Skip to main content

Penyebab TV Tidak Merespon Remote Dan Cara Memperbaiki Remot TV

Penyebab TV Tidak Merespon Remote Dan Cara Memperbaiki Remot TV - Salah satu masalah yang pasti pernah dialami oleh kamu yang suka menonton tv adalah tv tidak merespon remot. Pertanyaannya adalah, apakah tv rusak atau remot rusak?

Penyebab TV Tidak Merespon Remote Dan Cara Memperbaiki Remot TV
Penyebab TV Tidak Merespon Remote Dan Cara Memperbaiki Remot TV

Pada dasarnya, baik remot atau tv bisa menjadi penyebab dari masalah ini. Bisa saja remot tidak berfungsi, namun bisa juga tv tidak merespon remot karena masalah pada sensor tv atau komponen lainnya. Namun yang umum terjadi adalah remot tv rusak.

Namun apapun penyebabnya, menonton tv tanpa remot sangatlah merepotkan. Bayangkan jika hanya ingin berpindah channel tv atau mengatur volume saja kita harus maju ke depan tv untuk menekan tombol vol atau ch. 

Tanpa remot tv juga, kita tidak akan bisa memprogram tv seperti menambah channel tv. Memang ada tombol pada tv tapi itu sangatlah terbatas.

Untuk itu, hari ini kita akan membahas penyebab tv tidak merespon remote dan cara memperbaiki remot tv lengkap, termasuk remot tv universal Joker. 

Penyebab TV Tidak Merespon Remot Dan Cara Memperbaiki Remot TV


Berikut ini beberapa penyebab tv tidak merespon remot dan cara memperbaiki remot tv.

1. Baterai low atau habis


Hal pertama yang harus kita cek saat tv tidak merespon remot adalah baterai. Jangan sampai remot tidak berfungsi karena baterai low atau bahkan daya baterai sudah habis.

Untuk mengecek daya baterai memang membutuhkan alat. Karena itu, solusi terbaik adalah dengan menggunakan baterai perangkat lain seperti jam dinding, remot tv yang berfungsi, dan lain-lain, termasuk beli baterai remot tv baru untuk mengetes letak masalah tv tidak merespon remot.

2. Posisi baterai tidak benar


Meskipun terkesan sepeleh, namun baterai yang terbalik antara posisi positif dan negaitf mungkin saja terjadi. Karena itu, pastikan posisi baterai terpasang dengan tepat. 

Cara pemasangan baterai remot tv yang benar adalah kutub positif baterai (+) menonjol berpasangan dengan bagian datar pada remot. Sedangkan kutub negatif baterai (-) datar berpasangan dengan per pada remot tv.

3. Kerusakan pada tempat baterai


Tempat baterai pada remot tv juga sering mengalami kerusakan. Biasanya ini disebabkan ketidak hati-hatian saat melepas baterai yang menyebabkan per lepas. 

Selain itu, besi atau baterai bisa saja berkarat sehingga menghambat arus antara baterai dan remot. Hal ini sering terjadi seperti pada remot tv universal yang karena tutup baterai sering copot maka ditutup permanen dengan lem sehingga kondisi baterai tidak diperhatikan.

4. Sensor remot tv rusak


Jika sensor remot tv rusak, maka tentu saja remot tidak bisa terhubung ke tv. Cara mudah mengecek sensor remot tv adalah dengan menggunakan kamera hp android.

Pertama, aktifkan kamera pada ponsel android kemudian arahkan remot ke kamera. Tekan tombol pada remot, jika sensor berfungsi maka akan terdapat cahaya. Cahaya tersebut tidak bisa dilihat secara langsung kecuali melalui kamera hp.

Jika terdapat cahaya, maka sensor remot tv tidak rusak. Kemungkinan penyebab remot tv tidak berfungsi adalah daya baterai yang kurang sehingga remot tidak bisa mengirim sinyal sampai ke receiver tv. Cek juga jangan sampai ada penghalang antara sensor remot tv dengan receiver tv.

5. Beberapa tombol remot tv rusak


Satu lagi penyebab remot tidak berfungsi adalah karena beberapa tombolnya tidak berfungsi, atau yang lebih parahnya, sebagian besar tombol remot tv tidak berfungsi.

Untuk memastikan hal ini, tekan tombol-tombol pada remot tv satu per satu jangan sampai kita mengira bahwa remot tv rusak padahal hanya tombolnya yang rusak.

Cara memperbaiki remot tv tombol tidak berfungsi adalah dengan membersihkan remot dengan tisu secara hati-hati. Namun jika sebagian besar tombol remot tidak berfungsi sehingga tidak bisa memprogram tv, maka sebaiknya ganti remot tv dengan remot tv universal.

6. Kode remot tv universal salah


Remot tv universal adalah remot multi tv yang dapat digunakan di semua tv, entah itu tv Cina, Jepang, Eropa atau pun Indonesia. Namun untuk bisa menggunakan remot tv universal, kita harus setting terlebih dahulu. 

Nah, dalam proses setting remot tv universal, kita harus memasukkan kode remot tv untuk melakukan sinkronisasi. Tapi setiap merk tv memiliki kode remot tv yang berbeda. Ada yang sama, namun sebaiknya mencari kode remot tv berdasarkan merk tv agar lebih memudahkan proses setting remot.

Tapi tenang aja, karena remot tv universal juga bisa disetting otomatis tanpa memasukkan kode remot tv.

Selengkapnya lihat dalam kode remot tv Joker lengkap dan cara memasukkan kode remot tv Sharp, LG, Polytron, Sony, Panasonic, dan lain-lain.

Kesimpulan


Tv tidak merespon remot umumnya disebabkan remot tv bermasalah. Namun tidak menutup kemungkinan masalah ini juga disebabkan oleh tv meskipun sangat jarang terjadi.

Namun dari pada memperbaiki remot tv yang sulit untuk diperbaiki, maka solusi terbaik juga adalah membeli remot tv universal yang harganya sangat terjangkau mulai dari Rp20.000. Beberapa merk remot tv universal yang terkenal adalah Joker, Chunghop, dan Chunshin. 


Demikianlah penyebab tv tidak merespon remot dan cara memperbaiki remot tv tidak berfungsi. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.