Skip to main content

Pengertian Widget Pada Android Dan Website

Pengertian Widget Pada Android Dan Website Oleh Anaktoraja.com - Saat ini banyak sekali istilah yang populer kita dengar tapi sulit untuk didefinisikan. Salah satunya istilah widget. Tentu sebagai pengguna android, terlebih seorang blogger, widget tentu tidak asing lagi di telinga kita.

Pengertian Widget Pada Android Dan Website
Pengertian Widget Pada Android Dan Website

Tapi, apa itu widget? Hari ini kita akan membahas tentang pengertian widget dan juga contoh widget, baik di android dan website lengkap dengan manfaat widget..

Pengertian Widget Pada Android


Pada android, widget adalah perangkat lunak yang dibuat sederhana dengan tujuan khusus dan mudah digunakan. Bisa dikatakan widget adalah perwakilan dari sebuah aplikasi karena dengan widget, kita bisa menjalankan sebuah aplikasi bawaan hp dengan sekali klik. Misalnya saja widget Play Music.

Pada hp android, widget terletak di homescreen atau layar utama yang juga berfungsi sebagai aksesoris pelengkap atau tambahan. Contohnya saja widget jam dan tanggal, tasks, dan lain sebagainya pada hp android di layar utama.

Widget berbeda dengan software pada umumnya. Fungsi widget pada hp android lebih sebagai aksesoris, baik yang bisa diklik untuk menjalankan tugas tertentu maupun yang hanya berfungsi untuk menampilkan informasi seperti jam dan tanggal dan lain sebagainya.

Jenis-jenis widgets di hp android sangat banyak dan juga beberapa di antaranya memiliki 1, 2, atau lebih widget. Contohnya widget Maps yang terbagi atas 2, yaitu directions dan driving mode, widget Google App yang terdiri dari Google App, Google now, dan Google Sound Search, dan tergantung hp android itu sendiri.

Dulu saya pernah menggunakan hp Samsung dengan OS Java s40 yang juga dilengkapi denga widget sebagai fitur bawaan. Terkadang masih banyak yang sulit memasang widget dan menghapus widget dari layar tak terkecuali pada hp android.

Padahal, untuk menambahkan widget di hp android cukup dengan mengklik lama layar kosong di layar utama dan memilih Widgets. Kemudian kita bebas memilih widgets yang ada dan menekannya lama kemudian membawanya ke layar utama. 

Cara menambahkan widget pada android
Cara menambahkan widget pada android

Untuk menghapus widgets pada hp android, kita bisa menekan lama widgets dan menggesernya ke arah Remove. 

Pengertian Widget Pada Website


Pada website, widget bisa ditemukan di setiap situs yang umumnya terletak di footer dan sidebar website.

Untuk membuat widget pada website, saat ini kita bisa melakukannya tanpa coding pemrograman web. Karena CMS (Content Management System) seperti Wordpress dan Blogger dilengkapi dengan fitur menambah widget pada sidebar, footer, dan lain sebagainya.

Baik pada Wordpress maupun Blogger, widget sering kita gunakan untuk menambah aksesoris pada website yang mempermudah pengunjung website atau blog untuk mendapatkan konten yang mereka inginkan, seperti recent post dan populer post.

Widget website bisa bermanfaat positif pada website karena menjadi navigasi. Namun bisa menjadi hal yang buruk karena widget yang berlebihan selain tidak relevan dan enak dipandang, juga memperlambat loading website atau blog.

Contoh widget pada sebuah halaman web yang bisa kamu lihat langsung adalah widget postingan populer di website ini yang terletak di sidebar tampilan deskotp. Namun jika ditampilan mobile, maka akan terletak di bawah.

Untuk memasang Widget di blog juga tidaklah sulit. Di platform Blogger misalnya, kita bisa menambahkan widget pada blog melalui menu Tata Letak (Layout).

Manfaat Widget


Baik pada hp android dan website, widget memiliki banyak manfaat. Seperti tombol pintas menuju sebuah aplikasi atau halaman web atau pun penampil informasi tanpa membuka aplikasi atau halaman web yang sesungguhnya.

Oh ya, di laptop juga terdapat widget yang bisa berfungsi sebagai aksesoris penampil informasi. Contohnya widget slideshow images, calender, jam, dan lain sebagainya.

Istilah widget memang tidak terdapat di dalam kamus bahasa Inggris Indonesia. Saya juga mencoba menerjemahkan istilah widget di Google Translate tapi artinya tetap widget. Juga tidak terdapat istilah widget dalam Kamus Bahasa Inggris Indonesia.  

Tapi dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa widget adalah aksesoris tambahan pada smartphone android atau website yang berfungsi sebagai penampil informasi atau tombol pemintas menuju halaman sebuah web atau software yang sesungguhnya. 


Demikianlah pengertian widget pada android dan website serta manfaat widget. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.