Skip to main content

SWOT Diri Sendiri Mahasiswa Kreatif Untuk Kepanitiaan

SWOT Diri Sendiri Mahasiswa Kreatif Untuk Kepanitiaan - Bagi kamu yang tertarik dengan dunia UKM, khususnya mahasiswa yang pernah ikut PKM Kewirausahaan, baik di bidang kuliner, bidang teknik informatika, dan lain sebagainya, tentu tidak asing lagi dengan analisis SWOT.

SWOT Diri Sendiri Mahasiswa Kreatif Untuk Kepanitiaan
SWOT Diri Sendiri Mahasiswa Kreatif Untuk Kepanitiaan

Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap tentang analisis SWOT diri sendiri yang bisa menjadi sumber referensi tugas membuat makalah dan presentasi power point (PPT). 

Apa itu SWOT? 


SWOT adalah kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats, merupakan salah satu metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan, baik lingkungan eksternal maupun internal.

Dalam dunia bisnis dan usaha, analisis SWOT digunakan untuk menganalisis kompetitor.

Arti SWOT


Arti dan kepanjangan dari SWOT.

Siapa yang harus melakukan analisis SWOT?


Metode analisis ini tentu adalah hal yang wajib bagi perusahaan, terlebih bagi UKM yang baru akan merintis usahanya. Bukan hanya itu, SWOT juga bisa digunakan untuk analisa diri sendiri, baik sebagai mahasiswa maupun organisasi. Khusus untuk mahasiswa, ada baiknya untuk melakukan analisis SWOT terlebih dahulu jika ingin mengadakan suatu acara kepanitiaan agar acara bisa sukses.

Apa manfaat dari analisis SWOT?


Tujuan analisis SWOT adalah untuk mengenali aspek-aspek penting dari sebuah usaha, diri sendiri, organisasi dan lain sebagainya dari segi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

Manfaat SWOT bagi mahasiswa adalah untuk mengenali kemampuan sebagai mahasiswa agar bisa menyelesaikan studi dengan baik tepat pada waktunya. 

Adapun manfaat analisis SWOT untuk kepanitiaan adalah untuk menganalisis apa saja yang harus dilakukan, bagaimana konsepnya, berapa biayanya, dan lain sebagainya. Yang paling penting adalah mengenali kelemahan dan ancaman yang mungkin hadir saat acara berlangsung.

Dalam melakukan analisis SWOT, jangan sampai hal-hal urgen lewat dari analisa. Karena hasil analisis SWOT sangat penting untuk pengambilan keputusan.

SWOT Diri Sendiri Sebagai Mahasiswa


Apa itu SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa?

Bukan hanya perusahaan dan bisnis UKM yang harus melakukan analisis SWOT. Sebagai mahasiswa juga, sangat penting untuk melakukan analisis SWOT, untuk menganalisa diri sendiri.

Tujuan Analisis SWOT Diri Sendiri

  1. Untuk mengetahui seberapa kuat diri kita sendiri.
  2. Mengenali kelemahan diri sendiri dan menemukan solusi untuk mengatasi kelemahan tersebut.
  3. Melihat peluang yang bisa dimanfaatkan.
  4. Mengantisipasi potensi ancaman yang mungkin dihadapi.
Berikut ini contoh analisis SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa.

