--> Skip to main content

Pengertian Cache Dan Fungsi Cache

Anaktoraja.com - Pengertian Cache Dan Fungsi Cache - Salah satu istilah yang sering kita dengar terkait dengan media penyimpanan sementara adalah cache atau beberapa orang menyebutnya file sampah. Tapi apakah fungsi cache itu?

Pengertian Cache Dan Fungsi Cache
Pengertian Cache Dan Fungsi Cache

Hari ini kita akan membahas tentang definisi cache dan fungsinya terkait hubungannya dengan komputer, aplikasi smartphone dan website.   

Pengertian Cache


Apa itu cache dan fungsinya?

Cache berasal dari bahasa Inggris yang artinya tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan.

Dalam dunia komputer, cache adalah tempat penyimpanan sementara perangkat, yang menyimpan tipe data tertentu.

Tembolok atau memori singgahan dalam teknologi informasi adalah mekanisme penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sering diakses. - Wikipedia

Istilah cache merujuk pada memori yang memiliki kecepatan tinggi dengan ukuran file yang kecil. Cache memori sendiri terletak di antara register dan RAM.

Tujuan dari cache adalah untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses secara lokal.

Web browser, situs, atau aplikasi juga memiliki cache. Dengan cache, kita tidak perlu mengunduh data dari server utama setiap kali mengakses aplikasi tersebut. Dengan demikian, kecepatan akses lebih cepat yang juga lebih meringankan kerja dari sebuah processor pada komputer. 

Sama halnya pada sebuah website, dengan cache kita bisa mendapatkan akses lebih cepat karena pengambilan data tidak perlu lagi dari web server seperti ketika pertama kali mengakses sebuah situs.

Setiap aplikasi memiliki cache yang tentunya membutuhkan ruang penyimpanan.

Pada smartphone, cache setiap aplikasi yang diakses tersimpan di memori telepon. Dan setiap aplikasi memiliki file cache sendiri.

Apa yang terjadi jika cache dihapus?


Pada web browser, ketika kita menghapus cache maka history atau (riwayat pencarian) juga akan hilang. Hal ini tentu akan membuat loading browser lebih lambat ketika ingin mengakses sebuah situs baru karena harus melakukan request ke server web.

Namun dengan menghapus cache dan file-file sampah web browser, performa web browser juga jadi lebih cepat.

Amankah menghapus data cache?


Menghapus data cache tidak akan menghapus data di memori penyimpanan. Cache hanya berisi informasi-informasi tertentu terkait hal-hal yang kita akses, baik itu website atau pun aplikasi. Jadi, menghapus sebuah cache bisa dikatakan tidak masalah.

Selain berfungsi positif untuk mempercepat kinerja komputer atau akses website, cache juga bisa menimbulkan resiko yang besar.
  1. Informasi dari cache yang penting rentan terhadap pencurian data oleh hacker.
  2. History dan saved password di web browser juga bisa disalah gunakan oleh pengguna lain yang menggunakan web browser yang kita gunakan.
  3. Cache web browser bisa menjadi sarang virus untuk menyerang komputer.
  4. Cache juga memakan ruang penyimpanan yang membuat web browser bekerja lebih lambat. Contoh paling sering ditemui adalah web browser seperti Google Chrome not responding dan ngelag.
Untuk itu, selalu bersihkan cache di web browser jika informasi yang diakses cukup rahasia. Terlebih jika web browser biasa digunakan oleh banyak teman.

Cara menghapus cache web browser


Seperti dikatakan di atas, cache bisa membuat akses data lebih cepat. Namun kumpulan cache yang tersimpan di memori internal perangkat membuat kinerja perangkat juga lebih berat.

Bagaimana cara menghapus cache?
  1. Pada web browser Google Chrome, untuk menghapus Cache, kita bisa masuk ke Settings
  2. Pada Privacy and security, klik Clear Browsing Data.
  3. Silahkan pilih apa saja yang mau dihapus dan periode waktunya.
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Cara hapus cache web browser
Cara hapus cache web browser

Untuk menghapus file cache dan file-file sampah lainnya di web browser dan laptop, bisa menggunakan aplikasi CCleaner.


Demikianlah sedikit informasi tentang pengertian cache dan fungsi cache. Semoga bermanfaat
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.