area terkecil di antara MAN dan WAN. 
  • MAN adalah jaringan komputer yang areanya lebih luas dari LAN tapi lebih kecil dai WAN.
  • WAN adalah jaringan komputer yang memiliki luas cakupan lebih besar dari LAN dan MAN.
Media penghubung antar perangkat
  • LAN menggunakan kabel twisted pair atau kabel koaksial sebagai media penghubung perangkat.
  • MAN menggunakan kabel koaksial, serat optik (fiber optic) sebagai penghubung perangkat.
  • WAN menggunakan PSTN (Public Switched Telephone Networks) atau tautan satelit. 

Persamaan LAN, MAN dan WAN


Persamaan LAN, MAN, dan WAN adalah sama-sama jenis jaringan komputer yang dikategorikan berdasarkan area cakupannya (Area Network). Baik LAN, MAN, dan WAN masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu, penerapan LAN, MAN dan WAN didasarkan pada kebutuhan akan jaringan komputer.


Demikianlah perbedaan jaringan LAN, MAN dan WAN singkat tapi lengkap. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.