Skip to main content

Cara Mencari Channel TV Yang Hilang (Semua Merk TV)

Cara Mencari Channel TV Yang Hilang (Semua Merk TV) - Cara program tv yang paling dasar adalah menggunakan remot tv untuk menambahkan channel baru termasuk mencari siaran tv yang hilang, baik di tv tabung maupun tv LED.

Cara Mencari Channel TV Yang Hilang (Semua Merk TV)
Cara Mencari Channel TV Yang Hilang (Semua Merk TV)

Karena tanpa kemampuan dasar memprogram tv, apa jadinya jika daftar saluran tv tiba-tiba? Tentu kita sebagai penonton hanya bisa menonton. Kalau yang hilang hanya satu siaran, maka biasanya bisa ditunda untuk diperbaiki. Tapi kalau channel tv hilang semua maka mau tidak mau kita harus memanggil teknisi tv untuk mencari channel tv yang hilang.

Padahal, channel tv atau siaran tv yang hilang sangat mudah untuk dicari, baik secara manual maupun mode otomatis. Untuk itu, hari ini saya akan berbagi tutorial cara mencari channel tv yang hilang lengkap untuk semua merk tv yang populer digunakan di Indonesia.

Penyebab Channel TV Hilang


Sebelum mencari tahu cara mencari siaran tv yang hilang, terlebih dahulu kita harus menemukan penyebabnya. Jangan sampai hanya karena masalah sepeleh saluran hilang, kita memanggil teknisi untuk memperbaikinya. 

Penyebab channel tv atau siaran hilang:

1. Channel tv terhapus

Pertama-tama, kita harus mendefinisikan kata hilang di sini. Apakah channel tersebut masih ada tapi tanpa sinyal atau memang channel tersebut hilang sama sekali dari daftar saluran.

Jika memang nomor channel tersebut sudah tidak ada, maka kemungkinan besar penyebabnya channel tv terhapus tanpa sengaja. Atau alternatif lainnya coba lihat dan cari semua channel di daftar saluran, mungkin bisa jadi channel berubah posisi nomor sehingga sulit ditemukan.

2. Cuaca ekstrim dan hujan lebat

Channel tv hilang juga bisa terjadi karena faktor cuaca. Misalnya saja, saat hujan lebat maka beberapa channel tv akan sulit untuk mendapatkan sinyal sehingga siaran mendapat gangguan di tv. Bahkan tidak jarang karena cuaca ekstrim seperti angin dan hujan membuat sinyal menjadi hilang.

Biasanya sih, jika tidak terlalu hujan lebat, maka hanya beberapa channel yang akan mengalami gangguan karena kualitas sinyalnya. Paling sering sih siaran RCTI, padahal lagi asyik-asyiknya nonton piala AFF.

Hati-hati juga ya saat menonton tv di saat banyak petir. Beberapa kali tv tabung di rumah saya dulu rusak karena bandel menonton bola di tengah kilat yang sabung menyabung.

3. Posisi antena tv berubah

Channel tv hilang juga bisa disebabkan oleh posisi antena tv yang tidak tepat. Hal ini mungkin saja disebabkan oleh antena tv berubah atau bergeser posisi sehingga kualitas gambar menjadi buruk dan akhirnya no sinyal. 

Selain perubahan pada posisi antena tv, siaran tv hilang juga bisa disebabkan oleh 
kualitas gambar menjadi buruk kabel antena tv yang longgar. Silahkan periksa satu per satu penyebab yang paling mungkin dan segera atasi.

Beberapa hari yang lalu, beberapa channel tv di rumah nenek saya hilang, mulai dari SCTV, Trans 7, Trans TV, I News, RCTI, MNC TV, Kompas TV, dan lain-lain. 

Setelah diperbaiki dengan bantuan teknisi, hanya beberapa menit melakukan program dan setting pada antena parabola beberapa channel tersebut muncul kembali. Kecuali RCTI dan MNC TV yang harus menggunakan receiver khusus agar bisa ditonton.

Jadi, dari sini kita bisa belajar bahwa memprogram tv, terlebih pada tv parabola, antena parabola juga harus diatur agar bisa mendapatkan sinyal dari satelit, bukan hanya melakukan program di tv saja.

