Skip to main content

12+ Negara Dengan Penduduk Paling Sedikit Di Dunia

Negara Dengan Penduduk Paling Sedikit Di Dunia - Jika China menjadi negara dengan penduduk terbanyak di dunia, maka negara manakah yang memiliki penduduk paling sedikit? Jawabannya adalah Vatikan. Selain memiliki gelar sebagai negara paling terkecil di dunia, Vatikan juga menjadi negara dengan penduduk paling sedikit di dunia.

12+ Negara Dengan Penduduk Paling Sedikit Di Dunia
12+ Negara Dengan Penduduk Paling Sedikit Di Dunia

Di Asia Tenggara sendiri, ternyata bukan Singapura yang menjadi negara dengan penduduk paling sedikit. Brunei Darussalam menjadi negara dengan penduduk paling sedikit di Asia Tenggara. Tapi baik Singapura maupun Brunei Darussalam, tidak ada yang masuk dalam daftar 10 negara dengan penduduk paling sedikit di dunia.

Negara Dengan Penduduk Paling Sedikit Di Dunia


Berikut ini daftar negara dengan penduduk paling sedikit di dunia:

1. Vatikan


Selain sebagai negara terkecil di dunia, Vatikan juga menjadi negara dengan penduduk paling sedikit di dunia. Negara yang menjadi pusat gereja Katolik ini memiliki luas sekitar 0,44 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 1000 jiwa.

2. Niue


Niue termasuk negara dengan penduduk paling sedikit di dunia. Pulau kecil di kawasan Oceania ini memiliki luas wilayah sekitar 261,46 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 1.618 jiwa. Tinggal di negara yang belum resmi diakui oleh dunia bisa akses internet dimana saja secara gratis.

3. Kepulauan Falkland


Kepulauan Falkland terletak di antara Atlantik Selatan dan Amerika Selatan adalah salah satu negara bagian wilayah Inggris yang juga masuk dalam daftar negara dengan penduduk paling sedikit di dunia. Total luas wilayah negara ini adalah 12.170 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 3,4 ribu jiwa penduduk.

4. Nauru


Nauru adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Oceania dengan luas wilayah sekitar 21 km2. Salah satu negara terkecil di dunia ini juga termasuk negara dengan penduduk paling sedikit di dunia dengan jumlah penduduk sekitar 11 ribu jiwa.

5. Tuvalu


Masih dari wilayah Oceania, Tuvalu juga termasuk negara terkecil di dunia sekaligus negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia. Jumlah penduduk negara yang memiliki luas hanya 26 km2 ini sekitar 11,3 ribu jiwa.

6. Palau


Palau terletak di kawasan Oceania juga termasuk negara terkecil di dunia dengan luas wilayah sekitar 459 km2. Tidak hanya itu, Palau juga termasuk negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia dengan populasi sekitar 21.685 jiwa.

7. San Marino


San Marino, salah satu negara terpadat di dunia karena luas wilayahnya yang hanya sebesar 61 km2. Namun berkaitan dengan jumlah penduduk, San Marino juga termasuk dalam daftar negara dengan penduduk paling sedikit di dunia.

Jumlah penduduk negara yang terletak di benua Eropa ini sekitar 34.232 jiwa.

8. Monako


Monako, terletak di benua Eropa termasuk negara terkecil di dunia. Negara yang luasnya hanya 2 km2 ini memiliki jumlah penduduk sekitar 39.000 jiwa.

9. Liechtenstein


Liechtenstein adalah sebuah negara di benua Eropa yang juga masuk dalam daftar negara dengan penduduk paling sedikit di dunia. Jumlah penduduk negara yang memiliki luas hanya 160 km2 ini hanya sekitar 39.137 jiwa.

10. Saint Kitts and Nevis


Saint Kitts and Nevis adalah dua pulau yang berada di laut Karibia, benua Amerika. Negara dengan luas wilayah sekitar 261 km2 ini memiliki jumlah penduduk sekitar 53.821 jiwa, salah satu negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia.

11. Dominika


Dominika beribukota di Roseau, termasuk salah satu negara dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia. Negara yang terletak di benua Amerika ini memiliki luas 751 km2 dengan jumlah populasi sekitar 74.243 jiwa penduduk.

12. Andorra


Andorra, terletak di benua Eropa memiliki luas wilayah sekitar 468 km2. Negara yang beribukota di Andorra la Vella ini termasuk negara dengan penduduk paling sedikit di dunia dengan populasi sekitar 77.000 jiwa.

Selain 12 negara di atas, beberapa negara lainnya yang juga termasuk dalam daftar negara dengan penduduk paling sedikit di dunia adalah Principality of Seborga, Tokelau, Negara Sungai Hutt, dan lain-lain.

Principality of Seborga berpenduduk sekitar 300 jiwa dengan luas wilayah 14 km2. Negara yang terletak di wilayah barat laut Italia meskipun belum resmi sebagai negara namun penduduknya sangat loyal untuk menjadi sebuah negara yang merdeka.

Tokelau, Selandia Baru juga termasuk wilayah yang berpenduduk paling sedikit di dunia sekitar 1.285 jiwa.

Negara Sungai Hutt memiliki luas 75 km2, juga sering dikategorikan sebagai negara dengan penduduk paling sedikit di dunia dengan populasi hanya 30 jiwa.

Negara Dengan Penduduk Paling Sedikit Di Asia Tenggara


Negara mana saja yang paling sedikit penduduknya di Asia Tenggara?

Jawabannya adalah Brunei Darussalam dengan jumlah penduduk sekitar 437 ribu jiwa. Diikuti oleh Timor Leste dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta jiwa. Sementara negara terkecil di Asia Tenggara, yakni Singapura berada di tempat ketiga sebagai negara dengan penduduk paling sedikit di Asia Tenggara dengan populasi sekitar 5,8 juta jiwa.

Beberapa negara dalam daftar di atas ada yang berstatus sebagai negara tidak resmi atau belum diakui oleh dunia internasional atau PBB.

Lihat juga Negara Dengan Penduduk Terbanyak Di Dunia

Demikianlah beberapa negara dengan penduduk paling sedikit di dunia. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.