Skip to main content

Penyebab TV Mati Sendiri Dan Hidup Lagi (Solusi TV)

Penyebab TV Mati Sendiri Dan Hidup Lagi - Bagaimana rasanya saat tv tiba-tiba mati sendiri saat lagi nonton tayangan favorit? Pasti kesal dong, tapi ternyata bukan hanya kamu yang mengalami hal ini. Dan masalah tv tiba-tiba mati bisa ditemukan pada berbagai merk tv, termasuk Sharp, Samsung, Polytron, LG, dan lain sebagainya.

Penyebab TV Mati Sendiri Dan Hidup Lagi
Penyebab TV Mati Sendiri Dan Hidup Lagi

Jadi, apa penyebab tv mati sendiri dan hidup lagi? Mungkin saja kamu sedang nonton film horror. Hhe.. hhe... Tenang aja, meskipun tv tiba-tiba mati ini cukup horror, bisa diperbaiki kok. 

Penyebab TV Mati Sendiri Dan Hidup Lagi


Pertama, pastikan tv mati sendiri dan hidup lagi ini bukan karena listrik padam sebentar ya. Tapi karena ada masalah dimana saat tv menyala beberapa menit, tv tiba-tiba mati sendiri.

Tv tiba tiba mati bisa jadi salah satu fitur proteksi pada tv untuk mencegah kerusakan yang lebih besar pada komponen-komponen televisi. Hal ini biasa ditandai dengan lampu power hidup berubah jadi warna merah standby.

Kalau tv mati sendiri dan hidup lagi bisa disebabkan oleh komponen tidak terhubung dengan baik. Mungkin keseringan ditabok jadi tv-nya ngambek. Hhe.. hhe...

Seringnya sih masalah ini karena solderan yang retak atau ada yang longgar antar komponen televisi yang menyebabkan aliran listrik kadang terputus.


Untuk memperbaikinya maka perlu dilakukan penyolderan ulang pada kaki komponen yang tertancap pada papan elektronik.

Namun tv tiba-tiba mati sendiri juga bisa disebabkan oleh masalah yang cukup serius. Memang ini akan sulit dideteksi karena pada dasarnya komponen yang bermasalah tidak rusak total, masih dapat bekerja tapi tidak maksimal.

Silahkan cek juga IC STR yang berfungsi sebagai penguat regulator. Mungkin saja sudah lemah sehingga kadang bekerja normal kadang tidak sehingga komponen harus diganti.

Selain itu, perhatikan komponen-komponen tv lainnya seperti transistor horizontal, elco dan lain sebagainya. Cek tegangan pada komponen menggunakan multitester untuk mengetahui normal tidaknya komponen. Jika komponen panas saat disentuh, artinya ada tegangan yang drop.

Sebenarnya beberapa komponen tv yang rusak bisa dilihat secara kasat mata, misalnya solder power supply retak, resistor bocor atau terbakar, elco kembung, dan lain sebagainya.

Jika setelah mengamati ada komponen yang bermasalah, coba ganti komponen bermasalah tersebut. Jika setelah semua usaha dilakukan dan belum berhasil, maka sebaiknya gunakan jasa service tv karena tentunya mereka sudah berpengalaman dan sering menghadapi dan menyelesaikan kerusakan-kerusakan pada tv.


Demikianlah penyebab tv tiba-tiba mati sendiri dan hidup lagi yang bisa terjadi pada berbagai merk tv (Sharp, Samsung, Polytron, LG, dll). Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.