Skip to main content

Cara Cek Apakah Laptop Ada Bluetooth Atau Tidak

Cara Cek Apakah Laptop Ada Bluetooth Atau Tidak - Pertanyaan yang sering diajukan saat kita ingin mengirim file dari hp ke laptop via bluetooth adalah apakah laptop ini dilengkapi dengan bluetooth?

Cara Cek Apakah Laptop Ada Bluetooth Atau Tidak
Cara Cek Apakah Laptop Ada Bluetooth Atau Tidak

Ada beberapa cara mengetahui laptop ada bluetooth atau tidak. Bisa melalui tombol pintasan pada keyboard atau juga bisa melalui Device Manager untuk laptop Windows.

Jika terdapat bluetooth, maka dipastikan laptop kamu memiliki fitur bluetooth. Tapi jika tidak terdapat bluetooth, maka laptop belum memiliki bluetooth.

Terus, apakah kita bisa memasang bluetooth pada laptop yang tidak memiliki laptop?

Kabar baiknya, kita bisa memasang fitur bluetooth untuk PC atau laptop yang tidak memiliki bluetooth. Tapi sebelumnya, mari kita cek dan coba menemukan bluetooth di laptop Windows 7, 8, dan 10.

Cara Mengecek Apakah Laptop Punya Bluetooth Atau Tidak


Cara 1

Cara mudah mengetahui laptop ada bluetooth atau tidak adalah dengan mengecek tombol keyboard apakah ada tombol pintasan untuk mengaktifkan bluetooth.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengecek tipe laptop kamu dan spesifikasinya melalui DirectX Diagnostic Tool kemudian mengecek spesifikasinya di internet.

Cara 2

Cara mengecek laptop punya bluetooth atau tidak di laptop Windows 7, 8, dan 10 adalah melalui Device Manager.
  1. Buka Device Manager dengan menekan tombol Windows + X.
  2. Pilih Device manager untuk melihat daftar hardware (perangkat keras) yang terinstall di laptop.
  3. Cek apakah ada bluetooth atau tidak. Jika tidak ada, cek juga di Network Adapters dan cari bluetooth. Jika ada maka klik kanan untuk enable dan bisa dipastikan laptop memiliki fitur bluetooth. 
Sekarang kamu tinggal masuk ke Settings bluetooth dan klik More bluetooth options dan centang Show the bluetooth icon in the notification area untuk menampilkan bluetooth di taskbar.

Jika laptop tidak dilengkapi bluetooth kamu bisa memasang bluetooth di laptop sendiri. Bisa dengan memasang bluetooth di motherboard atau menggunakan dongle bluetooth.


Demikianlah cara cek apakah laptop ada bluetooth atau tidak di Windows 7, 8 dan 10. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.