Skip to main content

Cara Mengatasi 0% Available (Plugged In Charging) Windows 7

Cara Mengatasi 0% Available (Plugged In Charging) Windows 7 - Setelah kemarin kita membahas tentang cara memperbaiki baterai plugged in not charging, hari ini kita akan membahas masalah yang serupa tapi tidak sama. Masalah plugged in not charging artinya baterai laptop memang sama sekali tidak terisi. Sementara 0% available (plugged in charging) artinya baterai laptop terisi tapi tidak menyimpan daya.

Cara Mengatasi 0% Available (Plugged In Charging) Windows 7
Cara Mengatasi 0% Available (Plugged In Charging) Windows 7

Dari sini kita sudah bisa menganalisa masalah dan mencari solusinya. Tapi sejauh yang saya baca di internet, penyebab utama 0% available adalah baterai sudah rusak dan cepat ngedrop. Memang baterai mengisi tapi tidak menyimpan daya lagi.

Apakah benar-benar harus lembiru? Tidak, tidak perlu lempar buat beli yang baru, karena kita bisa mencoba beberapa opsi di bawah ini, siapa tahu work.

Cara Mengatasi 0% Available (Plugged In Charging)


Cara mengatasi plugged in not charging baterai tanam cukup sulit karena kita tidak bisa sulit untuk mengetahui apakah baterai yang bermasalah. Satu-satunya yang bisa kita tes adalah adaptor charger sejenis, jika masih 0% available, artinya bukan charger laptop yang bermasalah.

Pada laptop baterai lepas, kita bisa tes baterai dan charger dengan punya teman untuk mengetahui dimana letak masalahnya. Kalau masih 0% available (plugged in charging), ikuti cara di bawah ini.
  1. Masuk ke Device Manager dengan cara tekan tombol Windows kemudian tulis Device Manager dan Enter
  2. Setelah Device Manager terbuka, pilih Batteries
  3. Pada Microsoft AC Adapter, klik kanan dan uninstall.
  4. Pada Microsoft ACPI - Compliant Control Method Battery, klik kanan dan uninstall.
  5. Setelah itu, lakukan restart laptop. Kedua driver batteries tersebut akan kembali terinstal secara otomatis.
  6. Jika driver batteries tersebut belum muncul, masuk ke Device Manager lagi kemudian klik kanan pada tab Batteries dan pilih Scan for Hardware Changes.
Coba pasang adaptor charger ke laptop lagi dan hubungkan ke listrik. Jika masih terdapat notifikasi baterai 0% available (plugged in charging), sepertinya memang baterai laptop yang bermasalah.

Kalau cara di atas tidak berhasil, jangan langsung beli baterai laptop baru. Siapa tahu bukan baterai yang menjadi penyebab tapi bisa saja charger atau pun komponen hardware lainnya. 

Silahkan gunakan charger atau baterai teman yang memiliki spesifikasi yang sama terlebih dahulu untuk mengetahui dengan benar penyebabnya.

Saat ini laptop saya Acer Aspire 4732z masih berstatus 0% available (plugged in charging Windows 7). Sudah sekali saya coba tapi masih sama saja. Saya masih mau coba sekali lagi. Kalau masih belum bisa, kemungkinan besar memang baterainya yang harus diganti.

Terlebih laptop Acer saya ini sudah cukup tua, yang mana kemungkinan life cycle baterainya memang sudah habis.

Satu lagi, jangan membiarkan baterai laptop 0% dalam jangka waktu yang lama karena bisa membuat baterai sulit terisi dan membuat baterai cepat drop. 


Demikianlah cara mengatasi 0% available (plugged in charging) Windows 7. Semoga sukses!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.