Skip to main content

Perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak Dan Rekayasa Web

Perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak Dan Rekayasa Web - Istilah rekayasa perangkat lunak (software engineering) dan rekayasa web (web engineering) seringkali ditafsirkan sama. Banyak juga yang bingung tentang perbedaan rekayasa perangkat lunak dan rekayasa web. 

Perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak Dan Rekayasa Web
Perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak Dan Rekayasa Web

Dalam sistem pendidikan di Indonesia, baik di SMK atau kuliah di jurusan komputer, rekayasa perangkat lunak dan rekayasa web adalah dua disiplin ilmu yang berbeda. Meskipun sama-sama engineering di bidang komputer, perbedaan antara rekayasa perangkat lunak dan rekayasa website sangatlah jelas.

Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)


Menurut IEEE Computer Society, rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Software Engineering atau rekayasa perangkat lunak (RPL) adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal analisa kebutuhan pengguna (requirement capturing), menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, coding, testing sampai pemeliharaan sistem yang digunakan.

Jadi, software engineering mencakup seluruh aspek produksi perangkat lunak, mulai dari awal analisis sampai pada berjalannya sebuah sistem perangkat lunak, termasuk pemeliharaan sistem (maintenance).

Rekayasa perangkat lunak juga bukan hanya berhubungan dengan pengembangan program desktop, tapi juga termasuk aplikasi berbasis mobile dan aplikasi sistem lainnya.

Rekayasa Web (Web Engineering)


Rekayasa web adalah sebuah aplikasi yang menggunakan pendekatan sistematis, disiplin dan terukur untuk pengembangan, operasi dan pemeliharaan aplikasi berbasis web (Web-bassed application).

Rekayasa web merupakan salah satu model rekayasa perangkat lunak yang digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis web yang menekankan pada aktifitas teknis dan manajemen.

Jadi, rekayasa web adalah bagian dari rekayasa perangkat lunak yang berfokus pada pengembangan web based applications, baik itu website maupun aplikasi berbasis web mulai dari tahap pengembangan sampai tahap pemeliharaan.

Baik rekayasa perangkat lunak maupun rekayasa web, intinya adalah sebuah proses pengembangan sistem yang kompleks mulai dari tahap analisis, pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan sistem.

Dalam tahap pengembangan ini, sangat erat hubungannya dengan manajemen proyek dan bisnis dengan mempertimbangkan anggaran biaya, personel, jadwal, metode pengembangan, dan spesifikasi produk yang akan dihasilkan.

Perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak Dan Rekayasa Web


Salah satu perbedaan yang cukup mendasar yang harus dipahami oleh programmer adalah fokus atau konsentrasi yang ingin ditekuni. 

Apakah ingin menjadi pengembang web (web development), aplikasi mobile, aplikasi desktop, atau lain sebagainya. Karena untuk membangun website, aplikasi mobile dan desktop juga menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. 

Misalnya saja bahasa HTML, CSS, JavaScript, PHP dan MySQL untuk website, bahasa Java, Kotlin untuk pemrograman mobile, bahasa Visual Basic, C++ untuk pemrograman desktop dan lain-lain.

Namun hal pertama yang harus diperhatikan juga sebelum mendalami dunia rekayasa rpl dan website adalah belajar algoritma yang adalah dasar pemrograman.


Pada akhirnya, hasil dari software engineering dan web engineering adalah menghasilkan sebuah sistem aplikasi yang berbiaya rendah dengan kinerja perangkat lunak yang maksimal, berdasarkan kebutuhan pengguna.
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.