Skip to main content

Pengertian Microphone: Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis Microphone

Pengertian Microphone: Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis Microphone - Mikrofon atau dalam bahasa Inggris microphone atau biasa disingkat mic adalah salah satu komponen elektronika yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Microphone: Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis Microphone
Pengertian Microphone: Fungsi, Cara Kerja Dan Jenis Microphone

Mulai dari telepon, alat perekam, walkie talkie, alat bantu dengar, dan masih banyak alat elektronik lainnya yang menggunakan microphone, termasuk mic sendiri yang digunakan oleh presenter atau penyanyi. 

Tapi apa itu microphone dan bagaimana cara kerjanya? Berikut ini sedikit ulasannya.

Pengertian Microphone


Microphone atau mikrofon adalah sebuah alat elektronik yang dapat mengubah getaran suara menjadi getaran listrik dengan media penghantar kabel. Namun saat ini, sudah banyak jenis mikropon yang berbasis wireless atau bluetooth.

Komponen utama dalam mikrofon adalah diafragma (diaphragm) yang terbuat dari benda tipis berupa plastik, kertas atau aluminium yang akan bergetar ketika menerima gelombang suara.

Cara kerja microphone adalah mengkonversikan energi akustik ke energi listrik kemudian menjadi sinyal audio.

Sir Charles Wheatston (1827) adalah orang pertama yang mengembangkan mikrofon. Penemuan mikrofon sangat penting dalam penemuan telepon karena juga merupakan bagian dari alat komunikasi yang masih eksis sampai hari ini. Mikrofon pertama kali digunakan dengan telepon sebagai pemancar suara telpon oleh Emile Berliner (1876).

Fungsi Microphone


Dikutip dari Wikipedia, mikrofon berguna untuk mengubah suara menjadi getaran listrik sinyal Analog untuk selanjutnya diperkuat dan diolah sesuai dengan kebutuhan, pengolahan berikutnya dengan Power Amplifier dari suara yang berintensitas rendah menjadi lebih keras terakhir diumpan ke speaker.

Mikrofon adalah alat untuk input audio sementara speaker adalah alat untuk output audio.

Cara Kerja Mikrofon


Mengapa suara-suara kecil tidak terdeteksi oleh mikrofon?

Microfon didesain dengan sedemikian rupa sehingga tidak mudah menangkap suara-suara yang dapat mengganggu suara utama. Karena itu, kepekaan sebuah mikrofon sangat penting untuk diperhatikan. 

Karena itu, suara kecil tidak akan mampu menempus diafragma yang dapat menimbulkan kebisingan. Sementara hanya suara yang menembus diafragma yang akan membuat diafragma bergetar sesuai dengan gelombang suara yang diterimanya yang pada akhirnya menghasilkan suara.

Cara kerja microphone:
  1. Mikrofon menerima gelombang suara dari bunyi seperti saat kita berbicara.
  2. Suara yang berhasil menembus diafragma akan membuat diafragma yang terdiri dari membran plastik tipis bergetar sesuai dengan gelombang suara yang diterimanya.
  3. Di bagian belakang diafragma terdapat kumparan kawat atau biasa disebut voice coil yang akan ikut bergetar mengikuti diafragma.
  4. Gerakan coil akan menciptakan medan magnet yang menghasilkan sinyal listrik.
  5. Sinyal listrik akan menghasilkan suara yang diperkuat oleh alat penguat suara berupa amplifier.

Jenis-jenis Microphone


Berikut ini beberapa jenis microphone:
  1. Microphone Dinamis, yaitu mikropon yang menggunakan prinsip kerja induksi.
  2. Mikcrophone Carbon, adalah mikrofon yang terbuat dari diagram logam yang terletak pada satu ujung kotak logam yang berbentuk silinder.
  3. Dynamic Microphone, adalah mikrofon yang bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik.
  4. Condenser Microphone atau Capacitor Microphone, adalah mikrofon yang diafragmanya terbuat dari logam yang digantungkan pada pelat logam statis dengan jarak yang sangat dekat sehingga keduanya terisolasi.
  5. Mikrofon Pita adalah mikrofon yang menggunakan pita dari kertas perak metal tipis yang sangat sensitif dan digantungkan pada medan magnet. Gerakan pita akan mengakibatkan medan magnet menghasilkan sinyal listrik.
Pemilihan jenis mikrofon harus dilakukan dengan baik agar penggunaannya lebih optimal. Dan setiap jenis microfon memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tergantung kebutuhannya. Misalnya mic untuk suara, alat musik, kendaraan, live music atau studio perekaman.

Selain itu, karakteristik mikrofon yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan adalah bentuknya, khususnya untuk mic yang rekaman atau live performance.


Demikianlah pengertian microphone, fungsi mikrofon, cara kerja dan jenis microphone. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.