Skip to main content

Frekuensi SCTV Terbaru Di Telkom 4 Update 2020

Frekuensi SCTV Terbaru Di Telkom 4 Update 2020 - Berapa frekuensi SCTV terbaru? Seperti yang telah dipaparkan dalam frekuensi Indosiar terbaru tentang berpindahnya siaran Emtek Group dari satelit Palapa D ke satelit Telkom 4, sehingga secara otomatis siaran SCTV juga ikut pindah dan berubah frekuensi.

Frekuensi SCTV Terbaru Di Telkom 4 Update 2020
Frekuensi SCTV Terbaru Di Telkom 4 Update 2020

Hilangnya channel tv SCTV tentu saja membuat mood menonton berkurang. Pasalnya banyak sekali program tv unggulan di SCTV (Surya Citra Televisi). Untuk itu, saat siaran SCTV hilang, tentu mengembalikannya adalah kewajiban bagi pecinta drama Indonesia yang segar. 

SCTV Pindah Satelit Palapa D ke Telkom 4 


SCTV adalah tv swasta kedua di Indonesia setelah RCTI yang setia menayangkan program-program tv berkualitas. Setelah satelit Palapa D dikabarkan akan berhenti beroperasi 1 Agustus 2020 dan satelit penggantinya Palapa N1 atau Nusantara Dua gagal mengorbit, maka siaran-siaran tv di Palapa D banyak yang berpindah ke satelit Telkom 4.

Satelit Telkom 4 meluncur pada 7 Agustus 2018 dan mengorbit di 108.0°E pada 17 Agustus 2018 merupakan satelit baru Indonesia yang diluncurkan untuk menggantikan Telkom 1 yang telah off. Adapun siaran-siaran dari Emtek Grup seperti Indosiar, SCTV, dan O-Channel mulai mengudara menggunakan satelit Telkom 4 pada 1 Juli 2020.

Untuk itu, jika sebelumnya tv kamu masih menggunakan satelit Palapa D, besar kemungkinan sinyal SCTV akan hilang. Untuk itu, segera lakukan scan otomatis atau tambah frekuensi terbaru SCTV.

Mengapa sinyal SCTV hilang?


Sinyal tv bisa hilang karena disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari faktor cuaca terutama pada parabola mini sampai pada gangguan dari provider. Salah satunya saat channel SCTV no sinyal karena berpindah dari satelit Palapa D ke satelit Telkom 4 yang secara otomatis juga membuat para pengguna tv untuk update frekuensi di satelit baru Merah Putih tersebut.

Bagaimana cara mengatasi sinyal SCTV yang hilang?


Untuk mengatasi sinyal SCTV yang hilang, kita bisa menggunakan Set Top Box (STB) rekomendasi atau digital receiver rekomendasi untuk menonton Pay TV seperti Nex Parabola, K-Vision dan Matrix Garuda. Dengan receiver rekomendasi ini, kita bisa menonton Pay TV tanpa perlu berlangganan untuk channel tv yang Free To View (FTV).

Selain itu, kita juga masih menyaksikan SCTV lewat parabola LNB C-Band secara Free To Air (FTA) di satelit Telkom 4. Tentu ini sangat menguntungkan bagi kamu pengguna receiver lama.

Yang kamu harus lakukan adalah tracing sinyal satelit Telkom 4 dengan memutar dish parabola. Setelah itu menambah channel tv di Telkom 4 dengan melakukan blind scanning untuk mode otomatis dan pencarian manual dengan scanning frekuensi tertentu.

Contohnya saja menggunakan frekuensi 4005 H 9000 untuk menambah channel tv SCTV di satelit Telkom 4.


Frekuensi SCTV Terbaru Di Telkom 4


Berapa frekuensi SCTV? Berikut ini update frekuensi SCTV terbaru di satelit Telkom 4.

1. Frekuensi SCTV Terbaru Mpeg2 

Frekuensi       4005
Polaritas         H (Horizontal)
Symbol Rate  9000
Tipe                Free To Air (FTA)
Kualitas          SD

2. Frekuensi SCTV Terbaru Mpeg4

Frekuensi         4121
Polaritas          H (Horizontal)
Symbol Rate   12250
Tipe                 Free To Air (FTA)
Kualitas          SD

3. Frekuensi SCTV Di K-Vision

Frekuensi         4060
Polaritas           V (Vertikal)
Symbol Rate    31000
Sistem               Mpeg 4
Tipe                  Free To View (FTV)
Kualitas           SD

4. Frekuensi SCTV Di Nex Parabola

Frekuensi       4180
Polaritas         V (Vertikal)
Symbol Rate  29800
Sistem             Mpeg 4
Tipe                 Free To View (FTV)
Kualitas          HD (High Definition)

5. Frekuensi SCTV Di Matrix Garuda

Frekuensi       4180
Polaritas         V (Vertikal)
Symbol Rate   29800
Sistem              Mpeg 4
Tipe                 Free To View (FTV)
Kualitas          HD (High Definition)

Catatan
  1. Frekuensi SCTV terbaru Mpeg2 dan Mpeg4 di nomor 1 dan 2 di atas adalah solusi untuk kamu yang masih menggunakan tv tabung dan juga receiver lama dan parabola LNB C-Band.. 
  2. Untuk kamu pengguna receiver rekomendasi, yakni K-Vision, Matrix Garuda, dan Nex Parabola, maka bisa menonton SCTV secara gratis Free To View (FTV).
  3. Gunakan Nex Parabola untuk kamu yang ingin menyaksikan kualitas gambar HD channel SCTV, terutama untuk tv LCD/LED.
  4. Untuk tv tabung, baik SD atau HD tidak terlalu berbeda kualitas gambarnya. Namun pada tv LCD/LED, kualitas gambar HD sangat direkomendasikan untuk mendapatkan kualitas gambar yang jernih.

