Skip to main content

Pengertian Gadget (Gawai) Adalah : Manfaat, Contoh Dampak Positif & Negatif

Pengertian Gadget (Gawai) Adalah : Manfaat, Contoh Dampak Positif & Negatif - Gadget atau dalam bahasa Indonesia disebut gawai tentu bukanlah perangkat yang asing di tangan kita di era ini. Jangankan sehari, setiap menit saja kita sudah tidak bisa lepas dari gadget. Bahkan saat ini ketika kamu mengakses halaman ini, tentu kamu juga menggunakan yang dinamakan gadget.

Pengertian Gadget (Gawai) Adalah : Manfaat, Contoh Dampak Positif & Negatif
Pengertian Gadget (Gawai) Adalah : Manfaat, Contoh Dampak Positif & Negatif

Gadget mempermudah kita untuk mengakses informasi. Dari segudang manfaat gadget dan dampak positifnya, pengguna gadget juga harus waspada dengan dampak negatif penggunaan gadget yang berlebihan.

Pengertian Gadget (Gawai)


Apa itu gadget?

Gadget berasal dari bahasa Inggris yang berarti alat atau perkakas. Handy gadget adalah alat yang praktis.

Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut gawai. Meskipun demikian, istilah gadget lebih populer jika dibandingkan dengan gawai.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian gawai adalah alat atau perkakas.

Menurut Wikipedia, gadget atau gawai adalah suatu piranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan yang berukuran lebih kecil.

Dari pengertian gadget tersebut, kita bisa mengambil beberapa kata penting tentang arti gadget, yaitu alat elektronik dan lebih praktis.

Karena itulah, gadget dibuat dengan tujuan khusus dan spesifik dengan ketentuan praktis dalam penggunaan dan berukuran lebih kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Karena sifat portable inilah, gadget dilengkapi dengan baterai sebagai penampung daya sehingga untuk menggunakannya tidak harus terhubung ke stop kontak listrik.

Fungsi Dan Manfaat Gadget


Gadget memiliki banyak fungsi tergantung jenisnya. Secara umum, berikut ini manfaat dan fungsi gadget dalam kehidupan sehari-hari:

1. Media komunikasi

Gadget berfungsi sebagai media komunikasi jarak jauh. Jika dulu pesan yang disampaikan terbatas hanya berupa suara, saat ini kecanggihan gadget memungkinkan kita untuk berkomunikasi langsung melalui suara dan gambar.

2. Media hiburan

Gadget saat ini bukan hanya berfungsi sebagai media komunikasi tapi juga media hiburan. Dengan menggunakan gadget, kita bisa mendapatkan berbagai hiburan, contohnya bermain game, nonton video, dan lain sebagainya.

3. Akses informasi untuk menambah wawasan pengetahuan

Dengan gadget dan internet, pengetahuan dan informasi berada di tangan kita. Bahkan istilah di luar sana mengatakan dengan gadget, dunia kita genggam. Tidak salah, karena saat ini akses informasi dari berbagai belahan dunia bisa dilakukan hanya dengan jari-jemari.

4. Meningkatkan produktivitas

Zaman berubah dan dunia terus berubah menuntut setiap manusia untuk terus bergerak. Dengan gadget, pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepat sehingga produktivitas kerja semakin meningkat.

Hal ini jugalah yang membuat kita banyak yang ketergantungan kepada gadget karena dapat mempermudah penggunanya dalam memenuhi kebutuhan serta melaksanakan kegiatan, termasuk pekerjaan.

5. Gaya hidup

Gadget juga adalah bagian dari gaya hidup atau lifestyel. Saat ini, kecanggihan teknologi termasuk gadget membuat setiap orang ingin mendapatkan gadget terbaru untuk menunjang gaya hidup.

Contoh Gadget


Berikut ini beberapa contoh gadget dalam kehidupan sehari-hari manusia:

1. Smartphone

Handphone atau biasa disingkat hp saat ini lebih banyak jenisnya dalam bentuk smartphone atau ponsel pintar adalah jenis gadget yang paling sering kita gunakan. 

Selain untuk komunikasi, smartphone juga berfungsi sebagai media hiburan, menambah wawasan pengetahuan, mempermudah pekerjaan, dan juga menjadi gaya hidup.

Perbedaan gadget dan smartphone adalah smartphone merupakan salah satu jenis gadget.

2. Laptop 

Laptop bisa dikatakan juga termasuk gadget karena mudah dibawa kemana-mana dan merupakan teknologi kebaruan dari komputer yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk pelajar, mahasiswa, karyawan, dan juga pengusaha. 

3. Tablet

Komputer tablet adalah komputer portable yang menggunakan touchcreen pada LCD yang dapat disentuh dengan jari untuk mengoperasikannya. Dibandingkan dengan laptop, tablet lebih praktis. Namun untuk keperluan pekerjaan, laptop jauh lebih kompleks. Sementara tablet hampir sama seperti smartphone pada umumnya, hanya saja layarnya lebih luas.

Selain smartphone, tablet dan laptop, kamera digital, konsol game dan Tv 3D juga termasuk gadget. 

Dampak Positif dan Negatif Gadget


Dalam bermain gadget, kita juga harus mengetahui dampak positif dan negatif dari gadget.

Dampak Positif Gadget

  1. Meningkatkan produktivitas kerja.
  2. Mempermudah komunikasi dan akses informasi.
  3. Menambah wawasan pengetahuan.
  4. Sebagai media hiburan.
  5. Gadget sebagai alat penghasil uang.
Ya, ada 1001 manfaat dan dampak positif gadget. Salah satunya sebagai alat penghasil uang. Dengan gadget, banyak bisnis sampingan yang bisa dilakukan. Contohnya jualan lewat online, mengisi survei, menulis dan lain sebagainya.

Dampak Negatif Gadget


Namun kita juga tidak bisa menutup mata terhadap dampak negatif gadget seperti:
  1. Penggunaan gadget berlebihan seperti pada anak dapat menyebabkan kecanduan gadget.
  2. Gadget bisa menimbulkan rasa malas, bukan hanya pada anak tapi juga dewasa.
  3. Penggunaan gadget yang berlebih tidak baik karena gadget memancarkan radiasi.
  4. Saat bermain gadget, pengguna bisa kehilangan fokus karena terlalu sibuk dengan gawai yang dimainkannya.
Pada intinya, dampak negatif gadget bisa berakibat pada kondisi ekonomi dan juga kesehatan.

Demikianlah pengertian gadget adalah: fungsi, manfaat, dampak positif dan dampak negatif gadget atau gawai. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.