Skip to main content

Cara Memasang Bluetooth Di Laptop Yang Tidak Ada Bluetoothnya

Cara Memasang Bluetooth Di Laptop Yang Tidak Ada Bluetoothnya - Seringkali kita membeli laptop tanpa mempertimbangkan adanya fitur bluetooth atau tidak. Hal ini karena kita sering beranggapan dan adalah sebuah realita bahwa penggunaan bluetooth untuk pengiriman file sudah sangat jarang dilakukan dengan kemunculan Shareit dan juga langsung melalui koneksi kabel data.

Cara Memasang Bluetooth Di Laptop Yang Tidak Ada Bluetoothnya
Cara Memasang Bluetooth Di Laptop Yang Tidak Ada Bluetoothnya

Tapi hal ini juga bisa menjadi sebuah kekurangan, terlebih saat ini banyak teknologi baru yang menggunakan bluetooth sebagai media penghubungnya. Sebut saja speaker bluetooth, headset bluetooth, keyboard, mouse dan banyak perangkat lainnya yang menggunakan bluetooth.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena kita bisa memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetootnya. 

Cara Memasang Bluetooth Di Laptop Yang Tidak Ada Bluetoothnya


Berikut ini ada 2 cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya.

1. Memasang Bluetooth Di Motherboard

Salah satu cara memasang bluetooth di laptop yang tidak memiliki laptop adalah memasang langsung perangkat bluetooth di motherboard laptop atau PC.

Keunggulan memasang bluetooth di motherboard langsung adalah perangkat secara otomatis memiliki fitur bluetooth yang terpasang secara internal dan dibawa ke mana saja. 

Kamu bisa memasangnya sendiri dengan mencari bluetooth yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Namun tentu hal ini beresiko dan membutuhkan kemampuan dalam mengotak-atik hardware laptop atau PC.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan jasa teknisi komputer untuk melakukannya. Namun tetap pastikan bluetooth yang terpasang di motherboard telah berfungsi dengan baik sebelum menutup kembali casing laptop atau komputer.

Pada dasarnya, kita tetap membutuhkan software sebagai perangkat pendukung dan menginstall driver bluetooth agar bluetooth dapat berfungsi.

2. Membeli Adaptor Bluetooth USB (Dongle Bluetooth)

Jika cara 1 di atas cukup beresiko dan bisa jadi lebih mahal, maka gunakan cara 2 ini, yaitu membeli adaptor bluetooth atau yang biasa disebut dongle bluetooth.

Belilah dongle bluetooth yang benar-benar siap digunakan agar tidak rumit, yaitu dongle bluetooth yang menginstall drivernya secara langsung ketika ditancapkan di port USB.

Atau paling tidak belilah adaptor bluetooth atau dongle bluetooth yang memiliki CD untuk install driver. Hal ini untuk mengatisipasi kesulitan untuk mencari driver bluetooth yang sesuai. Selain itu, download driver bluetooth terkadang sulit karena kebanyakan link download dipenuhi oleh iklan yang mengganggu.

Dari dua cara memasang bluetooth di laptop yang tidak memiliki bluetooth, menggunakan dongle bluetooth lebih direkomendasikan.

Namun baik memasang bluetooth internal langsung di laptop atau menggunakan dongle bluetooth, kita harus tetap install driver dan perangkat pendukung agar bluetooth bisa berfungsi dengan baik.


Demikianlah cara memasang bluetooth di laptop yang tidak memiliki bluetooth. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.