Skip to main content

Apa Itu Noise Pada Kamera, Audio, Dan Komunikasi Data?

Apa Itu Noise Pada Kamera? Pengertian Noise Secara Umum - Istilah noise bukanlah istilah yang asing lagi di telinga kita. Bahkan lebih populer dibandingkan artinya dalam Indonesia, yaitu derau. Noise atau derau sering digunakan dalam istilah fotografi, sinyal, komunikasi data, audio, suara, jaringan, dan lain sebagainya.

Apa itu noise? - Pengertian noise ada kamera dan audio
Apa itu noise? - Pengertian noise ada kamera dan audio

Tapi apa itu noise? Berikut ini penjelasan singkat tentang pengertian noise atau derau.

Apa Itu Noise?


Dalam bahasa Inggris, noise bisa diartikan gaduh, riuh atau bunyi. 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), derau adalah tiruan bunyi gemuruh hujan dibawa angin atau bunyi yang gelombangnya tidak teratur.

Dari pengertian di atas, istilah noise lebih mengacu kepada audio atau suara. Namun selain untuk suara, kata noise juga digunakan dalam dunia fotografi, kamera, jaringan, komunikasi data, dan lain sebagainya. 

Pengertian Noise


Noise atau derau adalah suatu sinyal yang bersifat akustik, elektris, maupun elektronis yang hadir dalam suatu sistem berbentuk gangguan yang tidak diinginkan.

Karakteristik noise tergantung pada sistem itu sendiri. Noise pada kamera berbeda dengan noise pada komunikasi data, juga pada suara. 

Noise Dalam Komunikasi Data


Proses komunikasi data dari pengirim (transmitter) kepada penerima (receiver) dapat mengalami gangguan yang menyebabkan informasi yang didapatkan kurang efektif. 

Sinyal-sinyal yang tidak diinginkan dalam sistem komunikasi yang menyebabkan noise harus diturunkan atau dihilangkan agar proses pertukaran informasi menjadi lebih jelas dan efektif.

Noise Pada Audio


Apa itu noise audio?

Noise audio adalah noise yang menyebabkan gangguan pada penerimaan bunyi. Noise pada audio sering ditemukan pada file audio hasil rekaman.

Noise pada audio hasil rekaman bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti suara penyanyi, sound system atau juga studio rekaman.

Noise Pada Kamera


Apa itu noise pada kamera?

Ada banyak jenis noise pada hasil citra, baik hasil kamera smartphone atau kamera DSLR.

Noise kamera umumnya berupa titik-titik pada foto yang sangat mengganggu, terlebih ketika di zoom akan menyebabkan foto terlihat buram. 

Meskipun noise lebih sering ditemukan pada hasil foto kamera smartphone, terlebih yang resolusi kameranya kecil, tapi settingan ISO dan pencahayaan yang rendah bisa juga menyebabkan noise hasil kamera DSLR.

Dengan demikian, masalah noise tidak lepas dari perangkat mahal sekalipun.

Noise Pada Televisi


Contoh noise yang paling mudah dilihat adalah pada televisi yang bisa berupa titik-titik hitam putih, baik itu karena channel yang sinyalnya tidak baik atau karena listrik yang baru padam dan menyala kembali.

Pengertian Noise Reduction


Cara mengatasi noise adalah dengan menganalisis penyebab noise. Misalnya pada foto hasil kamera, noise-nya disebabkan oleh kamera yang resolusinya rendah, atau pencahayaan yang rendah atau gelap, dan lain sebagainya.

Saat ini banyak kamera digital yang dilengkapi dengan fitur Noise Reduction (NR) untuk mereduksi derau. Dengan fitur ini, kita bisa menurunkan noise pada gambar yang diambil. 

Namun tentu saja, kemampuan dasar fotografi yang paling penting adalah mengatasi dan menghilangkan noise yang diakibatkan oleh faktor luar seperti pencahayaan kemudian menggunakan fitur yang ada di kamera untuk mengurangi noise yang ada. Termasuk mengatasi noise pada audio hasil rekaman.


Demikianlah arti noise, pengertian noise pada kamera, komunikasi data, audio, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.