Skip to main content

Perbedaan Data, Informasi Dan Database

Anaktoraja.com - Perbedaan Data, Informasi Dan Database - Di masa depan, 3 komponen penting inilah yang akan menjadi hal yang sangat berharga. Dengan data, kita bisa bergerak, dengan informasi kita bisa maju, dan dengan database, kita bisa menguasai pasar. 

Perbedaan Data, Informasi Dan Database
Perbedaan Data, Informasi Dan Database

Data dan informasi adalah aset yang berharga di era teknologi ini. Mereka yang memiliki ketiga hal tersebut memiliki peluang untuk maju di masa depan. Tapi tentu bukan sembarangan data dari Big Data, tapi data yang diperoleh dari Datang Mining dengan sejumlah kriteria sesuai kebutuhan.

Tapi sebelum lebih jauh, kita akan bahas tentang pengertian data, informasi dan database beserta perbedaannya.

Pengertian Data, Informasi, Dan Database


Data

Pengertian data adalah kumpulan fakta yang diperoleh dari pengukuran maupun pengamatan, baik yang berwujud angka, simbol, teks dan lain sebagainya. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), data adalah keterangan yang benar dan nyata.

Data merupakan perwujudan dari fakta, konsep atau instruksi yang dapat digunakan untuk pemrosesan manusia maupun komputer.

Informasi

Menurut KBBI informasi adalah penerangan, pemberitahuan, kabar atau berita.

Pengertian informasi adalah kumpulan data yang telah diolah sehingga dapat dibaca dan bisa memberikan keterangan yang bermanfaat bagi pengguna informasi.

Keakuratan sebuah informasi diukur oleh seberapa berkualitas data yang diperoleh. Karena itu, filtering data ketika melakukan data mining sangat penting.

Database 

Database terdiri dari dua kata, yaitu data dan base. Data yang berarti bahan-bahan keterangan dan base yang bisa didefinisikan sebagai pangkalan. Jadi, secara sederhana database bisa diartikan sebagai pangkalan data.

Pengertian database atau dalam bahasa Indonesia basis data adalah sekumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama-sama sehingga memudahkan mengelola data, termasuk penyimpanan, pencarian, pengeditan, penambahan, dan penghapusan data.

Data-data dalam basis data disimpan secara sistemik sehingga memudahkan admin untuk mengelola data dan juga memudahkan pengguna untuk mengakses data dan informasi.

Operasi dasar basis data dilakukan oleh administrator database atau biasa disebut DBA(Database Administrator). Admin database menggunakan DBMS (Database Management System), yaitu software pengelola basis data. 

Contoh software DMBS (Database Management System) adalah Micrsofoft Access, Microsoft SQL Server, Oracle, MySQL, dan lain sebagainya.

Selain database, ada juga istilah data warehouse atau gudang data, yaitu perkembangan dari database.

Selengkapnya Pengertian Database

Perbedaan Data, Informasi, Dan Database


Data adalah keterangan yang benar dan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian untuk diolah lebih lanjut.

Informasi adalah data yang sudah diolah sehingga bisa memberikan penerangan kepada yang memperolehnya.

Database adalah kumpulan data yang saling terintegrasi dan mudah 

Kelebihan Database


Berikut ini manfaat dan kelebihan database:
  1. Mengatasi Redundancy Data atau kelebihan data karena terjadi duplikasi data.
  2. Meningkatkan Independence Data, yaitu sebuah database dapat digunakan untuk berbagai program aplikasi dan juga dipakai bersama-sama.
  3. Konsistensi Data, yaitu data yang diubah dalam database akan langsung tersimpan dan mengikuti perubahan tersebut di mana pun data dibutuhkan.
  4. Kontrol data terpusat, sehingga memudahkan maintenance database, dalam hal ini dilakukan oleh admin database.

Kekurangan Database


Membuat database yang saling terintegrasi butuh pengetahuan dan juga kemampuan menggunakan software DBMS. Seperti dikatakan di atas, data, informasi dan database adalah informasi yang sangat penting, sekaligus rentan.

Data-data penting yang seharusnya private seringkali menjadi incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, dalam membuat sebuah sistem database, sangat penting untuk mengetahui cara mengamankan database dari serangan hacker atau pun cracker.

Ketika data dan informasi tersebut sampai ke publik, maka tidak akan bisa ditarik kembali. Untuk itu, investasi untuk keamanan basis data juga sangat penting bagi sebuah bisnis sehingga data-data privasi pelanggan bisa terlindungi.


Demikianlah pengertian dan perbedaan data, informasi dan database. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.