Skip to main content

Pengertian Stake Out (Pematokan)

Pengertian Stake Out (Pematokan) - Istilah stake out sering ditemukan dalam dunia teknik sipil. Stake out adalah suatu metode melakukan pengukuran di lapangan berdasarkan peta rencana yang telah di desain. Jika selama ini kita mengenal pengambilan data di lapangan, maka stake out adalah kebalikannya. Sederhananya adalah mengembalikan koordinat ke lapangan.

Pengertian Stake out


Apa itu stake out?

Pengertian Stake Out (Pematokan)
Pengertian Stake Out (Pematokan)

Stake out adalah melakukan pengukuran atau pematokan di lapangan berdasarkan peta rencana. Proses stake out yaitu memindahkan atau mentransfer titik-titik yang ada di peta rencana yang telah di desain ke lapangan.

Tujuan stake out adalah menentukan lokasi koordinat suatu titik di lapangan berdasarkan peta rencana.

Ada beberapa macam metode pengukuran stake out, seperti stake out koordinat (X, Y, Z), stake out  DivLine, RefLine dan lain sebagainya.

Namun metode stake out berdasarkan koordinat X, Y, Z adalah yang paling sering digunakan di lapangan karena lebih praktis.

Cara stake out berdasarkan titik koordinat adalah memindahkan titik X, Y, Z yang ada di peta rencana ke kondisi yang sebenarnya di permukaan bumi.

Tugas ini sering dilakukan oleh teknik sipil untuk mengetahui batas-batas konstruksi bangunan, jalan dan lain sebagainya berdasarkan peta rencana atau gambar.

Contoh stake out bisa ditemukan saat pengukuran stake out jalan, bangunan, jembatan dan lain sebagainya.

Agar hasil pengukuran stake out memiliki akurasi yang tinggi maka dibutuhkan peralatan yang memadai dan cara perhitungan stake out yang tepat.


Demikianlah pengertian stake out (pematokan). Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.