Skip to main content

Manfaat Email (Gmail)

Manfaat Email (Gmail) - E-Mail (Electronic Mail) atau dalam bahasa Indonesia surat elektronik (surel) telah membawa banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk perseorangan, pendidikan, maupun perusahaan.

Manfaat Email (Gmail)
Manfaat Email (Gmail)

Tanpa menggunakan email, sulit bagi kita untuk mengakses banyak manfaat di internet. Ini karena email memiliki fungsi dan kegunaan yang sangat sentral bagi pengguna internet. 

Pengertian Email


Email adalah singkatan dari electronic mail yang adalah surat elektronik, yaitu sarana untuk berkirim surat melalui gadget yang terhubung dengan jaringan internet.

Namun seiring berjalannya waktu, email bukan hanya berfungsi untuk mengirim surat elektronik, tapi juga untuk banyak keperluan lainnya. Misalnya saja saat ini beberapa jenis email memungkinkan untuk mengirim file gambar, video, dan lain sebagainya. 

Selain itu, email berfungsi juga untuk membuat akun di sebuah layanan di internet, seperti media sosial, membeli hosting dan domian, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa jenis email yang populer digunakan saat ini adalah Gmail (Google Mail), Yahoo, Hotmail, dan lain-lain.


Manfaat Email


Berikut ini beberapa manfaat email yang perlu kamu ketahui.

Manfaat email dalam kehidupan sehari hari


Jika dulu mengirim surat butuh waktu yang lama sampai berhari-hari bahkan berbulan-bulan, dengan email kita bisa mengirim email dengan lebih cepat ke seluruh dunia.

Tentu kehadiran email membuat kita lebih mudah dalam mengirim surat. Selain itu, dengan email kita tidak perlu membayar setiap surat atau pesan yang terkirim selain kuota internet. Berbeda dengan mengirim surat melalui jasa pengiriman yang membutuhkan biaya pengiriman setiap pengiriman.

Manfaat email bagi pendidikan


Dalam dunia pendidikan, email ini juga sangat penting. Selain lebih formal, email juga lebih teratur dan terhubung dengan banyak sekali fasilitas e-learning.

Contohnya dalam dunia pendidikan dimana email Google, yaitu Gmail yang terhubung dengan Classroom Google, dimana memudahkan guru dan dosen dalam memanajemen pelajaran secara online, mulai dari mengabsen sampai memberikan tugas.

Manfaat email bagi perusahaan


Email membuat perusahaan lebih teratur dan terlihat profesional. Selain itu, dengan email perusahaan, mereka bisa lebih mudah dihubungi oleh calon customer.

Dan saat ini sangat sedikit perusahaan yang menggunakan email gratis seperti Gmail dan Yahoo. Kebanyakan perusahaan saat ini, khususnya yang telah go online, menggunakan email perusahaan mereka sendiri.

Lihat juga cara membuat email

Manfaat Email Secara Umum:

  1. Sebagai sarana komunikasi dengan berbagai orang dari seluruh dunia.
  2. E-mail memungkinkan transfer data secara cepat dan gratis.
  3. Kita dapat mengirim pesan melalui email kepada banyak email sekaligus.
  4. Berlangganan informasi dari suatu layanan di internet, misalnya saya subscribe website atau blog.
  5. Digunakan untuk mendaftar berbagai layanan di internet (media sosial dan akun-akun lainnya)
  6. Mendapatkan akses ke produk layanan Google lainnya seperti Blogger, Youtube, Google Classroom, dan lain-lain (khusus email Gmail).

Manfaat Gmail


Salah satu contoh email yang paling populer saat ini adalah Google Mail (Gmail). Dengan email Gmail yang terintegrasi dengan berbagai layanan Google lainnya, kita bisa menikmatinya dengan lebih mudah, contohnya saja Youtube, Blogger, Google Classroom, Google Adsense dan lain sebagainya. 

Karena itulah, fitur Gmail lebih lengkap dibandingkan dengan penyedia email lainnya.

Tak hanya itu, kegunaan email Gmail lainnya adalah kita bisa mendaftar akun baru di berbagai layanan di internet. Seperti media sosial Facebook, Instagram, dan layanan-layanan lainnya.

Namun kehadiran sosial media juga mulai menggeser fungsi dari Gmail, khususnya dari berkomunikasi secara real-time yang mana sosial media lebih mudah. Meskipun demikian, keberadaan email masih sangat penting dan dibutuhkan.

Lihat juga apa itu spam?

Demikianlah pengertian email dan manfaat email dalam kehidupan sehari-hari, perusahaan dan dunia pendidikan. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.