Skip to main content

Pengertian Chatting Adalah

Pengertian Chatting Adalah - Siapa yang suka chatting di sini? Tentu banyak sekali pengguna gadget yang terhubung ke jaringan internet, terutama sosial media yang suka dan rutin chatting. Entah itu chatting dengan teman, pacar, atau urusan pekerjaan. 

Pengertian Chatting Adalah
Pengertian Chatting Adalah

Meskipun istilah chat/chatting populer di telinga kita, mungkin masih ada di antara kita yang sulit mendefinisikan pengertian chatting. Padahal, sejak belajar TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di SMP, seharusnya kita sudah paham definisi chatting. Tapi tidak ada masalah karena hari ini kita juga akan membahas yang penting-penting saja tentang chatting.

Pengertian Chatting


Apa itu chatting?

Berdasarkan beberapa pendapat dari para ahli, chatting adalah suatu usaha mengadakan pertukaran informasi menggunakan gadget yang terhubung ke internet.

Chatting adalah sebuah kegiatan (obrolan) berbasis teks yang secara spesifik melibatkan dua atau lebih pengguna internet. Namun saat ini, obrolan daring tidak hanya dilakukan menggunakan teks karena saat ini kita bisa chat dengan menyertakan gambar, pesan suara (voice call), dan video.

Sederhananya, chatting atau obrolan daring adalah komunikasi dua arah memanfaatkan jaringan komputer dengan pesan yang dapat berupa teks, gambar, dan video. 

Chatting setidaknya melibatkan dua orang. Kalau sedang chat seseorang tapi tidak dibalas artinya bukan chatting, tidak sedang mengobrol. Hhe.. hhe...

Fungsi Chatting


Sama seperti obrolan secara langsung tatap muka, fungsi chatting adalah untuk berkomunikasi dan bertukar informasi.

Meskipun saat ini sudah ada fitur telepon dan video call, chatting tetaplah rutinitas setiap harinya, terlebih pengguna media sosial.

Dengan memanfaatkan fitur chatting pada sosial media, kita lebih mudah dalam berkomunikasi, efisien dan cepat.

Namun penting untuk diperhatikan untuk berhati-hati dalam chatting. Ada etika chatting di media sosial yang harus dipahami. Seperti penggunaan huruf kapital, emoticon, dan lain sebagainya.

Selain itu, saat ini ada banyak sekali bahasa gaul chatting yang kadang bagi sebagian orang sulit dipahami. Misalnya saja arti chatting di WA untuk singkatan PC (Personal Chat) yang sering ditemukan dalam grup WA. Jangan sampai salah persepsi dan pemahaman, ya.

Manfaat Chatting


Beberapa manfaat chatting adalah sebagai berikut:
  1. Sarana komunikasi dan menjalin hubungan jarak jauh, 
  2. Bertukar informasi dan sumber informasi paling cepat,
  3. Belajar dan mendapatkan ilmu dari teman tanpa harus ketemu langsung,
  4. Untuk memudahkan menjalankan bisnis,
Agar bisa terjadi chatting melalui jaringan internet, maka dibutuhkan beberapa komponen, yaitu gadget, jaringan internet, pengguna, dan media sosial (Facebook, WhatsApp, Instagram, Telegram, dan lain-lain).

Contoh Aplikasi Chatting


Berikut ini beberapa aplikasi chatting:
  1. WhatsApp
  2. Facebook
  3. Telegram
  4. Line
  5. Skype
  6. Google Talk
  7. Google Hangout
  8. WeChat
  9. Yahoo Messenger, dll.

Dampak Negatif Chatting


Meskipun banyak dampak positif dan manfaat chatting, tidak bisa dipungkiri bahwa chatting juga memiliki dampak negatif.

Berikut ini dampak negatif chatting:
  1. Chatting marak penipuan.
  2. Mengobrol melalui media sosial sering lupa waktu sehingga membuang banyak waktu.
  3. Chatting dengan orang yang tidak dikenal yang juga sangat berbahaya. Beberapa kasus chatting di sosial media yang berujung kasus kriminal seperti penculikan dan pencabulan.
  4. Seringkali membuat orang malas untuk beraktivitas yang produktif.
Dampak negatif chatting yang paling umum adalah menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh.


Demikianlah pengertian chatting adalah: fungsi, manfaat, contoh dan dampak positif dan negatif chatting. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.