Frekuensi SCTV Terbaru Update 2020


Kesimpulan

Kita bisa menyaksikan SCTV secara gratis Free To Air (FTA) menggunakan receiver lama dan parabola LNB C-Band di Telkom 4 dengan menggunakan frekuensi terbaru di Telkom 4. Untuk jalur Ku-Band, SCTV hanya dapat disaksikan dengan receiver rekomendasi.

1. Frekuensi SCTV Mpeg2
4005 H 9000
2. Frekuensi SCTV Mpeg4
4121 H 12250

Selain SCTV, frekuensi di atas juga merupakan frekuensi terbaru Indosiar dan O-Channel. Jika melakukan scan otomatis pada satelit Telkom 4, maka pasti channel-channel tersebut juga akan muncul sendiri.

Cara Menambah Channel TV Mudah Dan Cepat


Untuk apa frekuensi, polaritas, dan simbol rate di atas? 

Frekuensi, polaritas, dan simbol rate di atas adalah untuk menambah channel baru di tv. Untuk menambah channel tv di sebuah tv, pengaturannya hampir sama, hanya saja tampilan menu dan namanya saja mungkin berbeda. Misalnya setting frekuensi dan tambah siaran tv Sharp berbeda dengan tv Polytron, Sony, LG, Panasonic, dan lain sebagainya.

Namun kamu bisa melihat buku petunjuk sesuai merk tv yang kamu gunakan. Atau pun mengikuti panduan singkat menambah channel tv berikut ini.
  1. Tekan tombol Menu pada remot tv.
  2. Pilih Tambah Siaran.
  3. Pilih Satelit, untuk channel SCTV, maka saat ini satelit yang digunakan adalah Telkom 4.
  4. Isi Frekuensi, Polaritas, dan Simbol Rate sesuai dengan frekuensi SCTV terbaru di atas.
  5. Lakukan pencarian dengan tekan Ok pada Cari.
Setelah itu, jika memang satelit Telkom 4 sudah diterima di tv parabola, maka seharusnya channel-channel lainnya seperti Indosiar dan O-Channel juga akan muncul otomatis setelah proses penambahan channel di atas. Silahkan setting urutan channel agar mudah dikontrol saat menonton tv.

Selain channel Emtek Grup (Indosiar, SCTV, dan O-Channel), siaran lain yang juga berada di satelit Telkom 4 adalah dari Trans Corp (Trans TV, Trans 7, dan CNN). Jadi, jika siaran SCTV dan Indosiar bisa muncul, maka seharusnya channel seperti Trans TV dan Trans 7 juga akan muncul.

Namun jika parabola belum menangkap sinyal Satelit Telkom 4, maka harus dilakukan tracking dengan mengarahkan dish parabola secara tepat. Umumnya ini dilakukan oleh teknisi atau panduan teknisi agar tidak menghilangkan channel-channel tv lainnya yang masih normal.

Bagaimana mengatasi siaran tv SCTV teracak?


Siaran tv teracak sering ditemukan oleh pengguna tv parabola receiver lama. Salah satunya di SCTV dimana beberapa program tv teracak dan tidak bisa ditonton. Hal ini dikarenakan pembatasan hak siar oleh provider yang bersangkutan sebagai strategi bisnis.

Mari mulai dengan pertanyaan mengapa SCTV tidak ada gambar dan suara? 

Saat kamu sedang asyik-asyiknya begadang sampai jam 02.00 WIB hanya untuk menyaksikan UEFA Champions League dan tiba-tiba saja saat kick off layar tv sudah gelap. Tentu ini adalah pengalaman yang menyakitkan dan bikin sesak. Mau tidak mau harus streaming tv online untuk bisa menonton pertandingan.

Jika dulu siaran bola teracak cukup mudah dibuka dengan biss key, saat ini hal ini semakin sulit karena jenis enskripsi yang digunakan juga semakin aman. 

Untuk bisa menyaksikan program tv tersebut, tentunya kita bisa berlangganan Pay TV setiap bulannya atau pun menggunakan receiver rekomendasi untuk mendapatkan siaran Free To View (FTV). 

Untuk kamu yang memiliki program tv unggulan namun diacak, kamu bisa menggunakan receiver rekomendasi, baik untuk berlangganan channel premium atau pun mendapatkan siaran Free To View (FTV). Salah satu receiver rekomendasi yang banyak direkomendasikan saat ini adalah Nex Parabola.

Sedikit informasi, ada 3 tipe siaran tv, yaitu Pay TV berlangganan, Pay TV Free To View yang bisa gratis jika menggunakan receiver rekomendasi, dan siaran Free To Air yang gratis untuk semua tv satelit walaupun menggunakan parabola lama dan receiver lama. 


Demikianlah frekuensi SCTV terbaru di Telkom 4 update 2020. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.