Skip to main content

Perbedaan Organisasi Dan Komunitas (Pengertian Dan Manfaat)

Perbedaan Organisasi Dan Komunitas (Pengertian Dan Manfaat) - Dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial, tentu kita tidak lepas dari organisasi sosial di tengah-tengah masyarakat. Organisasi adalah suatu kelompok orang yang tergabung dalam suatu wadah untuk tujuan bersama (tujuan organisasi). Selain kata organisasi, kita juga mengenal kata komunitas. Apa itu organisasi dan komunitas?

Perbedaan Organisasi Dan Komunitas
Perbedaan Organisasi Dan Komunitas

Meskipun memiliki persamaan yakni kelompok atau perkumpulan, komunitas dan organisasi memiliki arti yang berbeda. Selain arti kata organisasi dan komunitas yang berbeda, tujuan didirikannya suatu komunitas atau organisasi juga berbeda.

Bagi kamu yang mencari informasi tentang pengertian kata organisasi dan komunitas serta contohnya, kamu datang di tempat yang tepat. Simak penjelasan singkat namun lengkap berikut ini.

Pengertian Komunitas


Apa itu komunitas?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian komunitas adalah kelompok organisme (orang dsb) yang hidup dan saling berinteraksi di dalam daerah tertentu; masyarakat; paguyuban.

Pengertian lain dari komunitas adalah kumpulan beberapa populasi yang menghuni dan menempati wilayah tertentu secara bersama-sama. Ini adalah pengertian komunitas yang tentu bagi anak IPA tidak asing lagi. Contoh komunitas adalah komunitas sungai yang di dalamnya terdapat populasi ikan, kepiting dan lain sebagainya.

Arti komunitas juga dapat berarti persatuan dan persaudaraan untuk memperkuat suatu kelompok.

Tujuan dari komunitas adalah membantu satu sama lain dalam menghasilkan sesuatu. Tentu ada banyak manfaat komunitas bagi para anggotanya yang membuat banyak orang tergerak untuk bergabung dengan sebuah komunitas. Seperti komunitas sosial yang membantu masyarakat.

Ciri-ciri Komunitas

  1. Umumnya komunitas bersifat tidak resmi.
  2. Sarana berkumpul yang bersifat teritorial atau wilayah.
  3. Anggota komunitas terdiri dari orang-orang dengan minat yang sama atau pun kepentingan yang sama.

Contoh Komunitas

  1. Komunitas Pecinta Alam
  2. Komunitas Pendaki Gunung
  3. Komunitas Motor,
  4. Komunitas Pecinta Binatang (Anjing, kucing, reptil, dsb.)
  5. Komunitas Petani di suatu wilayah, dll.

Pengertian Organisasi


Menurut KBBI, organisasi adalah kesatuan (susunan dsb) yang terdiri atas bagian-bagian (orang dsb) di perkumpulan dsb untuk tujuan tertentu; kelompok kerja sama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.

Organisasi adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam mencapai suatu tujuan.

Tujuan organisasi adalah dasar pembentukan sebuah organisasi. Karena itu, suatu organisasi harus memiliki dasar dan tujuan yang ingin dicapai. Dalam organisasi, kepentingan kelompok adalah kepentingan bersama yang harus diutamakan dari pada kepentingan individu.

Organisasi umumnya terdiri dari dua atau lebih orang yang berada di dalam satu wadah yang sama dan memiliki satu tujuan, yaitu tujuan organisasi.

Dalam kehidupan bermasyarakat, kita banyak melihat contoh organisasi sosial yang bermanfaat bagi lingkungan sosial masyarakat.

Ciri-ciri Organisasi

  1. Organisasi dibentuk karena suatu tujuan.
  2. Umumnya organisasi memiliki izin resmi.
  3. Memiliki tujuan berupa visi dan misi.
  4. Berbeda dengan komunitas, struktur dan tugas organisasi jelas, umumnya terdapat ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara.
  5. Memiliki AD/ART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) yang menjadi peraturan tertulis.
  6. Organisasi memiliki program kerja.
  7. Ruang lingkup yang lebih luas.
Jadi, suatu organisasi adalah sebuah sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang terstruktur dan saling berhubungan untuk suatu tujuan.

Contoh Organisasi

  1. Organisasi Partai Politik, 
  2. Organisasi PMI, 
  3. Organisasi Karang Taruna, 
  4. Organisasi Sekolah seperti Pramuka, BEM, OSIS, dsb.

Perbedaan Organisasi Dan Komunitas


Dari uraian di atas, ada beberapa perbedaan yang jelas terkait organisasi dan komunitas. Organisasi pada dasarnya adalah kelompok yang memiliki tujuan bersama yang harus diutamakan dan dicapai, sedangkan komunitas lebih kepada kelompok yang memiliki minat yang sama.

Manfaat Organisasi Dan Komunitas


Meskipun memiliki perbedaan, persamaan komunitas dan organisasi adalah sama-sama memiliki manfaat, baik bagi anggotanya, lingkungan, maupun masyarakat.

Karena itu, sangat penting untuk bergabung dengan organisasi dan komunitas di lingkungan kita. Terlebih komunitas dan organisasi sosial yang banyak memberikan dampak positif. 

Namun bergabung dengan suatu organisasi dan komunitas juga bisa saja menurunkan produktivitas kerja, jika organisasi tersebut tidak memiliki tujuan yang jelas, serta kita sebagai anggota tidak memiliki kepentingan di dalamnya, termasuk kepentingan masyarakat.

Untuk itu, bergabunglah dengan komunitas dan organisasi yang bisa memberikan kontribusi positif bagi diri sendiri, masyarakat dan lingkungan, contohnya organisasi sosial dalam masyarakat.

Terakhir, untuk kamu yang memiliki niat mendirikan suatu organisasi atau komunitas, carilah orang-orang yang memiliki tujuan yang sama dan dapat diajak bekerja sama.

Istilah terkait:

  • Lembaga adalah badan atau organisasi yang memiliki tujuan melakukan penyelidikan keilmuan atau suatu usaha. 
  • Paguyuban adalah perkumpulan yang bersifat kekeluargaan, didirikan orang-orang yang sepaham (sedarah) untuk membina persatuan (kerukunan) di antara para anggotanya.

Demikianlah perbedaan organisasi dan komunitas, pengertian dan manfaat komunitas dan organisasi. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.