Skip to main content

Pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol)

Pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol) dan Cara Kerja VoIP - Apa itu VoIP? Bagi anak IT dan Jaringan Komputer, istilah VoIP tentu bukan hal yang asing lagi. Jangankan definisi VoIP, cara kerja VoIP, protokol, contoh, dan kelebihan dan kekurangan VoIP aja pasti kamu sudah tahu.

Pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol)
Pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol)

Namun bagi kamu yang belum tahu tentang VoIP, kamu bisa membaca tulisan tentang pengertian VoIP dan cara kerjanya singkat berikut ini untuk menambah wawasanmu. 

Pengertian VoIP?


Apa itu VoIP?

VoIP adalah singkatan dari Voice over Internet Protocol, yaitu sebuah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Sesuai dengan namanya, VoIP mengacu ke metode komunikasi suara memanfaatkan internet protocol untuk melakukan panggilan dan menerima panggilan telepon melalui internet.

Sederhananya VoIP adalah suara yang dikirim melalui internet protocol (IP). 

Istilah lain dari VoIP adalah IP Telephony, Internet Telephony, atau Digital Phone.

Dengan VoIP, biaya komunikasi jarak jauh menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan komunikasi melalui telepon biasa secara langsung melalui sirkuit analog. 

Dalam VoIP, suara yang diterima oleh perangkat akan diubah menjadi kode digital sehingga bisa dikirimkan melalui jaringan internet menuju ke perangkat penerima yang kemudian akan melakukan konversi data digital tersebut sinyal analog seperti semula.

Komputer, laptop atau smartphone adalah perangkat keras utama yang harus terhubung ke internet. Sementara media berupa software yang menjadi penghubung antar user berkomunikasi adalah aplikasi berbasis VoIP seperti Skype, WeChat, dll.

Menurut Nextiva dalam What is VoIP, Telephony telah mengandalkan saluran digital untuk melakukan panggilan telepon sejak akhir 1990-an seingga VoIP sebenarnya bukanlah hal yang baru. Voip adalah cara hemat biaya untuk menangani panggilan dalam jumlah yang tak terbatas sehingga oleh kebanyakan orang VoIP dianggap sebagai alternatif dari perusahaan telepon lokal.

Cara Kerja VoIP


Cara kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang diterima komputer menjadi paket data digital (konversi) agar dapat dikirim melalui jaringan internet ke alamat tujuan.

Paket data digital tersebut akan diteruskan ke perangkat jaringan seperti Hub/Router/ dan ADSL modem menggunakan internet protocol hingga sampai di tujuan (penerima). Setelah paket data digital tersebut berhasil diterima oleh alamat tujuan, maka akan dilakukan konversi lagi dari data digital menjadi data analog.

Sederhananya, cara kerja VoIP adalah mengubah sinyal analog menjadi data digital untuk ditransmisikan melalui jaringan internet kepada penerima yang mana data digital tersebut akan diubah kembali menjadi analog.

Singkatnya, cara kerja VoIP adalah konversi Analog to Digital to Analog lagi.

Awalnya VoIP termasuk jaringan tertutup untuk penggunaan internal. Namun dalam perkembangannya, VoIP dihubungkan dengan internet yang membuat koneksinya menjadi lebih luas. 

Bahkan saat ini, teknologi VoIP dengan gateway bisa berhubungan dengan PABX (Private Branch Exchange) atau jaringan analog telepon konvensional.

Fungsi VoIP


Fungsi VoIP adalah sebagai media komunikasi jarak jauh melalui jaringan internet. Dengan internet, biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah dibandingkan dengan telepon konvensional.

Komponen VoIP


Untuk membuat koneksi VoIP, kebutuhan perangkat meliputi HUB/Router, ADSL Modem, VoIP Phone Adaptor. 

Contoh VoIP paling mudah adalah dua buah komputer yang saling terhubung dengan internet yang dilengkapi dengan sound card untuk speaker dan mikrofon dan media komunikasi menggunakan software berbasis VoIP.


Protokol VoIP


Berikut ini contoh protokol jaringan yang digunakan untuk mengimplementasikan VoIP:
  1. H.323
  2. MGCP / Media Gateway Control Protocol
  3. SIP / Session Initation Protocol
  4. RTP / Real Time Transport Protocol
  5. SDP / Sessian Description Protocol
  6. IAX / Inter Asterisk eXchange

Contoh Aplikasi VoIP


Berikut ini beberapa contoh aplikasi berbasis VoIP.
  1. Skype, 
  2. WhatsApp, 
  3. WeChat, 
  4. Line
  5. Viber,
  6. Jitsi,
  7. Ekiga
  8. Microsoft NetMeeting.
  9. dan lain-lainnya

Kelebihan dan Kekurangan VoIP


Salah satu kelebihan yang menjadi keuntungan VoIP adalah menjadikan komunikasi jarak jauh menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan telepon konvensional, terlebih jika komunikasi jarak jauh yang terjadi antar negara. Selain itu, implementasi VoIP menggunakan koneksi internet yang sudah ada sehingga tidak diperlukan tambahan biaya yang lebih mahal.

Adapun kelemahan yang menjadi kekurangan VoIP adalah kualitas suara dipengaruhi oleh kecepatan koneksi internet. Karena itulah, kualitasnya tidak sejernih jaringan PSTN. Namun jika koneksi internet sudah stabil, maka VoIP tentu lebih unggul.


Demikianlah pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol) singkat. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.