4. Berubah menjadi premium eksklusif

Seperti yang dijelaskan pada poin nomor 3 di atas, siaran tv bisa hilang karena berubah statusnya menjadi premium eksklusif. Contohnya 3 siaran dari MNC Group, yakni RCTI, MNC TV, dan Global TV yang hilang di tv parabola. Untuk bisa menemukan dan menonton kembali channel-channel ini, maka harus melalui pay tv (tv berbayar) melalui MNC Vision, K-Vision, NEX Parabola, Nusantara HD dan beberapa receiver lainnya. 

Untuk kamu yang tidak ingin berlangganan bulanan, kamu bisa menikmati siaran-siaran tersebut dengan menggunakan receiver yang direkomendasikan di atas.

5. Masalah pada tuner tv

Apa itu tuner tv?

Tuner tv adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan antena dan televisi. Jika komponen ini telah rusak, maka semua siaran akan hilang. Artinya tv tidak ada gambar dan juga suara.

Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan membeli komponen yang rusak dengan spesifikasi yang sama.


Cara Mencari Channel TV Yang Hilang (Semua Merk TV)


Setelah tahu penyebab siaran tv hilang, saatnya untuk mengatasi masalahnya dengan cara mencari channel tv yang hilang.

Pada dasarnya, ada dua cara mencari channel tv yang hilang, yaitu secara otomatis dan juga secara manual. Untuk caranya pun berbeda-beda setiap merk televisi, tapi sebenarnya cara pencariannya dengan menggunakan remot hampir semua sama.

Berikut ini beberapa cara pencarian otomatis (auto search) dan pencarian manual (manual search) channel tv yang hilang di berbagai merk tv.

Cara Mencari Channel TV LG 


Untuk mencari channel tv LG, berikut ini langkah-langkahnya.

Pencarain Mode Manual
  1. Tekan Menu pada remot tv
  2. Pilih salah satu channel
  3. Pilih Pencarian Manual
  4. Atur sistem menjadi BG 
  5. Pilih Lacak (Search)
  6. Simpan hasil pencarian channel.
Mode Pencarian Otomatis
  1. Tekan Menu pada remot tv
  2. Pilih channel atau siaran tv
  3. Pilih Pencarian Otomatis atau Auto Search
  4. Pilih Turbo, tunggu proses pencarian sampai selesai
  5. Simpan hasil pencarian siaran.

Cara Mencari Channel TV Sharp


Tidak lengkap rasanya jika tidak memberikan tutorial tv Sharp. Soalnya tv ini termasuk tv sejuta umat dan yang paling penting, ini juga televisi di rumah saya saat ini.

Mode Pencarian Otomatis
  1. Tekan tombol Menu pada tv
  2. Pilih Auto Search untuk melakukan pencarian otomatis.
Kelebihan pada tv Sharp adalah kita bisa melakukan pencarian otomatis channel yang hilang tanpa remot tv dengan mudah dan cepat.

Cara Mencari Channel TV Polytron


Berikutnya adalah cara mencari siaran tv Polytron secara otomatis.
  1. Pada remot tv tekan tombol Menu
  2. Pilih Pengaturan Kanal
  3. Pilih Pencarian Otomatis
  4. Semoga channel tv yang hilang muncul kembali
Untuk merk tv lainnya, silahkan dicari caranya sendiri. Karena kurang lebih caranya sama, baik itu pada tv tabung atau LED, juga yang menggunakan tv parabola.

Sebenarnya tidak perlu takut untuk memprogram tv sendiri. Kesempatan kamu untuk belajar mencari siaran tv yang hilang di parabola sendiri. Siapa tahu bisa jadi teknisi tv. Terlebih karena tv sudah rusak, jika tidak bisa diperbaiki nanti tinggal panggil teknisi tv yang handal. Hha.. hha...

Tapi jangan juga asalan dalam memprogram tv. Jangan sampai kerusakannya semakin parah sehingga biayanya juga semakin mahal. 

Dasar memprogram tv adalah mencari tahu penyebab dan menyelesaikan masalahnya dengan mencari cara mengatasi masalah.

Sekian nasihat dari saya, ambil yang perlu, hitung resiko sendiri. Kalau tidak mau repot, panggil aja teknisi yang berpengalaman. Jika ada kata yang kurang berkenan, mohon dimaafkan ya.


Demikianlah penyebab dan cara mencari channel tv yang hilang semua merk tv. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.