Skip to main content

Arti Chatting Di WA - Daftar Istilah Gaul Chatting

Arti Chatting Di WA - Daftar Istilah Gaul Chatting - Cek PM mas. Tiba-tiba langsung masuk pesan ping!! Apa itu PM? Ping? Mau nanya artinya ke pengirim chat, kadang juga ragu dan malu dianggap kurang update. Bukan hanya itu, tentu memiliki pengetahuan tentang bahasa gaul chatting di WA sangat penting dan bermanfaat.

Arti Chatting Di WA - Daftar Istilah Gaul Chatting
Arti Chatting Di WA - Daftar Istilah Gaul Chatting

Selain bisa memperlancar komunikasi lewat chatting, juga bisa mengefisienkan waktu. Terlebih saat ini WhatsApp juga adalah media sosial terpopuler yang sering digunakan.

Arti Chatting Di WA


Chatting di WA atau chat on WA adalah sebuah kegiatan berkomunikasi dan bertukar informasi melalui WA (WhatsApp). 

Chat di WA artinya mengobrol dengan seseorang atau sekelompok orang (grup) di WA dengan menggunakan teks, gambar, pesan suara, video call dan lain sebagainya dengan memanfaatkan media sosial WhatsApp. 

Sehubungan dengan chat di WA dengan teks, kita mengenal banyak sekali istilah di internet yang populer dan menjadi bahasa gaul chatting, baik itu sebuah istilah baru atau pun singkatan chat WhatsApp.


Daftar Istilah Gaul Chatting


CMIIW
Corect me if I wrong artinya koreksi jika saya salah. Singkatan CMIIW ini pertama kali saya temukan di Quora.

FYI
For your information artinya informasi untukmu yang juga saya lihat pertama kali di situs tanya jawab Quora.

OOT
Bukan OTT (operasi tangkap tangan) oleh KPK ya, tapi OOT, yaitu Out of topic artinya keluar dari topik pembahasan. Biasanya sih ini terjadi saat sedang berdebat di grup Facebook atau WA.

P
Ping, adalah fitur populer di BBM (Blackberry Messenger) yang saat ini melekat bagi pengguna media sosial saat ini, termasuk chat WhatsApp, Facebook dan medsos lainnya. Arti p di WhatsApp adalah untuk memberikan sinyal kepada seseorang, semacam lonceng atau bel.

Tujuannya tidak lain adalah untuk mengetahui apakah orang tersebut online atau tidak. 

Namun jangan pernah gunakan istilah ini saat chat secara formal, terlebih ke guru atau dosen. Karena p ini dianggap tidak sopan. Beberapa teman saya secara terang-terangan mengatakan tidak akan membalas chat yang hanya berupa huruf p saja.

TC
Test Chat adalah istilah dalam chatting di WA untuk mengetahui apakah seseorang sedang online atau tidak. 

SV
Save artinya simpan. Biasanya saat seseorang menginformasikan nomor hp barunya atau kontak barunya kepada kita. 

SVB
Save back, artinya simpan kembali, biasanya terjadi saat kita bertukar kontak di WA.

VC
Video Call atau Voice Call artinya meminta seseorang untuk melakukan panggilan video atau panggilan suara. Biasanya istilah ini digunakan di status WA atau linimasa Facebook. Ketahuan deh kalau sedang kesepian. wkwkwk.

IMHO
In my humble opinion artinya menurut pendapat saya dengan kerendahan hati, salah satu istilah populer saat chatting yang masih jarang diketahui artinya. Mungkin tidak lebih dari setengah kontakmu di WA yang tahu maksud pesan ini.

PM
Private message atau personal message adalah istilah di WA atau Facebook untuk mengajak seseorang beralih dari chat umum publik seperti di grup ke pesan pribadi.

Contohnya, saat ada seseorang yang bilang ke kamu: "Cek pm mas." Segera cek pesan masuk di media sosialmu. Jika di Facebook dan belum berteman, biasanya pesan nyangkut di filtered message atau request message atau spam message. Silahkan dicek.

Selain PM, orang juga biasa menggunakan singkatan PC (personal chat) yang artinya sama saja dengan PM.

Japri
Japri atau biasa disingkat JP adalah kepanjangan dari jalur pribadi melalui kontak langsung. Artinya kurang lebih sama seperti PM.

ASAP
As soon as possible. Sesuai dengan kepanjangannya, istilah ASAP digunakan jika ingin mendesak seseorang untuk melakukan sesuatu dengan cepat atau sesegera mungkin.

Gaje
Gaje adalah istilah bahasa gaul terbaru yang sering juga digunakan di saat chatting dengan seseorang. Gaje artinya gak jelas.

AKA 
As known as artinya adalah nama lain atau alias. Misalnya saja Tobi aka Obito Uchiha artinya Tobi dikenal juga sebagai Obito Uchiha.

PAP
Post a picture artinya posting sebuah gambar, merupakan istilah dalam chat WA ketika seseorang ingin dikirimi gambar. Contoh pesannya: PAP wajah artinya kirim foto wajah.

NN
Nick name atau nama panggilan.

HBD
Happy birth day artinya selamat ulang tahun.

GWS
Get well soon artinya semoga cepat sembuh.

LOL
Laugh out loud artinya tertawa terbahak-bahak. Namun saat ini banyak yang lebih memilih menggunakan emoticon lucu dari pada istilah LOL ini.

LMAO 
Laugh My Ass Off atau disingkat LMAO memiliki arti yang hampir sama seperti LOL tapi lebih terkesan tidak sopan.

N2G 
Need to go artinya harus pergi.

JK
Just kidding atau joke artinya bercanda.

SW
Status WhatsApp

BTW
By the way artinya ngomong-ngomong.

LDR
Long distance relationship artinya hubungan jarak jauh.

RT 
Retweet, istilah di dalam media sosial Twitter untuk meneruskan tweet seseorang.

WTF
What the f*ck atau biasa disingkat WTF, adalah ungkapan yang mengekspresikan rasa tidak percaya, kaget, atai heran.

WTB
singkatan dari Want to buy yang umum digunakan oleh seseorang di media sosial seperti Facebook dan WA untuk membeli suatu produk.

WTS
disingkat Want to sell adalah istilah di Facebook atau WA yang digunakan untuk menjual produk atau jasa.

Lihat juga Apa itu SPAM?

Demikianlah arti chatting di WA dan daftar istilah gaul di chatting, baik berupa singkatan atau pun istilah baru. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.