Skip to main content

Apa Itu WPS (Wifi Protected Setup)?

Anaktoraja.com - Apa Itu WPS (Wifi Protected Setup)? - Mungkin kita sering bertanya kegunaan dan fungsi tombol WPS yang terdapat di Access Point, Wireless Router, atau Mifi yang kita gunakan. Atau pernahkah kita melihat-lihat pengaturan smartphone yang kita miliki pada bagian Wifi di menu Advanced terdapat pilihan WPS push button namun tidak tahu cara menggunakannya.

Jadi, apa itu WPS? Hal inilah yang akan kita bahas pada kesempatan ini, yaitu pengertian WPS, cara menggunakan WPS dan hal-hal penting lainnya terkait dengan WPS atau Wifi Protected Setup.

Apa Itu WPS?


Apa Itu WPS (Wifi Protected Setup)?

Apa Itu WPS (Wifi Protected Setup)?

WPS adalah singkatan dari Wifi Protected Setup, merupakan sebuah teknologi yang berfungsi untuk memudahkan proses koneksi antara perangkat pemancar wifi dan perangkat penerima wifi.

Perangkat pemancar wifi di sini memiliki cara kerja yang sama seperti hotspot pada hp android, termasuk perangkat Mifi (Mini Wifi Router) atau disebut juga Mobile Wifi Hotspot. Pada perangkat Mifi, Access Point, dan Router seringkali kita menemukan tombol WPS ini. Sedangkan perangkat penerim wifi bisa berupa laptop atau smartphone.

Wifi Protected Setup adalah standar keamanan jaringan untuk membuat jaringan rumah nirkabel yang aman, mudah dan cepat.

Teknologi WPS diperkenalkan oleh Wifi Alliance pada tahun 2007 dengan tujuan memudahkan suatu perangkat terhubung dan konfigurasi keamanan yang mudah. Wifi Alliance sendiri adalah sebuah organisasi pengembang dan sertifikasi teknologi wifi yang terdiri dari perusahaan teknologi raksasa di dunia seperti Microsoft, Apple, Samsung, ZTE dan lainnya.

WPS berfungsi untuk menghubungkan modem, router, router Mifi dan perangkat jaringan sejenis secara langsung ke perangkat penerima Wi-Fi seperti smartphone.

Cara Kerja WPS


WPS adalah fitur keamanan pada wifi yang memungkinkan perangkat pengguna terhubung langsung dengan jaringan Wifi tanpa password.

Cara kerjanya cukup mudah, kita hanya perlu menekan tombol WPS di router mifi dan melakukan scan wifi di perangkat yang akan dihubungkan.

Dengan WPS, kita dimudahkan dalam membuat koneksi aman suatu perangkat penerima ke router.


Cara Menggunakan WPS


Cara mengaktifkan wps di hp android
Cara mengaktifkan wps di hp android

Cara mengaktifkan WPS di hp android:
  1. Nyalakan wifi di hp android.
  2. Klik More Networks.
  3. Pilih Advanced.
  4. Klik WPS Push Button.
  5. Sementara hp android scanning jaringan wifi,
  6. tekan tombol WPS pada router MiFi.
  7. klik Done saat terdapat keterangan koneksi sukses.
Dengan mengikuti langkah di atas, kita sudah berhasil menggunakan fitur WPS connect, menghubungkan perangkat penerima wifi dengan router.

Hal yang harus diperhatikan adalah apakah smartphone android mendukung fitur WPS. Tutorial di atas menggunakan smartphone Samsung J2 Prime yang juga sudah dilengkapi dengan fitur ini.

Agar lebih aman, kita bisa mengaktifkan PIN WPS sehingga setiap perangkat yang akan terhubung harus memasukkan PIN yang tampil pada menu QSS pada router yang digunakan.

Kelebihan WPS adalah membuat konfigurasi keamanan lebih simple dan sambungan lebih cepat dan mudah digunakan.

Kelemahan Wifi Protected Setup (WPS)


Wifi adalah teknologi yang mudah dibobol sekalipun menggunakan password. Terhubung ke jaringan wifi rentan terhadap bahaya penyadapan dan hacking.

Karena itu dibutuhkan settingan keamanan password wifi tambahan yang dapat memperkuat sistem keamanan jaringan wifi yang kita gunakan.

Terkait dengan WPS, hanya bekerja pada perangkat yang mendukung kemanan WPA Personal dan WPA2 (Wifi Protected Access). Sementara yang menggunakan WEP tidak support WPS.

Untuk sistem operasi, fitur WPS bisa digunakan di Windows, Android, dan Blackberry. Namun WPS tidak bisa digunakan di Linux, OS X, IOS, dan Windows Phone.


Demikianlah sedikit ulasan tentang apa itu WPS (Wifi Protected Setup), cara kerjanya, cara mengaktifkannya di hp android serta kelebihan dan kelemahan WPS. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.