Skip to main content

Pengertian Email: Fungsi, Sejarah, & Cara Kerja Email

Pengertian Email: Fungsi, Sejarah, & Cara Kerja Email - Jika dulu semua pengiriman surat masih menggunakan sistem konvensional melalui pos, saat ini kita dimudahkan dengan ditemukannya email (electronic mail).

Pengertian Email: Fungsi, Sejarah, & Cara Kerja Email
Pengertian Email: Fungsi, Sejarah, & Cara Kerja Email

Coba bayangkan ketika setiap pesan dan surat yang ingin kamu kirim ke suatu tempat harus melalui pengiriman konvensional lagi?

Tentu ini akan sangat merepotkan, tidak akan ada lagi yang namanya chatting, dan mungkin saja jangkauan pertemanan kita tidak akan seluas sekarang ini. 

Mengirim surat secara konvensional membutuhkan biaya pengiriman, waktu pengiriman untuk sampai di alamat, dan tentu saja surat balasannya.

Berbeda dengan email, dimana kita lebih dimudahkan dalam berkomunikasi dan berkirim data. Meskipun harus diakui bahwa kita masih membutuhkan pengiriman konvensional untuk mengirim lembaran dokumen asli, tetapi kehadiran email telah membawa perubahan luar biasa bagi dunia saat ini.

Tapi apa itu email dan fungsinya? Bagaimana sejarah, cara kerja dan cara membuat email? Itulah yang akan kita bahas hari ini bersama-sama.

Pengertian Email


Email adalah kepanjangan dari electronic mail atau dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik (surel).

Email adalah salah satu fasilitas di internet yang memungkinkan pengiriman surat digital dari suatu alamat ke alamat lainnya.

Secara umum, untuk menggunakan email mengirim pesan kita harus memiliki media, yaitu gadget seperti smartphone, laptop dan komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

Sederhananya, email adalah sarana kirim mengirim surat melalui internet. Berbeda dengan pengiriman surat konvensional yang membutuhkan biaya pengiriman, dengan email kita bisa menggunakannya secara gratis. Hal yang perlu dibayar hanya koneksi internet saja.

Pengertian email menurut para ahli
Menurut Happy Chandraleka, email merupakan surat yang disampaikan melalui perangkat elektronik yang dinamakan komputer.


Fungsi Dan Manfaat Email


Seiring berjalannya waktu, email bukan hanya media mengirim surat. Tapi saat ini fungsi email sangat penting bagi pengguna internet.

Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat email:
  1. Mengirim dan menerima pesan berupa teks, dokumen, foto, video dan file-file lainnya.
  2. Email juga digunakan mendaftar dan membuat akun baru, seperti di media sosial, sebuah layanan dan lain-lain.
  3. Dengan email, kita bisa mengirim dan menerima surat dengan lebih praktis, murah dan hemat waktu. Saat ini proses pengiriman pesan melalui email hanya sepersekian detik saja untuk sampai di penerima.
  4. Secara fisik, keamanan data lebih terjamin dengan pengiriman melalui email.
  5. Email juga menjadi salah satu identitas diri yang bisa menjadi contact person untuk dihubungi.
  6. Email sebagai media promosi online yang lebih profesional.
  7. Email sebagai media pembayaran. Contohnya Paypal dimana alamat email adalah nomor rekening yang dapat digunakan untuk menerima dan mentransfer serta menarik uang ke rekening bank lokal.

Sejarah Email


Sejarah email tidak lepas dari sejarah perkembangan internet. Seperti diketahui, Departemen Pertahanan Amerika Serikat memulai proyek ARPA pada tahun 1969 untuk mengembangkan jaringan komputer yang menjadi cikal bakal lahirnya internet bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Pada tahun 1971, Ray Tomlinson mengerjakan sebuah proyek bernama SNDMSG dengan tujuan mengirim pesan ke sesama pengguna dalam satu mesin yang sama lokal. 

