Skip to main content

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Suara Tapi Ada Gambar

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Suara Tapi Ada Gambar - Menonton tv tanpa gambar sama anehnya dengan menonton tv tanpa suara. TV tidak ada suara sama saja seperti mendengarkan radio. Nah, bagaimana cara mengembalikan suara tv yang hilang?

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Suara Tapi Ada Gambar
Cara Mengatasi TV Tidak Ada Suara Tapi Ada Gambar

Hal mendasar yang harus kita ketahui adalah penyebab tv tidak ada suara. Hasil akhirnya, apakah kita hanya mengubah pengaturan suara atau memperbaiki komponen yang rusak, tergantung penyebabnya. Meskipun tv tidak ada suara erat kaitannya dengan speaker tv, namun bukan berarti tv tidak ada suara rusak speaker-nya.

Cara Mengatasi TV Tidak Ada Suara Tapi Ada Gambar


Berikut ini cara mengatasi tv tidak ada suara tapi ada gambar lengkap dengan penyebabnya.

1. Atur Volume Suara

Sebelum melakukan analisa mendalam terkait tv tidak ada suara, kita sebaiknya mengatur volume suara tv terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bahwa volume suara pada tv bisa diatur menggunakan tombol pada panel tv atau remote tv.

Untuk tv parabola, maka pengaturan volume di tv dan digital receiver berbeda. Jika volume di tv kecil yang diatur menggunakan tombol pada panel tv, maka meskipun pengaturan volume di digital receiver penuh, maka suaranya juga tidak akan keras.

Begitu pula sebaliknya, jika volume di tv besar, sedangkan volume di digital receiver yang diatur menggunakan remote tv, maka suara tv juga akan hilang.

Karena itu, cara mengatasi tv tidak ada suara paling pertama adalah melakukan penambahan volume tv dengan menggunakan tombol Volume Up (+) di panel tv dan remote tv.

Selain itu, jika suara tv tidak ada, maka cek juga dilayar tv apakah ada icon Mute. Hal ini bisa disebabkan karena menekan tombol Mute pada remot tv. Untuk mengembalikan suara yang hilang karena ini, tekan kembali tombol Mute.

Terus kenapa SCTV tidak ada suaranya sementara Metro TV? Coba berpindah channel sekali lagi. Jika masih belum ada suara, maka penyebabnya bisa berasal dari pusat siaran.

2. Pengaturan Sound Output

Sound output pada tv tentunya saja speaker. Namun terdapat dua jenis speaker, yaitu speaker internal dan eksternal. Speaker internal pada tv, khususnya tv tabung umumnya terletak di disamping kiri dan kanan layar tv. 

Jika menggunakan speaker eksternal, maka pastikan pengaturan sound output telah tepat. 

Berikut ini cara mengatur sound output tv.
  1. Tekan tombol Menu pada remot tv.
  2. Pilih Sound.
  3. Pilih Audio Out: Speaker TV atau Speaker External.
Baik pada tv tabung atau LED, tv tidak ada suara adalah hal yang sangat mungkin terjadi. Baik tv Sharp, Panasonic, Samsung, Polytron, Akari, dan lain-lain. Adapun tampilan menu Settings pada tv juga berbeda tapi kurang lebih caranya sama.



3. Cek Input TV

Pada tv terdapat beberapa input tv, ada yang untuk gambar dan ada yang untuk suara. Jika tv tidak ada suara, maka perhatikan input tv menggunakan jack RCA merah dan putih baik pada tv maupun pada digital receiver untuk tv parabola.

Silahkan sentuh jack RCA audio dan coba cari posisi yang tepat. Atau perhatikan jangan sampai jack tertukar sehingga tv tidak ada suara. Perhatikan apakah jack RCA longgar atau berkarat yang menjadi kemungkinan tv tidak ada suara tapi ada gambar.

4. Cek Speaker TV

Speaker adalah sound output pada tv. Salah satu penyebab tv tidak ada suara adalah karena speaker rusak atau mati. Nah, pada tv tabung, umumnya terdapat dua buah speaker yang masing-masing terletak di sisi sebelah kanan dan kiri tv tabung.

Cek setiap speaker apakah masih ada yang berfungsi ada kedua-duanya telah rusak. Selain mendengarkan secara langsung, kita juga bisa mengetes speaker menggunakan multitester.

Jika penyebab tv tidak ada suara karena speaker mati, maka kita bisa memperbaikinya  dengan cara mengganti speaker tv dengan spesifikasi yang sama. Atau bisa juga menggunakan speaker eksternal.

5. Cek IC Audio

Kalau setelah mencoba cara di atas dan tv masih belum ada suara, maka saatnya untuk melepas casing tv dan mengecek komponen yang berhubungan dengan audio. Namun ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi berpengalaman yang telah terbiasa service tv.

Cek IC Audio tv, mungkin saja ada kaki-kaki IC Audio yang lepas atau solderannya telah retak. Terlebih pada tv yang sudah cukup berumur, solderan retak pada komponen tv sangat mungkin terjadi yang membuat aliran tegangan menjadi terganggu. 

Lakukan juga pengecekan tegangan terhadap komponen-komponen yang berkaitan dengan audio tv.


Demikianlah penyebab dan cara mengatasi tv tidak ada suara tapi ada gambar. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.