Skip to main content

Frekuensi Indosiar Terbaru Di Telkom 4 (Update November 2020)

Frekuensi Indosiar Terbaru Di Telkom 4 (Update November 2020) - Berapa frekuensi Indosiar terbaru? Bagi kamu pengguna tv parabola dan penonton setia channel dari Emtek Grup: Indosiar, SCTV, dan O-Channel, pasti merasa kebingungan karena channel tv tiba-tiba hilang di televisi kamu atau pun sinyalnya melemah. Hal ini dikarenakan adanya perpindahan channel Indosiar dari satelit Palada D ke satelit Telkom 4.

Frekuensi Indosiar Terbaru Di Telkom 4 (Update November 2020)
Frekuensi Indosiar Terbaru Di Telkom 4 (Update November 2020)

Seperti diketahui, channel tv Indosiar dan SCTV awalnya menggunakan satelit Palapa D yang mana masa operasinya akan berakhir pada Juli 2020. Sebagai ganti satelit Palapa D, satelit baru diluncurkan pada 9 April 2020. Namun sayang, satelit pengganti Palapa D yang dikenal dengan nama satelit Palapa N1 atau Nusantara 2 tersebut gagal mengorbit.

Agar channel tv tetap mengudara, beberapa provider penyedia siaran tv beralih dari Palapa D ke Telkom 4, termasuk channel Indosiar dan SCTV serta O-Channel dari Emtek Grup yang pada 1 Juli 2020 mengudara di satelit Telkom 4 (Merah Putih). Dan hampir semua channel tv Indonesia saat ini berada di satelit Telkom 4 seperti Trans TV, Trans 7, CNN, dan lain-lain.

Untuk itu, jika channel tv tiba-tiba hilang di tv kamu, mungkin saja karena terjadi perpindahan satelit sehingga secara otomatis frekuensi tv juga berubah. Karena itu, terus update frekuensi tv terbaru.

Frekuensi Indosiar Terbaru Satelit Telkom 4


Setelah Telkom 1 offline, banyak channel tv berpindah Telkom 3s untuk sementara waktu. Nah, saya sendiri menonton tv saat Indosiar telah berada di satelit Palapa D. Namun hanya beberapa tahun, frekuensi Indosiar berubah lagi karena juga telah berpindah ke satelit Telkom 4. 

Untuk dapat menyaksikan channel Indosiar terbaru, kita harus mengupdate frekuensi Indosiar yang sebelumnya berada di satelit Palapa D ke Telkom 4.

Berikut ini frekuensi Indosiar terbaru di satelit Telkom 4 untuk tv parabola.

1. Frekuensi Indosiar Mpeg2


Frekuensi           4005
Polaritas             H
Symbol Rate       9000
Status                  free to air (FTA)
Kualitas              SD

Keterangan: 
  1. Pada tv tabung, kualitas SD sudah cukup. Namun untuk tv LCD/LED, kualitas HD dibutuhkan agar gambar lebih jernih.
  2. Free To Air (FTA) adalah siaran channel tv yang gratis dan dapat ditayangkan di semua tv parabola dan digital receiver.

2. Frekuensi Indosiar Mpeg4


Frekuensi         4121
Polaritas          H
Symbol Rate   12250
Status               free to air (FTA)
Kualitas           SD

3. Frekuensi Indosiar Terbaru Nex Parabola Mpeg4


Frekuensi         4180
Polaritas           V
Symbol Rate    29800
Kualitas HD    1080
Status               free to view (FTV)

Keterangan:
  • Free To View (FTV) adalah channel tv gratis untuk pengguna tertentu. Dalam hal ini siaran FTV hanya bisa disaksikan oleh pengguna tv berlangganan yang menggunakan receiver khusus atau biasa disebut receiver rekomendasi. Namun siaran free to view berbeda dengan channel tv berlangganan dimana kita harus membayar untuk dapat menyaksikan siaran.

