Skip to main content

Frekuensi RCTI Terbaru Di Telkom 4 Update 2020

Frekuensi RCTI Terbaru Di Telkom 4 Update 2020 - Sinyal RCTI hilang tentu menjadi masalah besar bagi fans setia Doraemon. Dan tentu saja bagi kamu penggemar setia program-program tv berkualitas lainnya dari RCTI. Ada beberapa penyebab sinyal RCTI hilang, salah satunya karena perubahan frekuensi channel tv sehingga muncul pertanyaan: berapa frekuensi terbaru RCTI?

Frekuensi RCTI Terbaru Di Telkom 4 Update 2020
Frekuensi RCTI Terbaru Di Telkom 4 Update 2020

Namun ternyata bukan hanya frekuensi RCTI yang berubah. Tapi juga frekuensi MNC TV, Global TV (GTV), dan iNews TV yang semuanya adalah channel dari MNC Media Grup juga ikut berubah. Sayangnya saat ini siaran RCTI, MNC TV, dan Global TV berubah menjadi Pay TV yang hanya tersedia dalam siaran Free To View atau tv berlangganan sehingga tidak bisa disaksikan menggunakan tv parabola receiver biasa.

Channel TV RCTI Hilang


RCTI adalah singkatan dari Rajawali Citra Televisi Indonesia, termasuk salah satu stasiun tv tertua di Indonesia dan menjadi stasiun televisi swasta pertama di Indonesia yang mengudara pada 24 Agustus 1989.

Sejak Mei 2019, siaran dari MNC Media Grup berubah menjadi Pay TV, yakni MNC TV, RCTI, dan Global TV. Sementara iNews TV masih bisa disaksikan secara Free To Air (FTA). Karena itulah, channel tv RCTI hilang pada tv parabola receiver biasa, termasuk MNC TV dan Global TV juga hilang. 

Untuk dapat menyaksikan siaran RCTI kembali, kita harus menggunakan receiver rekomendasi Pay TV seperti K-Vision, Nex Parabola, MNC Vision, dan Nusantara HD. Tentu harga receiver ini juga sedikit lebih mahal dari receiver biasa. 

Tentu perubahan dari siaran free to air menjadi free to view dan berlangganan ini adalah untuk tujuan bisnis perusahaan. Yaa, meskipun bagi sebagian orang MNC dianggap "pelit", tapi itu semua tergantung dari kita yang memandangnya.

Selain itu, saat ini frekuensi RCTI, MNC TV, dan Global TV juga telah berpindah dari satelit Palapa D ke satelit Telkom 4. Untuk itu, bagi kamu yang mencari update frekuensi RCTI terbaru, silahkan cari di Telkom 4.

Frekuensi RCTI Terbaru Di Telkom 4 Update 2020


Berikut ini daftar frekuensi terbaru RCTI paling lengkap di satelit Telkom 4 update November 2020.

1. Frekuensi RCTI Mpeg2

Seperti diketahui, untuk meningkatkan tampilan gambar lebih berkualitas, siaran RCTI mengubah kualitas jaringan mereka menjadi Mpeg 4 dan tidak ada lagi tersedia untuk sistem Mpeg2, baik di jalur C-Band maupun jalur Ku-Band.

2. Frekuensi RCTI Mpeg4

Satelit Telkom 4
Frekuensi 4034
Polaritas H (Horizontal)
Symbol Rate 16600

3. Frekuensi RCTI Di K-Vision Mpeg HD

Satelit Telkom 4
Frekuensi 3860
Polaritas V (Vertikal)
Symbol Rate 31000
Kualitas Mpeg4 HD

4. Frekuensi RCTI Di K-Vision

Satelit Telkom 4
Frekuensi 4060
Polaritas V (Vertikal)
Symbol Rate 31000
Kualitas Mpeg 4

5. Frekuensi RCTI Di Nusantara HD

Frekuensi 3934
Polaritas V (Vertikal)
Symbol Rate 10000
Kualitas Mpeg 4

6. Frekuensi RCTI Di Nex Parabola

Frekuensi 4180
Polaritas V (Vertikal)
Symbol Rate 29800
Kualitas Mpeg 4

7. Frekuensi RCTI Di Telkom 3s Transvision

Satelit Telkom 3s
Frekuensi 12560
Polaritas H (Horizontal)
Symbol Rate 10000
Kualitas Mpeg 4

Selain satelit Telkom 4, kamu juga bisa menemukan frekuensi RCTI di satelit lainnya seperti Telkom 3s (12560 H 10000), Ses 7, Ses 9, dan Measat 3a.


Cara Tambah Siaran TV Terbaru


Untuk kamu yang tertarik dengan dunia elektronik, khususnya memprogram tv, kamu bisa mulai dari cara tambah channel tv di receiver parabola. Meskipun setiap receiver memiliki tampilan pengaturan yang berbeda, namun pada dasarnya cara setting-nya tidak terlalu jauh berbeda. 

Untuk itu, kamu bisa melihat panduan menambah channel tv berikut ini untuk semua merk receiver/tv.
  1. Siapkan frekuensi terbaru RCTI di Telkom 4 4034 H 16600.
  2. Nyalakan receiver tv parabola Anda.
  3. Arahkan remot tv pada receiver.
  4. Tekan tombol Menu.
  5. Pilih Pengaturan Program.
  6. Pilih Tambah Siaran.
  7. Pilih Satelit Telkom 4.
  8. Masukkan frekuensi RCTI 4034.
  9. Masukkan polaritas H (Horizontal).
  10. Masukkan symbol rate 16600.
  11. Terakhir, lakukan pencarian channel tv. 
Selain memasukkan frekuensi tv secara manual, kita bisa juga mencari siaran RCTI dengan melakukan blind scan di satelit Telkom 4. Nantinya semua channel tv di satelit Telkom 4 yang memiliki sinyal akan muncul.

Namun blind scan ini hanya bisa dilakukan jika tv parabola telah mendapat sinyal dari satelit Telkom 4 Merah Putih. Ciri mudahnya adalah jika sudah terdapat channel dari satelit Telkom 4. Jika belum, maka kita harus melakukan tracking satelit terlebih dahulu dengan memutar dish parabola.

Jadi kesimpulan untuk artikel ini adalah frekuensi terbaru RCTI di satelit Telkom 4. Namun untuk bisa menonton siaran RCTI, kita harus menggunakan receiver rekomendasi seperti K-Vision, MNC Vision, Nusantara HD, Transvision, dan lain sebagainya. 

Selain siaran RCTI, siaran lainnya dari MNC Media Grup lainnya seperti MNC TV dan Global TV (GTV) juga telah berubah dari free to air gratis menjadi free to view dengan receiver rekomendasi atau berlangganan bulanan. Kecuali untuk channel tv iNews TV, kita masih bisa menyaksikan siarannya secara free to air.

Untuk kamu yang mencari siaran free to air dengan tayangan berkualitas, kamu bisa menambah channel tv Trans TV, Trans 7, SCTV, Indonesia, dan lain-lain. Selengkapnya lihat dalam frekuensi Trans TV terbaru di satelit Telkom 4 Merah Putih.

Demikianlah frekuensi RCTI terbaru di Telkom 4 update 2020. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.