Ray Tomlinson terus bereksperimen untuk dapat mengirimkan pesan ke komputer lain yang pada akhirnya menemukan File Protocol bernama CYPNEY yang dapat mengirim pesan dengan menggunakan jaringan ARPANET ke komputer lain.

Orang pertama yang menulis email ini menulis pesan "QWERTYUIOP" yang dikenal sebagai email pertama di dunia.

Pada tahun 1972, Ray Tomlinson memperkenalkan "@" sebagai simbol pemisah antara user id dan domain (alamat email). @ dibaca at (pada)
 
Pada tahu 1980 penggunaan surat elektronik mulai populer. 

Namun perkembangan internet dan email telah semakin pesat. Saat ini, pesan yang dikirim melalui email bukan hanya berupa teks, tapi juga dokumen, foto, video, dan file-file elektronik lainnya.

Contoh Email


Contoh email Lara4store@gmail.com

Lara4store adalah nama kontak 
gmail.com adalah nama mailserver dari Google, salah satu jenis email web gratis yang paling populer digunakan.

Selain Gmail, ada juga Yahoo Mail, AOL, Microsoft Outlook, dan lain-lain yang dapat digunakan untuk membuat email gratis dan berbayar.

Cara Kerja Email


Meskipun kita sebagai user memandang email lebih praktis, tapi proses kerjanya sebenarnya sangat rumit. Namun pemanfaatan teknologi membuatnya lebih mudah dan cepat.

Bagaimana cara kerja email?

Cara kerja email tidak berbeda jauh dengan sistem pengiriman surat secara konvensional. Intinya kita harus tahu nama dan alamat yang dituju. Bedanya, alamat email itu lebih singkat jika dibandingkan dengan alamat tempat tujuan sebenarnya.

Berikut ini cara kerja email singkat:
  1. Saat kita mengirim pesan ke sebuah email, artinya kita melakukan request ke server.
  2. Server akan melakukan checking dan identifikasi alamat tujuan.
  3. Jika alamat email ditemukan maka server akan langsung mengirimkan pesan.
  4. Pesan akan diterima oleh penerima pesan dan tersimpan di server penerima.
  5. Saat penerima membuka pesan, maka aplikasi akan mendownload pesan agar dapat dibaca oleh penerima.

Jenis-jenis Email

  1. POP Mail, Post Office Protocol Mail adalah email yang umumnya digunakan secara internal oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan karyawan.
  2. Forward Mail, berfungsi untuk meneruskan pesan yang masuk ke sebuah email ke alamat email lain yang telah ditentukan. 
  3. Web Mail, adalah layanan email yang umum digunakan di masyarakat. Contohnya Gmail, Yahoo, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Email


Cara membuat email di Gmail:
  1. Masuk ke Google Mail (Gmail
  2. Buat akun baru atau Sign Up
  3. Isi formulir yang tersedia, mulai dari nama depan, nama belakang, nomor hp dan lain-lain
  4. Klik buat akun dan ikuti setiap petunjuk di website Gmail.
  5. Setelah itu, kamu sudah bisa mengirim email dan mendaftar layanan-layanan lainnya di internet.

Kekurangan Email


Meskipun banyak manfaat positif dari email, kita juga harus hati-hati dengan email.

Berikut ini beberapa kekurangan email:
  1. Spam pesan melalui email adalah salah satu yang paling mengganggu. Tapi saat ini sudah ada fitur penangkal spam dimana pesan dari orang yang tidak dikenal dengan pesan yang aneh umumnya akan langsung masuk ke kotak spam.
  2. Salah kirim data, meskipun ini jarang terjadi, namun tentu ini sangat berbahaya. Seperti diketahui informasi adalah hal yang sangat penting yang ketika tersebar akan "sulit" untuk ditarik kembali.
  3. Email rawan penyadapan yang tentunya membuat pemilik email harus berhati-hati jangan sampai emailnya diforward.
  4. Email sebagai media pengirim virus komputer berbahaya juga harus diwaspadai.
Lihat juga cara membuat email

Demikianlah sedikit pengertian email lengkap dengan sejarah, fungsi, manfaat, contoh, jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan email. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.