4. Frekuensi Indosiar K-Vision


Frekuensi       4060
Polaritas         V
Symbol Rate  31000
Kualitas         SD
Status             free to view (FTV)

5. Frekuensi Indosiar Matrix Garuda Mpeg4


Frekuensi         4180
Polaritas           V
Symbol Rate    29800
Kualitas           HD 1080
Status               free to view (FTV)

Jika kamu menggunakan receiver di luar receiver rekomendasi, maka kamu bisa menggunakan frekuensi Indosiar terbaru sesuai dengan nomor 1 dan 2.

Lihat juga kode remot tv Faws

Cara Menambah Channel TV


Setiap receiver memiliki tampilan menu pengaturan yang berbeda. Karena itu, mudah bagi kamu mengikuti panduan di bawah ini untuk menambah channel tv Indosiar di tv kamu.
  1. Tekan tombol Menu pada remote tv.
  2. Masuk ke Pengaturan Program.
  3. Pilih Tambah Saluran.
  4. Tentukan satelit tempat channel berada. Dalam hal ini, pilih Telkom 4.
  5. Tambahkan TP dengan memasukkan frekuensi, simbol rate, dan polaritas Indosiar.
  6. Lakukan scan atau pencarian untuk menambah channel tv.
Catatan, mode pencarian bebas akan melakukan  pencarian secara acak.

Bagaimana jika satelit Telkom 4 tidak ada?


Jika satelit Telkom 4 belum ada, artinya parabola belum menerima sinyal dari satelit. Untuk itu, diperlukan tracking untuk memperoleh sinyal dari satelit. Agar lebih mudah, pastikan parabola kamu menggunakan 2 LNB. 

Namun tracking ini cukup sulit dan sebaiknya dipandu oleh teknisi yang telah berpengalaman karena harus menggerakkan posisi parabola besar. Jika salah dalam melakukan tracking, maka bisa saja satelit lainnya akan hilang atau lebih parah semua channel hilang sinyal.

Sebelum itu, pastikan kamu juga sudah tahu cara instalasi satelit di pengaturan tv dan melakukan tracking untuk mengatur parabola sampai mendapat sinyal yang bagus untuk dilock.

Jika parabola sudah mendapatkan sinyal dari satelit Telkom 4, lakukan blind scan pada satelit ini. Setelah proses scanning, seluruh channel tv dari Telkom 4 muncul.


Channel Indosiar di satelit apa?


Setelah berpindah dari satelit Palapa D, saat ini channel Indosiar berada di satelit Telkom 4. Selain itu, channel Indosiar juga bisa disaksikan dengan menggunakan satelit Ses9 dan Measat 3a. Namun untuk siaran free to air, hanya bisa disaksikan di satelit Telkom 4. Untuk mendapatkan kualitas siaran HD terlebih untuk tv LCD/LED, kamu bisa menggunakan receiver rekomendasi Nex Parabola, Matrix Garuda, dan K-Vision.

Bagaimana mengatasi sinyal Indosiar hilang?


Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, yaitu menambah channel Indosiar berdasarkan frekuensi terbaru dari Telkom 4, seharusnya channel Indosiar akan muncul kembali. Jika tidak terdapat satelit Telkom 4, lakukan tracking sinyal dengan mengatur posisi parabola.

Jika channel Indosiar berhasil ditambahkan dan sinyalnya sudah bagus, maka kita pasti bisa menambahkan channel lainnya yang hilang seperti SCTV, O-Channel, Trans TV, Trans 7, ANTV, dan lain-lainnya.

Frekuensi Terbaru Indosiar November 2020


Mohon maaf jika ada penjelasan yang kurang tepat, intinya, berikut ini frekuensi Indosiar terbaru Mpeg2 dan Mpeg4.

Frekuensi            4005
Polaritas             H
Symbol Rate       9000

Atau

Frekuensi         4121
Polaritas          H
Symbol Rate   12250

Untuk kamu yang kesulitan menambah channel tv karena remot tv tidak berfungsi, kamu bisa membeli remot tv universal mulai harga Rp20.000. Namun untuk dapat menggunakan remot tv universal, kamu harus setting remot tv terlebih dahulu menggunakan kode remot Joker.

Demikianlah frekuensi Indosiar terbaru di satelit Telkom 4 update November 2020. Kami akan berusaha update jika sewaktu-waktu frekuensi channel tv berubah lagi. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.