Skip to main content

Cara Mengatasi TV Sharp Mati Standby (Lampu Merah Menyala)

Cara Mengatasi TV Sharp Mati Standby (Lampu Merah Menyala) - Salah satu kerusakan tv Sharp yang sering terjadi adalah tv tidak bisa start dan hanya terdapat lampu indikator berwarna merah sebagai tanda standby. Tidak hanya tv Sharp, masalah ini juga bisa terjadi pada semua merk tv seperti tv Cina, Polytron, Sharp, Panasonic, Akari, dan lain sebagainya.

Apa maksud dari lampu merah menyala pada tv?


Cara Mengatasi TV Sharp Mati Standby (Lampu Merah Menyala)
Cara Mengatasi TV Sharp Mati Standby (Lampu Merah Menyala)

Tv mati dalam keadaan standby adalah salah satu sistem protek tv untuk mencegah kerusakan pada komponen lainnya. Jika pada lampu lalulintas, lampu merah artinya harus stop dulu. Hhe.. hhe...

Pada tv, ada beberapa penyebab dari tv mati standby ini. Mungkin saja penyebabnya sepeleh, tapi juga bisa lebih serius dari yang dibayangkan. Tapi jika ke teknisi atau tukang service tv, pasti bisa baguslah. Hhe.. hhe...

Tapi bagi kamu yang mau memperbaiki tv sendiri, ada baiknya kamu baca beberapa tutorial mengatasi tv Sharp mati standby ini, baik berdasarkan pengalaman sendiri maupun kasus-kasus yang dihadapi oleh tukang service pada umumnya. 

TV Sharp Standby Tidak Mau Menyala/Start


Tv Sharp standby tidak mau menyala di sini artinya ketika tombol Power ditekan, tv tidak merespon apa-apa, tanpa gambar dan juga suara, selain dari lampu indikator warna merah menyala. Jadi, dalam keadaan ini, tv tidaklah mati total, karena masih terdapat arus.

Nah, bagaimana cara memperbaikinya?

Apapun jenis masalah dan kerusakan pada tv atau pun komponen elektronik lainnya, hal pertama yang harus dicari adalah penyebab masalahnya. Setelah tahu penyebabnya, kita akan lebih dimudahkan dalam mencari dan menentukan solusi yang paling tepat dalam memperbaikinya.

Penyebab TV Standby


Dari pengalaman sendiri, sebenarnya keadaan tv standby ini sering ditemukan, terlebih jika pembangkit listrik masih genset, bukan PLN. Ketika tegangan turun, biasanya tv akan langsung masuk ke mode standby ditandai dengan sinyal lampu warna merah menyala pada tv.

Namun saat dinyalakan kembali, tv menjadi normal kembali. Mode standby ini termasuk salah satu sistem protek pada tv sehingga membuat komponen-komponen televisi tidak rusak.

Namun mode standby yang tidak mau start juga menandakan gejala kerusakan pada komponen tv yang bisa berbahaya jika tidak segera diatasi.


Cara Mengatasi TV Sharp Mati Standby (Lampu Merah Menyala)


Ini adalah langkah paling awal saya mengatasi tv Sharp mati standby ditandai dengan lampu merah menyala. Dalam keadaan tersebut, coba tekan tombol ch+ atau ch- pada tv atau tombol Switch pada remot tv.

Jika masalahnya hanya sepeleh, maka pasti tv akan segera menampilkan gambar dan suara. Tv normal kembali setelah langkah ini.

Tapi sayangnya, ternyata hanya sebentar, tv kembali ke mode standby lagi. Setelah saya coba tekan tombol Switch (ch) lagi, sudah tidak bisa. 

Pada tahap ini, segera matikan tv untuk mencegah kerusakan pada komponen lainnya.

Mau tidak mau jika tv standby terus menerus, maka harus bongkar tv dengan melepas casing belakang, atau kalau mau mudahnya panggil tukang service.

Bagi kamu yang tertarik memperbaiki tv sendiri, maka berikut ini beberapa penyebab tv standby dan cara memperbaikinya.

Penyebab pertama karena flyback tidak bekerja karena transistor horizontal sudah mati, atau tidak dapat menerima sinyal dari osilator. Silahkan cek dengan multitester komponen-komponen yang mungkin menjadi penyebab tv tidak mau start.

Perhatikan juga solderan pada komponen. Bisa saja soldering retak sehingga komponen tidak saling terhubung dengan baik. Lakukan penyolderan ulang komponen yang janggal dan gunakan multitester untuk mengetahui komponen yang memiliki tegangan normal dan komponen yang tidak normal yang menjadi penyebab tv standby.

Penyebab lainnya adalah masalah pada IC Croma. 

Apa itu IC Croma pada tv? 

IC Croma adalah komponen pada tv yang di dalamnya terdapat beberapa rangkaian osilator seperti rangkaian horizontal osilator, rangkaian vertikal osilator dan juga rangkaian untuk output tv. Jika saat disentuh komponen ini panas tidak normal, maka menandakan komponen ini mengalami masalah.

Nah, terakhir yang paling sering terjadi dan mungkin saja bisa menjadi solusi masalah tv Sharp standby seperti dalam kasus saya, termasuk tv merk lainnya adalah tidak ada tegangan pada titik protek. 

Untuk itu, silahkan cek bagian video resistor R605 dan Dioda D605 untuk mengetahui tegangannya. Tes masing-masing komponen R605 (Resistor) dan D605 (Dioda) menggunakan multitester.

Pada dasarnya, R605 (185v normal) dan D605 (4.5v - 5v normal). Namun dalam kasus ini, ternyata tidak ada tegangan pada D605 (0v) yang menandakan bahwa penyebab tv standby adalah karena Dioda D605 ini.

Untuk cara memperbaikinya, ganti komponen ini dengan yang baru. 

Semoga tv kamu hanya standby biasa karena tegangan yang kurang stabil sehingga bisa normal dengan tombol Switch pada remot, bukan karena masalah komponen yang rusak. Jika masalah pada komponen dan mau yang mudah dan aman, ya, pakai jasa tukang service aja.


Demikianlah cara mengatasi tv Sharp mati standby lampu merah menyala. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.