Skip to main content

Apa Itu Spam? - Pengertian Spam

Apa Itu Spam? - Pengertian Spam Adalah - Pernah merasa terganggu dengan pesan masuk dari orang yang tidak dikenal? Tentu kita tidak asing lagi dengan sms promosi dan menang undian yang masuk di nomor hp kita. Sebagian besar dari pesan tersebut adalah spam yang juga dikirim secara massal ke beberapa nomor hp lainnya. 

Apa Itu Spam? - Pengertian Spam
Apa Itu Spam? - Pengertian Spam

Tapi apa sebenarnya itu spam? Berikut ini penjelasan tentang pengeritan spam dan tujuan spam.

Pengertian Spam


Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. 

Spam dapat berupa junk mail atau pesan sampah.

Spammer adalah orang yang melakukan spam.

Spamming adalah kegiatan atau tindakan spam.

Pada umumnya, spam adalah sebuah tindakan mengirimkan pesan secara massal dengan isi yang sama ke seseorang atau banyak dimana penerima tersebut tidak mengingini pesan tersebut.

Tujuan Spam


Dari pengamatan dan pengalaman (bukan spammer ya, tapi korban spam), tujuan dari pesan spam adalah sebagai berikut.

1. Menjahili teman sendiri

Masih ingat dengan bom SMS di zaman dulu? Hhe.. hhe... Itu adalah salah satu bentuk spam dengan tujuan mengganggu teman. Meskipun demikian, tidak semua orang suka dengan kegiatan spam ini.

2. Beriklan

Dampak positif spam adalah beriklan dan mendapatkan customer. Tapi tentu saja, mengirim pesan dianggap sebagai netiket yang buruk. Untuk itu, sebaiknya tidak mengirim pesan spam karena selain tidak tertarget, juga bisa mengakibatkan kita diblokir oleh teman sendiri.

3. Penipuan

Bahaya dari spam yang juga harus diwaspadai adalah penipuan. Tidak sedikit pesan spam yang berisi konten yang menggiurkan padahal berakhir penipuan.

Saat ini contoh spam bisa ditemukan di mana saja. Entah di pesan sms biasa, media sosial seperti Instagram, Facebook, WA, email, dan lain sebagainya.

Lihat juga Pengertian Cache

Contoh Spam


Apa itu spam di Whatsapp?

Spam chat di WhatsApp umumnya dilakukan di grup WhatsApp, dan sedikit pesan melalui chat pribadi. Spam yang paling sering ditemukan di WA saat ini adalah kuota internet gratis, kupon hadiah, dan lain sebagainya.

Apa itu spam SMS?

Spam SMS saat ini banyak berupa nomor-nomor tidak dikenal yang mengirimkan pesan menang undian yang menyertakan nomor atau link untuk dihubungi dengan mengatasnamakan perusahaan-perusahaan besar seperti toko online, bank, dan lain sebagainya. 

Biasanya pesan spam sms ini berujung pada upaya penipuan. Secara sekilas spam sms ini motifnya sangat jadul, tapi intensitasnya tidak berkurang. 

Terlebih nomor hp yang bisa ditemukan di website atau blog serta media sosial oleh publik, lebih sering menjadi korban spam dan menerima pesan yang tidak diingini.

Spam di Facebook

Ternyata spam bukan hanya terjadi melalui chat dengan mengirimkan pesan yang tidak dikehendaki oleh penerima.

Beberapa bentuk spam yang bisa ditemukan di Facebook selain pengiriman pesan massal adalah berbagi link di grup Fb atau komentar yang tidak sesuai dengan topik, share link di linimasa teman atau linimasa sendiri secara bertubi-tubi, mengirim permintaan pertemanan kepada orang yang tidak dikenal dan lain sebagainya.

Namun aktivitas mencurigakan seperti ini bisa secara otomatis dihapus oleh sistem Facebook. Ya, kelebihan dari media sosial sekarang ini adalah dilengkapi dengan fitur penolak spam.

Seperti halnya fitur spam di Gmail dimana pesan yang mencurigakan akan secara otomatis berada di kotak spam.

Terakhir, bagaimana cara spam? Ada banyak cara melakukan spam, seperti menggunakan bom pesan yang telah dijelaskan di atas, mengirim tautan ke Facebook dengan intensitas yang tinggi, dan lain sebagainya.

Dampak Negatif Spam


Spam adalah salah satu bentuk pelanggaran di media sosial, selain bisa merusak hubungan dengan seseorang, bisa juga berdampak pada akun yang digunakan, entah itu diblokir sementara waktu atau permanen, dan yang paling parah adalah penghapusan akun. 

Dengan meningkatnya spamming, media sosial terus berbenah agar sistem mereka dapat menolak spam secara otomatis dengan baik dan tepat.

Selain itu, dampak negatif spam bisa memperburuk citra diri. Karena cara bersosial media juga adalah cerminan kepribadian. Untuk itu, bijaklah menggunakan sosmed dengan stop spam yang tidak perlu.


Demikianlah apa itu spam, pengertian dan tujuan spam. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.