1. Strength (Kekuatan)
  1. Rajin belajar dan mengerjakan tugas kuliah.
  2. Unggul dalam tugas individu.
  3. Pantang menyerah, pekerja dan pelajar giat.
  4. Suka belajar hal-hal baru secara otodidak.
  5. Kemampuan analisa yang baik: situasi, kepribadian orang lain, dan lain-lain. 
  6. Memiliki manajemen waktu yang baik.
  7. Kuliah sambil bekerja (online).
2. Weakness (Kelemahan)
  1. Memiliki kepribadian yang pendiam.
  2. Kemampuan public speaking/ berbicara di depan umum yang kurang.
  3. Sulit beradaptasi.
  4. Memiliki sikap cuek, tidak peduli, dan egois.
  5. Kemampuan Bahasa Inggris masih kurang.
  6. Tidak memiliki kendaraan pribadi
  7. Tidak terlibat organisasi, baik di dalam kampus maupun di luar kampus.
  8. Sulit fokus pada prioritas.
  9. Lemah saat bekerja di bawah tekanan terutama terkait deadline waktu.
3. Opportunities (Peluang)
  1. Memiliki passion sesuai dengan jurusan kuliah dan kerja online.
  2. Berpengalaman kerja online.
  3. Menjunjung tinggi nilai kejujuran.
  4. Fleksible dan kreatif.
  5. Siap bekerja keras.
4. Threats (Ancaman)
  1. Semakin banyak tugas kuliah, kerjaan online bisa terhambat.
  2. Kompetitor dalam bisnis online yang semakin banyak membuat kewalahan, baik kerja online maupun kuliah.
  3. Dosen yang memberikan tugas tiba-tiba tidak sesuai jadwal.
  4. Terlalu fokus pada kerjaan online bisa membuat lambat wisuda.
Berdasarkan analisis SWOT diri sendiri sebagai mahasiswa di atas, saya harus fokus pada prioritas, antara tugas kuliah dan kerjaan online. Strategi terbaik yang harus diterapkan adalah tetap semangat, bekerja keras, dan pantang menyerah dengan melakukan manajemen waktu yang baik. Jika ada tugas kuliah, maka sebisa mungkin mengerjakannya terlebih dahulu agar bisa bekerja online tanpa tekanan. Karena tugas kuliah umumnya tidak ada injury time (tambahan waktu).

Selain analisa diri sendiri sebagai mahasiswa, kamu juga harus melakukan analisis SWOT untuk kepanitiaan saat organisasi kamu mengadakan sebuah kegiatan. Ini sangat penting agar acara berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang telah direncanakan.

Sangat penting bagi kamu untuk memanfaatkan peluang yang ada. Namun kita juga harus bisa memprediksi peluang serta memanfaatkannya. Selengkapnya adalah pengertian opportunities.

Tips Menyusun Strategi Analisis SWOT


Setelah analisis SWOT dilakukan, kita harus menetapkan strategi yang harus diambil. Analisis SWOT bisnis wirausaha adalah untuk mengetahui kekuatan kompetitor dan kelemahannya, serta menemukan solusi untuk menjadi yang terbaik lengkap dengan mengantisipasi ancaman yang dapat membahayakan proses bisnis yang berjalan. 

Berkaitan dengan bisnis UKM, faktor penting yang menjadi perhatian utama adalah strategi marketing yang meliputi harga dan kualitas produk serta pelayanan pelanggan. Inovasi di bidang kuliner seperti bisnis minuman dan makanan ringan saat ini masih bisa dipertimbangkan, namun harus disesuaikan dengan lokasi usaha.

Strategi SWOT diri sendiri adalah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan. Sebagai mahasiswa, penting untuk mengenali kekuatan kita dan mengembangkannya, serta mengenali kelemahan kita untuk mengubahnya menjadi peluang atau paling tidak, menemukan solusi untuk menghadapi kelemahan diri sendiri. Salah satunya dengan fokus menampilkan kekuatan atau keunggulan diri sendiri.

Adapun strategi mahasiswa yang ikut PKM Kewirausahaan adalah harus memaparkan ide kreatif dan inovatif yang meyakinkan agar proposal bisa diterima. Tips lolos PKM adalah jangan hanya menampilkan kekuatan, tapi yang paling penting adalah menampilkan kelemahan dan solusi mengatasinya.

Analisis SWOT diri sendiri untuk kepanitiaan dan strateginya adalah memahami dengan baik faktor ancaman yang mungkin muncul saat acara sedang berlangsung. Baik dari faktor internal berkaitan dengan panitia yang bertugas, maupun faktor eksternal yang bisa menghambat jalannya acara. Dalam hal ini, penting bagi organisasi atau panitia yang bertugas untuk melakukan analisis mendalam tentang manajemen resiko.

Jadi, sebelum mengadakan sebuah kegiatan dan kamu bertindak sebagai panitia, maka sangat disarankan agar kamu melakukan analisis SWOT untuk kepanitiaan secara mendalam sebelum menetapkan strategi terbaik.


Demikianlah sedikit tips-tips penting tentang SWOT diri sendiri mahasiswa kreatif untuk kepanitiaan. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.