Skip to main content

Pengertian Database (Basis Data)

Pengertian Database (Basis Data) - Dengan kemajuan teknologi, saat ini jutaan data dapat dikelola dengan lebih mudah, cepat dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Hal ini tentu karena adanya sistem database yang berfungsi untuk mengatur data-data agar saling terhubung dan dapat menampilkan informasi yang relevan dan akurat, sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pengertian Database (Basis Data)
Pengertian Database (Basis Data)

Tapi apa itu database? Apa fungsinya dan manfaat database?

Berikut ini ulasan lengkap tentang database dan fungsinya. Tak ketinggalan juga tentang pengertian DBMS (database management system).

Pengertian Database


Apa itu database?

Dalam dunia komputer dan sistem informasi, database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis dan terkomputerisasi untuk menghasilkan informasi yang dapat diakses dengan mudah, cepat, dan relevan dengan data yang dibutuhkan.

Sederhananya, database adalah gudang penyimpanan data-data yang mudah dikelola dan mudah diakses oleh orang yang membutuhkan. 

Pengertian Database Menurut Para Ahli


Beberapa ahli mencoba memberikan pendapat mereka tentang pengertian database. 

Berikut ini beberapa definisi database dari para ahli.

Gordon C. Everest

Menurut Gordon C. Everest, pengertian database ialah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi (shared), terdefinisi secara formal dan juga dikontrol terpusat pada suatu organisasi.

S. Atte

A. Atte, mengemukan definisi database sebagai sebuah koleksi data-data yang saling berinteraksi yang ada dalam suatu organisasi atau enterprise dengan macam-macam penggunaan.

Fungsi Database


Berikut ini beberapa fungsi database:
  1. Database berfungsi untuk mengelompokkan data-data berdasarkan jenisnya agar menjadi informasi yang mudah dibaca.
  2. Memudahkan dalam mengelola data seperti tambah data, simpan, perbaharui, hapus dan akses.
  3. Menghindari duplikasi data (redundancy data) atau data yang double seperti pada penyimpanan data manual.
  4. Mengatasi inkonsistensi data.
  5. Menjamin keamanan data dari kerusakan fisik.

Manfaat Database


Berikut ini manfaat database:
  1. Data-data lebih mudah dan cepat diproses.
  2. Informasi lebih cepat diakses.
  3. Biaya lebih murah, baik dari segi efektifitas operasional maupun ruang penyimpanan.
  4. Menghindari inkonsistensi data dan redundancy data.
Dengan sistem database, kita dapat menyimpan, mengedit, menghapus, dan mengelola data menjadi informasi dan menampilkannya dengan lebih cepat dan mudah. Dari segi pengguna, sistem database yang saling terintegrasi memungkinkan pemanfaatan database oleh berbagai user dari lokasi yang berbeda.


Jenis-jenis Database


Cara kerja database berbeda tergantung tipe atau jenisnya. 

Berikut ini beberapa jenis database:
  1. Relational Database atau basis data relasional, adalah sistem database yang menjadi standari komputasi bisnis yang umum digunakan saat ini. Salah satu keunggulan tipe ini adalah menghindari redundancy data.
  2. Distributed Database atau database terdistribusi adalah basis data lokal yang terdiri dari dua segmen, yaitu user database dan operasional.
  3. Operational Database adalah database yang menyimpan data secara rinci untuk mendukung operasi organisasi, contohnya database pelanggan dan lain sebagainya.
  4. End-user Database adalah database yang berisi data-data yang dibutuhkan oleh end-user. Contoh database dokumen, dll. Mungkin jenis database ini seperti blog download.

Pengertian Database Management System (DBMS)


Apa itu Database Management System?

Database Management System atau disingkat DBMS adalah perangkat lunak program pengelolah basis data. Contoh DBMS adalah MySQL, Microsoft Access, Oracle Database, PostgreSQL, dan lain sebagainya. 

Untuk kamu yang ingin belajar membuat program perangkat lunak menggunakan database, kamu bisa dengan membuat database server terlebih dahulu. Kemudian membuat program CRUD (Create, Update, Delete) dan mengkoneksikannya dengan database.


Demikianlah pengertian database, fungsi dan manfaat database lengkap dengan penjelasan singkat tentang DBMS. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.